alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Bersama Wartawan Online, KSP Ajak Perang Melawan Berita Palsu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ace51091854f7b5168b456b/bersama-wartawan-online-ksp-ajak-perang-melawan-berita-palsu

Bersama Wartawan Online, KSP Ajak Perang Melawan Berita Palsu

Bersama Wartawan Online, KSP Ajak Perang Melawan Berita Palsu

JPP, JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyambut baik berbagai upaya untuk menggemakan berita baik tentang Indonesia, sekaligus wujud ‘perang’ terhadap maraknya berita palsu.

Demikian disampaikan Moeldoko saat menerima Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia di Kantor Staf Presiden (KSP), Gedung Bina Graha, Jakarta, Selasa (10/4/2018).

AJO Indonesia merupakan wadah bergabungnya jajaran industri teknologi media online maupun kantor berita berbasis media online di Indonesia.

Moeldoko memaparkan bahwa berdasarkan hasil survei saat ini generasi muda Indonesia tengah mengalami krisis karena 80 persen dari mereka pesimistis dengan masa depan.

“Kenapa bisa demikian? Karena setiap hari mereka dijejali berita-berita yang tidak baik, berita-berita yang memprovokasi dan meruncingkan sikap permusuhan satu sama lain. Ini mengerikan,” ujar Moeldoko.

Ketua Umum DPP AJO Indonesia Rival Achmad Labbaika bersama jajaran pengurus memaparkan visi-misi organisasi dan ide besar membangun sindikasi media online di Indonesia dalam satu Aplikasi Super bernama ‘BETTER Indonesia’. Audiensi juga menyampaikan rencana rapat pimpinan nasional AJO Indonesia I yang akan berlangsung pada pertengahan Juli 2018 mendatang.

Dalam paparannya, Rival menegaskan bahwa hari ini ada sekitar 43 ribu lebih media online yang ada di Indonesia. Di BETTER Indonesia, semua konten berita media AJO Indonesia akan diagregasi dan diakurasi untuk mengantisipasi berita hoaks. “Kami memiliki komitmen untuk memerangi hoaks, fake news dan yellow journalism. Terlebih pada tahun-tahun politik saat ini,” tegasnya.

Super Apps BETTER Indonesia merupakan pembeda dari organisasi atau sindikasi media yang telah ada, di mana media anggota AJO Indonesia akan dibekali tentang konsep digital marketing dan SEO Google yang akan dibangun. “Ini merubah paradigma konvensional selama ini media dalam menghasilkan pemasukan,” jelas Rival.

Kepala Staf Kepresidenan mengapresiasi inisiatif AJO ini. “Saya senang dengan BETTER Indonesia yang digagas AJO Indonesia. Kita memang harus lebih baik dan menjadi baik,” ungkapnya.

Moeldoko pun berharap, lahirnya AJO Indonesia sebagai sebuah gerakan moral, gerakan politik sekaligus gerakan ekonomi dapat menjadi solusi dan berperan bersama dalam memerangi dan menjawab berbagai persoalan yang mengancam semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Kepala Staf Kepresiden menjelaskan bahwa pemerintah saat ini tengah berupaya bekerja dengan benar tanpa ada pretensi untuk membohongi publik ataupun mengada-mengada.

“Tak ada make up dalam setiap pemberitaan pemerintah yang benar-benar bekerja ini. Saya tahu karena saya melihat dan turun langsung,” jelasnya.

Untuk itu, Moeldoko berharap ke depan AJO Indonesia dan juga media-media lain dapat bekerjasama, bahu-membahu dengan KSP dan pemerintah dalam mewujudkan pers sebagai ‘pilar demokrasi Bangsa’.

“Kalau serangan fisik, masyarakat Indonesia sudah terlatih. Sulit bagi pihak manapun mengalahkan kita, karena kita sudah teruji. Namun, untuk menghadapi perang yang merontokkan karakter, kita perlu peran organisasi dengan wawasan dan konsep modern seperti AJO Indonesia ini," tegasnya. (ksp/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/sudut-ist...n-berita-palsu

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- Bersama Wartawan Online, KSP Ajak Perang Melawan Berita Palsu Menhub Tegaskan PM 108/2017 Tetap Berlaku sebagai Payung Hukum Semua Pihak

- Bersama Wartawan Online, KSP Ajak Perang Melawan Berita Palsu Kemenkes Ajak Kabupaten/Kota Sinergi Atasi Masalah Kesehatan

- Bersama Wartawan Online, KSP Ajak Perang Melawan Berita Palsu Kepala BPS: Kenaikan Tarif Ojek Online Tak Akan Pengaruhi Inflasi

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di