alexa-tracking

Permintaan maaf Zuckerberg dan celah keamanan Facebook

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acde94ddac13ed2478b4568/permintaan-maaf-zuckerberg-dan-celah-keamanan-facebook
Permintaan maaf Zuckerberg dan celah keamanan Facebook
Permintaan maaf Zuckerberg dan celah keamanan Facebook
CEO Facebook Mark Zuckerberg memberikan keterangan sebelum Kongres AS, di Capitol Hill, Washington DC, Amerika Serikat, 10 April 2018.
Mark Zuckerberg akhirnya berucap maaf. Pada kesaksiannya di hadapan para senat Amerika Serikat (AS), Selasa (10/4/2018) waktu setempat, pendiri sekaligus bos besar Facebook itu mengakui kelalaiannya.

Kelalaian yang dimaksud adalah skandal pencatutan lebih dari 87 juta data pengguna Facebook oleh Cambridge Analytica yang digunakan untuk membantu analisis profil calon pemilih dalam kampanye Donald J Trump.

"Saat Cambridge Analytica mengatakan pada kami mereka tidak menggunakan dan telah menghapus data (pengguna), kami anggap kasus itu selesai. Ini jelas salah. Kami seharusnya tidak begitu saja percaya," ucap Zuckerberg yang tampil berbeda dengan setelan jas biru tuanya.

Dalam rapat dengar pendapat yang berlangsung selama lima jam itu, Zuckerberg juga mengakui perusahaannya "kurang" bertanggung jawab terhadap keamanan privasi bukan hanya kepada penggunanya saja, tapi juga masyarakat.

"Kami tidak melakukan hal yang semestinya untuk menghalau penyalahgunaan Facebook. Ini berlaku juga untuk kabar bohong, intervensi pihak asing dalam pemilihan, pidato kebencian, dan juga penyebaran data pribadi," tutur Zuckerberg, merujuk laporan CNN.

"Ini adalah kesalahan besar. Dan aku minta maaf. Aku yang memulai Facebook. Aku yang mengembangkannya dan aku juga yang bertanggung jawab untuk semua yang terjadi," sambungnya.

Ini adalah kemunculan pertama Zuckerberg di publik setelah terkuaknya skandal Cambridge Analytica. Siang itu, Zuckerberg diserbu dengan 44 pertanyaan--jumlah yang tidak biasa pada Kongres AS--, dengan durasi jawab untuk masing-masing pertanyaan selama lima menit.

Banyak kritik pedas yang dialamatkan beberapa anggota senat dari Komisi Perdagangan, Sains, dan Transportasi itu kepadanya.

Namun Zuckerberg lebih banyak menjawab dengan dua pernyataan; maaf dan janji untuk segera memperbaiki semua masalah. Salah satu kritik datang dari Senator Senior Demokrat, Dick Durbin.

Durbin: "Apakah Anda akan nyaman menyebutkan di depan kita semua nama hotel tempat Anda menginap?"

Zuckerberg: "Umm..(sempat diam beberapa saat). Tidak."

Durbin: "Jika Anda mengirim pesan kepada seseorang pada pekan ini, apakah Anda bersedia membagi nama orang yang Anda kirimi pesan itu?"

Zuckerberg: "Tidak, Senator. Aku tidak mungkin melakukan hal itu di hadapan publik di sini,"

Durbin: "Aku rasa itulah apa yang terjadi saat ini: hak privasi Anda, batasan hak privasi, dan berapa besar yang bisa Anda berikan (privasi diri) di zaman modern di Amerika."

Zuckerberg tidak menjawab lagi, dia hanya menundukkan wajahnya sejenak.

Kritik lainnya datang dari Senator Republik asal Louisiana, John Kennedy.

"Perjanjian pengguna yang Anda miliki payah. Itu tidak memberikan informasi yang jelas kepada pengguna tentang hak mereka. Aku sarankan Anda segera pulang dan menulis ulang semuanya," tegas Kennedy dalam lansiran CNBC.

Kennedy pun tak segan mengancam Zuckerberg untuk segera mengatasi masalah itu, jika tidak, ia tak segan untuk menghabiskan jutaan dolar AS demi meloloskan undang-undang baru yang bisa membatasi gerak Facebook.

Ada dua masalah dengan Facebook, sambungnya. Pertama adalah privasi dan kedua adalah propaganda.

"Menurutku, Anda adalah pria yang sangat pintar dan Anda telah membangun sebuah perusahaan yang luar biasa, Anda juga telah melakukan banyak hal baik...tapi ada beberapa kesalahan di Facebook dan itu harus diperbaiki, saya pikir Anda yang bisa memperbaikinya," tutur Kennedy.

Tak banyak yang disampaikan Zuckerberg dari pernyataan Kennedy.

Namun sikap irit bicara Zuckerberg itulah yang kemudian dinilai publik tidak memberikan pencerahan tentang apa yang akan dilakukan Facebook selanjutnya.

"Dia memberi jawaban yang ambigu. Aku rasa rakyat Amerika perlu tahu bahwa kalian (Facebook) bisa menjadi tameng setelah skandal Cambridge Analytica," kritik seorang Senator Demokrat dari Massachusetts, Ed Markey, dalam NPR.

Dalam sesi itu, Zuckerberg mengaku akan segera melakukan koordinasi bersama mantan Direktur FBI, Robert Mueller, tentang adanya kemungkinan penggunaan data sebagian pengguna yang dicatut Cambridge Analytica dan dijadikan sebagai alat propaganda Rusia.

"Aku ingin berhati-hati di sini, karena penyelidikan ini sangatlah rahasia. Kita sedang berada di forum terbuka dan aku tidak ingin membuka semua hal yang bersifat rahasia..." tukasnya.

Kesaksian Zuckerberg masih dibutuhkan satu kali lagi dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi Energi dan Perdagangan pada Rabu (11/4/2018) waktu AS, di tempat yang sama.
Permintaan maaf Zuckerberg dan celah keamanan Facebook


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...manan-facebook

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Permintaan maaf Zuckerberg dan celah keamanan Facebook Menunggu sikap Jokowi saat setahun kasus Novel Baswedan

- Permintaan maaf Zuckerberg dan celah keamanan Facebook Kabupaten Bandung KLB miras, polisi buru pemasok

- Permintaan maaf Zuckerberg dan celah keamanan Facebook Bank Mandiri terbitkan kartu berlogo gerbang pembayaran nasional