alexa-tracking

Asian Agriculture Food Forum Pacu Kemajuan Politik Pangan Nasional

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ace4bdfdcd77068378b456d/asian-agriculture-food-forum-pacu-kemajuan-politik-pangan-nasional
Asian Agriculture Food Forum Pacu Kemajuan Politik Pangan Nasional
Asian Agriculture Food Forum Pacu Kemajuan Politik Pangan Nasional

JPP, JAKARTA - Asian Agriculture and Food Forum (ASAFF) 2018 yang akan digelar pertengahan tahun ini diharapkan dapat menjadi trigger atau pemicu bagi kemajuan politik pangan Indonesia.

Pernyataan itu ditegaskan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat memimpin pertemun terkait perkembangan persiapan acara Asian Agriculture & Food Forum (ASAFF) 2018 yang juga dihadiri Ketua Pelaksana ASAFF Mayor Jendral TNI (Purn) Winston Pamadean Simanjuntak, perwakilan dari Dyandra Promosindo, dan Sahabat UMKM, di Kantor Staf Presiden (KSP), Gedung Bina Graha, Jakarta, Senin (9/4/2018).

Asian Agriculture and Food Forum 2018, merupakan sebuah acara berlevel internasional yang digelar Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) ditujukan untuk mempromosikan produk-produk nusantara di kalangan Asia. Bertemakan ‘Transforming Challenge into Opportunity: Food Security and Agriculture Innovation’, ASAFF 2018 menjadi perwujudan aspek politik ketahanan pangan Indonesia. Banyaknya produk kualitas tinggi yang dimiliki oleh Indonesia namun belum memiliki imej di pasar global adalah masalah besar yang juga ingin dituntaskan melalui ajang internasional ini.

“ASAFF adalah momen yang ingin kita bangun untuk menjadi contoh kegiatan-kegiatan yang bersifat promosi pertanian,” ujar Winston Simanjuntak.

Produk-produk yang diikutsertakan berupa bahan baku, produk jadi, hingga alat mesin pertanian. Ia menegaskan, tujuan dari ASAFF untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bentuk output dan income, karena melalui acara ini produk-produk lokal akan mendapatkan exposure sehingga produk dapat diterima di kancah internasional.

HKTI mengajak serta Sahabat UMKM untuk ambil andil dalam persiapan ASAFF 2018. Selaku komunitas yang mempertemukan antara Pelaku UMKM dan Profesional Kewirausahaan, sahabat UMKM berperan besar dalam mengikutsertakan peserta UMKM dari seluruh nusantara dalam ASAFF 2018.

“Konsep acara ini bagus sekali dan sesuai dengan agenda pemerintah, yaitu ketahanan pangan. Keterlibatan Sahabat UMKM sangat menjadi benefit untuk kami, karena kami akan mengundang UMKM dari seluruh daerah sehingga mereka dapat ikut berkontribusi di acara internasional ini. UMKM harus dibangun by design bukan by accident,” ungkap Sekretaris Umum Sahabat UMKM Faisal Hasan Basri.

ASAFF 2018 mengundang 20 negara-negara Asia, yaitu Bahrain, Bangladesh Brunei Darussalam, China, India, Indonesia, Iran, Jepang, Korea Selatan, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Qatar, Singapura, Taiwan, Thailand, Timor Leste, Uni Emirat Arab, Vietnam, dan tuan rumah Indonesia. Sedangkan partisipan dari lembaga pemerintah adalah BUMN, swasta, UMKM koperasi, dan petani. Pengunjung yang ditargetkan mencapai 10 ribu orang dari masyarakat umum, kalangan pemerintah, kalangan pendidikan, dan pegiat pertanian. (ksp/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/sudut-ist...angan-nasional

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- Asian Agriculture Food Forum Pacu Kemajuan Politik Pangan Nasional Kemenperin Pacu Industri Padat Karya Berorientasi Ekspor di Jateng

- Asian Agriculture Food Forum Pacu Kemajuan Politik Pangan Nasional Kemenpora Ajak Wirausahawan Muda Manfaatkan Ajang Asian Games 2018

- Asian Agriculture Food Forum Pacu Kemajuan Politik Pangan Nasional Tahun Depan Pemerintah Menargetkan UNBK 100 Persen

×