alexa-tracking

Terima Mafindo, KSP Ajak Masyarakat Bersama-sama Perangi Hoaks

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ace6adc1cbfaab37d8b456c/terima-mafindo-ksp-ajak-masyarakat-bersama-sama-perangi-hoaks
Terima Mafindo, KSP Ajak Masyarakat Bersama-sama Perangi Hoaks
Terima Mafindo, KSP Ajak Masyarakat Bersama-sama Perangi Hoaks

JPP, JAKARTA - Perwakilan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) dari berbagai kota diterima Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden (KSP) di ruang rapat utama Bina Graha, Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Mafindo merupakan organisasi yang berawal dari sebuah komunitas anti hoaks di facebook, dengan pengikut mencapai 50 ribu warganet. Komunitas ini berhasil menarik perhatian masyarakat mengenai kebenaran dari sebuah berita, membicarakan rumor berita palsu dan mengklarifikasinya.

Mafindo resmi berdiri pada 19 November 2016 dengan tujuan membasmi hoaks yang kian merajela serta memberikan pendidikan literasi pada seluruh lapisan masyarakat.

“Menyebarnya wabah hoaks pada masa Pemilihan Presiden 2014 membuat kami sadar betapa berbahayanya berita palsu di negeri ini,” ujar pendiri Mafindo Harry Sufehmi.

Mafindo yang terdiri dari para ‘hoax busters’, menurut Harry, ingin menjadi payung bagi para aktivis pembasmi berita palsu untuk memberikan info kebenaran berita-berita yang beredar luas di publik.

“Kami melakukan pengecekan dengan beberapa metode, yaitu crosschecking dan verifikasi. Semua ini dilakukan secara terbuka dan transparan, sehingga masyarakat dapat melihat bahwa kami adalah sebuah platform yang netral,” jelas Harry.

Mafinfo telah menggelar berbagai literasi dan talkshow bedah hoaks di beberapa sekolah. “Kami berharap dapat terus masuk ke berbagai kalangan masyarakat melalui edukasi mengenai hoaks,” ujar relawan Mafindo Budi Susanti.

Memiliki fungsi utama dalam memastikan terjalinnya komunikasi yang lancar di antara berbagai pemangku kepentingan terkait dan masyarakat, Kedeputian IV KSP mengapresiasi langkah dan inisiatf Mafindo.

“Kami sepakat bahwa pemberantasan hoaks adalah isu penting, untuk itu diperlukan koordinasi yang baik dan usaha lebih keras dari semua pihak,” ujar Tenaga Ahli Utama KSP Wandy Tuturoong.

Menurut Wandy, kita tidak akan bisa menjadi bangsa yang maju jika energi kita habis hanya untuk mengklarifikasi hal-hal yang sesungguhnya tidak perlu. “Banyak hal produktif lain yang harus dikerjakan dalam membangun negeri, dan tak hanya mengurus hoaks yang terus mengalir tiada henti,” ujarnya. (ksp/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/sudut-ist...-perangi-hoaks

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- Terima Mafindo, KSP Ajak Masyarakat Bersama-sama Perangi Hoaks Indonesia Ajak Malaysia Negosiasi Soal Ekspor CPO ke Eropa

- Terima Mafindo, KSP Ajak Masyarakat Bersama-sama Perangi Hoaks Pemerintah Matangkan Rencana Pembentukan Sekretariat Gugus Tugas PAUD HI

- Terima Mafindo, KSP Ajak Masyarakat Bersama-sama Perangi Hoaks AS Kembali Terima Impor Produk Ekspor Rumput Laut Indonesia