alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Sejarah Singkat Proses Masuknya Islam ke Indonesia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ace0944dc06bd35168b4567/sejarah-singkat-proses-masuknya-islam-ke-indonesia

Sejarah Singkat Proses Masuknya Islam ke Indonesia

Sampai saat ini Indonesia adalah negara yang mempunyai penduduk beragama Islam terbesar di Dunia. Bahkan mengalahkan negara kelahiran Nabi Muhammad, negara Arab.

Perkembangan dan pertumbuhan umat Islam di Indonesia bukannya datang begitu saja tetapi lewat sejarah yang besar. Agama islam meyandang kisah masuk tersendiri ke Indonesia ketika masa dulu.
Saat ini kurang lebih 85% penduduk Indonesia menganut agama Islam. Jumlahnya tergolong dahsyat mengingat warga negaraIndonesia yang lumayanbanyak.

Sejarah masuknya Islam ke Indonesia

Islamdatangke negara Indonesia berasal kala negaraini merupakan pusat perdagangan di daerah Asia bahkan bahkan mendunia. Terutama di kawasan kesultanan Sriwijaya, Sumatra.
Disini tempat sinnggah para pedagang yang melaut dari berbagai tempat asal termasuk dari daerah timur tengah yang ketika itu penduduknya telah terlebih dulu beragama agama Islam.

Kebanyakan para pedagang tersebut memilih tinggal sementara di Indonesiauntuk menanti angin yang pas yang akan mengantarkan para pedagang itu dengan kapal mereka pulang kembali ke negaranya masing-masing.
Selama di Indonesia, pedagagang tersebut memulaihubungan yang pergaulan amat baik dengan penduduk asli yang pada saat itu kebanyakan masih memeluk agama Hindu. Para pedagang tersebut mengajarkan tentang agama Islam.
masyarakat lokalpun merasa tertarik atas agama baru ini. Sebagian besar dari mereka berpindah memeluk agama islam. Wakilantara pedagang arab dan warga asliun berperan dalam menybarluaskan pengaruh agama Islam di negara Indonesia.
Menurut bukti temuan dan sejarah, mekanisme masuknya Islam ke Republik Indonesia memiliki tiga antara lain.


Teori masuknya islam ke Indonesia

1. Teori Gujarat
Menurut teori Gujarat agama Islam datang ke ke Republik Indonesia saat abad ke tiga belas. Islam disebutkan timbul dari para pedagang daerah Gujarat wilayahIndia. Pemahaman ini kokohkan dengan adanya fakta bahwa saat itu Indonesia menjalin aliansi perdangan yang sangat bagus dengan orang gujarat.
kerajaan Sriwijaya juga saat itu menjadi pusat perdagangan Internasional lewat jalur Indonesia – Gujarat – Timur tengah – Eropa. Selain itu juga terdapatnya batu nisan raha Samudra Pasai, Malik al Saleh yang mempunya corak orang dari wilayah Gujarat.
2. Teori Mekkah
Teori Mekkah merupakan pemahaman hadrinya Islam yang baru ini muncul. Pendapat ini merupakan sanggahan dari teori Gujarat. Pada teori ini disebutkan Islam masuk ke negara Indonesia ketika itu abad ke-7 (6 abad lebih awal jika dibandingkan dengan pendapat gujarat).
Orang-orang yang membawa agama Islam ke negara Indonesia adalah orang-orang negara Arab. Hal itu dibuktikan dengan adanya perkampungan yang telah ditinggali oleh orang Islam di wilayah pesisir barat Sumatra saat pada itu waktu itu.
3. Teori Persia
Teori Persia mempunyai anggapan yang sama tentang waktu hadir nya agama Islam ke negara Indonesia, ialah abad ke-13. Namun, perbedaannya pendapat Persia beranggapan Islam datang dari Persia.
Peristiwa ini disebabkan karena adanya persamaan-persamaan budaya Islam di Republik Indonesia dengan di Persia.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:

Yakin ini?
pPedagang mengconvert sebagian besar penduduk?
Bukannya kebanyakan yang convert itu penduduk pesisir?
Biasanya nunggu penguasa berpindah keyakinan, baru mayhoritas rakyat mengikuti.
wait kesultanan sriwijaya? emoticon-Bingung
Thred sumbernya ga jelas.

Baca buku ini aja, lebih bisa dipertanggungjawabkan:

Sejarah Singkat Proses Masuknya Islam ke Indonesia
http://bacabaca.co/product/mengislamkanindonesia/

Dengan hampir seperempat miliar penduduk Muslim, Indonesia sekarang adalah negara berpenduduk Muslim terbanyak dan terluas di dunia—meskipun bukan tempat awal berkembangnya Islam dan terletak jauh di ujung dunia Islam. Bagaimana prosesnya hingga Indonesia sampai ke keadaan demikian? Dalam buku Carool Kersten menyajikan pembahasan Islamisasi Indonesia, mulai dari bukti-bukti pertama kehadiran Islam di Nusantara, pertemuan dan penyesuaian Islam dengan berbagai kebudayaan dan kepercayaan pribumi, peran berbagai tarekat dalam penyebaran Islam dan sumbangsih ulama Indonesia di pusat dunia Islam, Islam sebagai sarana menghadapi penjajahan, sampai tarik ulur mengenai peran Islam dengan berbagai variasinya dalam negara Indonesia merdeka.

CAROOL KERSTEN ialah dosen senior Studi Islam dan Dunia Islam di King’s College London dan peneliti di Centre of South East Asian Studies di School of Oriental and Asian Studies, London. Dia telah menulis dan mengedit tujuh buku mengenai sejarah dan pemikiran Islam.

Judul : Mengislamkan Indonesia: Sejarah Peradaban Islam di Nusantara

Penulis : Carool Kersten

ISBN : 978-602-6486-10-3

Dimensi : 15 × 23 cm

Halaman : 318/SC/Bookpaper

Harga : Rp. 99.000,-
Diubah oleh InRealLife
Quote:


nah ini saya pernah belajar, penyebaran islam dimulai dr penguasa yg pindah keyakinan baru yg dibawahnya mengikuti..


katanya sih biasanya karena pernikahan

cmiiw


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di