alexa-tracking

Ade Armando: Azan Hanya Kesepakatan Manusia Beritahu Waktu Salat

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ace54f7507410fd4f8b4567/ade-armando-azan-hanya-kesepakatan-manusia-beritahu-waktu-salat
Ade Armando: Azan Hanya Kesepakatan Manusia Beritahu Waktu Salat
TEMPO.CO, Jakarta -Dosen Universitas Indonesia Ade Armando tak ambil pusing soal pelaporan dirinya ke polisi, terkait unggahannya di Facebook yang menyebut azan tidak suci. "Biasa-biasa saja sih, ini juga bukan pertama kali orang berusaha menuntut saya," ujar Ade Armando melalui sambungan telepon kepada Tempo, Rabu, 11 April 2018.

Hari ini, Ade Armando dilaporkan oleh pengacara Denny Andrian Kusdayat ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Unggahan Ade yang dipersoalkan itu berbunyi "Azan tidak suci, azan itu cuma panggilan salat. Sering tidak merdu. Jadi, biasa-biasa sajalah".

Kepada Tempo, Ade menegaskan tak ada yang salah dari unggahannya itu. Menurut dia, azan memang bukan hal suci karena merupakan kesepakatan manusia tentang bagaimana cara memberitahu waktu salat. "Bagi saya yang suci itu Allah, ayat-ayat Allah yang namanya Al-Qur'an itu suci," katanya.

Baca : Dosen UI Ade Armando Dilaporkan ke Polisi Terkait Soal Azan


Ade Armando lalu bercerita, bahwa asal mula azan berasal dari sahabat Nabi Muhammad SAW yang mendapatkan mimpi. Lalu, Nabi Muhammad SAW menyetujui bahwa azan dijadikan cara memanggil orang-orang dan menandakan waktu salat. "Jadi di mana letak sucinya," ucap Ade dengan nada bertanya.

Meski begitu, Ade Armando mengakui memang di dalam azan terdapat syahadat. Namun, kata dia, adanya syahadat di dalam azan tak menjadikannya serta merta suci. "Misalnya saya berpidato, dalam pidato saya banyak mengutip ayat Al-Qur'an yang suci, apakah artinya pidato saya menjadi suci sifatnya? Kan tidak," tutur Ade Armando lagi.

Ini bukan kali pertama Ade Armando berurusan dengan polisi terkait pernyataannya di media sosial. Sebelumnya Ade Armando pernah beberapa kali dilaporkan terkait unggahannya di Facebook. Pada Desember 2017, dia dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh salah seorang murid pengajian Rizieq Shihab, Ratih Puspa Nusanti.

Ratih melaporkan Ade Armando atas unggahan foto berisi para ulama mengenakan atribut Natal. Laporan itu tertuang dalam surat bernomor LP/1442/XII/2017/Bareskrim dengan dugaan tindak pidana ujaran kebencian terkait SARA.

Keesokannya, Front Pembela Islam ikut melaporkan Ade Armando ke Polda Metro Jaya. Pernyataan Ade Armando dianggap dapat memicu konflik antarumat beragama. Laporan FPI tersebut diterima tertanggal 29 Desember 2017. Ketika itu, Ade Armando disangkakan melanggar Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45a ayat 2 UU ITE.


https://metro.tempo.co/read/1078626/ade-armando-azan-hanya-kesepakatan-manusia-beritahu-waktu-salat
image-url-apps
Hasil mimpi toh. Bisa dipercaya ga tuh kira? Gua aja abis baru bangun lansung lupa mimpi apa
image-url-apps
Quote:


Lah yang datang sama dia aja katanya malaikat .. masih kalah sama Musa yang langsung terima wahyu dari tuhannya 😄
KASKUS Ads
image-url-apps
Pendukung mencerminkan yg di dukung

Yg di dukung ude terkaing2 di mako brimob

Pendukung yg ini tinggal tunggu waktu aje ..


Nda lama lagi kok .. emoticon-Takut

Kate org2 tua ..org sabar itu pantat nye lebar

Ade Armando: Azan Hanya Kesepakatan Manusia Beritahu Waktu Salat
image-url-apps
Quote:


Ade Armando: Azan Hanya Kesepakatan Manusia Beritahu Waktu Salat
image-url-apps
Quote:


Tenang aja bray
Jika terbukti apa yang dikatakan Rocky gerung bahwa kitab suci adalah fiksi maka si ahok pasti bebas demi hukum karena dia dipenjara karena menista kitab fiksi
image-url-apps
ade bilang yg suci alquran????


lah nasbung aja bilang kitab suci cuma fiksiiii emoticon-Ngakak

apalagi cm adzan emoticon-Ngakak
kalau yang bilang fiksi gimana ?? emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


Ohhhh begitu ye Om ..

Situ sehat ?? OD mecin ??


Ade Armando: Azan Hanya Kesepakatan Manusia Beritahu Waktu Salat


image-url-apps
Quote:


Quote:


Ade Armando: Azan Hanya Kesepakatan Manusia Beritahu Waktu Salat


Ade Armando: Azan Hanya Kesepakatan Manusia Beritahu Waktu Salat
image-url-apps
Ade Armando VS Rocky Gerung.

UI War!
image-url-apps
Njiir...., kitab fiksi aja dibela sampe berak darah emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:



Kitab Suci itu cuma fiksi
Tapi adzan itu panggilan kepada orang2 supaya mau berdoa sesuai kitab fiksi .. tentu saja adzan lebih suci emoticon-Mad

image-url-apps
Quote:


Jika Kitab suci = fiksi, maka :

Jadi si ahok yang percaya kitab fiksi dituduh menistakan kitab fiksi yang lain 😄

Dan Prabowo mengutip ayat kitab suci karangan kafir yang mengatakan Indonesia gak akan exist lagi tahun 2030😄
Kenapa meributkan sesuatu yg gaib ??? emoticon-Ngakak

Kita hidup di dunia materialistis, lebih butuh materi, gak makan sebulan ya sekarat mendekati mati, tapi gak berdoa sebulan masih sehat-sehat aja kan ?

Makanya kepercayaan akan sesuatu yg gaib itu jangan diumbar2 apalagi dicampuraduk dengan politik yg mengarah kepada pemerintahan, pemerintah itu yg menguasai materi di negara masing2 , akhirnya liat, akibatnya agama jadi panggung lawak !

Ada puisi begini katanya menghujat, ada yg bilang begitu juga menghujat, ada yg bilang begono katanya menghujat tapi terus minta maaf karena yg ngarang sesepuh. emoticon-Big Grin what the fuck emoticon-Nohope trus siapa yg berhak menentukan penistaan agama, apakah hakim ? apakah ormas ? apakah massa ? atau siapakah yg paling berhak ? ataukah liat2 kepentingannya dulu ? emoticon-Ngakak dafuq lah
image-url-apps
Quote:


kitab luh fiksi nyet,bego luh masih belain junjungan luh setelah dibilang kitab luh fiksi emoticon-Wkwkwk
Quote:


Ade Armando: Azan Hanya Kesepakatan Manusia Beritahu Waktu Salat






Ade Armando: Azan Hanya Kesepakatan Manusia Beritahu Waktu Salat
Quote:


Ade Armando: Azan Hanya Kesepakatan Manusia Beritahu Waktu Salat

Ade Armando: Azan Hanya Kesepakatan Manusia Beritahu Waktu Salat

Ade Armando: Azan Hanya Kesepakatan Manusia Beritahu Waktu Salat

Ade Armando: Azan Hanya Kesepakatan Manusia Beritahu Waktu Salat






Ade Armando: Azan Hanya Kesepakatan Manusia Beritahu Waktu Salat
image-url-apps
Ade armando ini sdah berkali2 tpi kebal hukum trus, blum kna btunya aja nih orang2 .

Pingin tahu gue matinya kena azab orang2 liberal nih. . Persis yg dlu seniornya yg anaknya nikah ma yahudi mewek2. .
image-url-apps
Quote:


Itu yang bilang kitab suci fiksi berarti sesuai dong ama junjungannya yg percaya ama novel fiksi? emoticon-Ngakak
×