alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Ini Cara Kerja Miras Oplosan Membunuh Para Pengonsumsinya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acddea394786821168b457f/ini-cara-kerja-miras-oplosan-membunuh-para-pengonsumsinya

Ini Cara Kerja Miras Oplosan Membunuh Para Pengonsumsinya

Ini Cara Kerja Miras Oplosan Membunuh Para Pengonsumsinya

Jakarta, IDN Times- Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Indra Jafar membeberkan kepada awak media senyawa beracun yang dihasilkan oleh minuman keras (miras) oplosan.

Berdasarkan hasil laboratorium forensik dan ahli toksikologi, hasil campuran dari minuman berenergi, bersoda, dan jamu atau anggur tertentu akan menghasilkan metanol, etanol, dan kafein.

"Hasil autopsi dan para ahli, ada senyawa yang dihasilkan dari miras oplosan, yaitu metanol, etanol, dan kafein," kata Indra di Mapolres Jakarta Selatan, Rabu (11/4).


1. Metanol ganggu saluran pernapasan
Ini Cara Kerja Miras Oplosan Membunuh Para Pengonsumsinya
ANTARA FOTO/TO/Indrianto Eko Suwarso



Selanjutnya, mantan Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya itu menyampaikan, kandungan metanol yang berlebih dapat mengganggu saluran pernapasan hingga menyebabkan kematian.

"Metanol itu yang mematikan. Jadi itu menyebabkan organ tubuh, paru-paru ya, gagal bernapas dan menyebabkan mati lemas," tambah dia.

Baca juga: Korban Jiwa Akibat Miras Oplosan Terus Bertambah, Ini Upaya Polri saat Ramadan


2. Mendapat racikan dari hasil coba-coba dan pengalaman
Ini Cara Kerja Miras Oplosan Membunuh Para Pengonsumsinya
ANTARA FOTO/Reno Esnir



Perihal darimana pengedar mengetahui cara meracik minuman, Indra menyampaikan kalau sebagian dari mereka ada yang bereksperimen dan ada pula yang mengetahui dari mantan bos di tempat mereka bekerja sebelumnya.

"Ini kan ada pelaku yang menjual miras oplosan dan ada yang meraciknya sendiri. Kalau yang menjual itu dia dapat dari bos-bosnya yang dulu ya. Jadi dia pernah dikasih tahu racikannya gitu. Nah kalau yang sendiri itu mereka coba-coba aja," pangkas dia.


3. Tidak memperjualbelikan kepada sembarang orang
Ini Cara Kerja Miras Oplosan Membunuh Para Pengonsumsinya
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani



Berikutnya, polisi berpangkat melati tiga itu menyebut, pemilik toko tidak memperjualbelikan minuman hasil oplosannya kepada semua orang. Karenanya, hanya orang tertentu saja yang mengetahui kalau kios penjual jamu itu adalah tempat yang memperjualbelikan miras.

"Jadi setiap bungkusnya dihargai Rp20 ribu. Kedok tokonya itu penjual jamu yang biasa dikonsumsi masyarakat. Makanya yang beli gak sembarangan orang," tambah Indra.


4. Minta Babinkamtibmas adakan kegiatan pemuda
Ini Cara Kerja Miras Oplosan Membunuh Para Pengonsumsinya
ANTARA FOTO/Reno Esnir



Untuk diketahui, dari akhir Maret hingga awal April, di wilayah Jakarta sudah ada 31 korban jiwa dan 18 orang yang harus dilarikan ke rumah sakit. Mayoritas dari korban adalah pemuda yang menghabiskan malam minggunya dengan mengonsumsi miras.

"Korban menganggap harganya itu murah, bisa dijangkau untuk euforia malam minggu. Ya untuk saran pencegahannya, Babinkamtibmas akan buat kegiatan kepemudaan. Jadi malam minggu tidak harus kumpul-kumpul bahkan mabuk," ungkapnya.

"Ironisnya adalah mereka itu tahu alkohol yang mereka minum itu bahaya. Tapi mereka tetap mengonsumsinya," tutup dia. 

Baca juga: Korban Tewas Miras Oplosan di Jawa Barat Kini 51 Orang, 82 Lainnya Dirawat

 





Sumber : https://news.idntimes.com/indonesia/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Ini Cara Kerja Miras Oplosan Membunuh Para Pengonsumsinya Lolos Gugatan di PTUN Jadi Peserta Pemilu 2019, Ini 5 Fakta PKPI

- Ini Cara Kerja Miras Oplosan Membunuh Para Pengonsumsinya Hore, KAI Siapkan 23 Ribu Kursi Tambahan untuk Arus Mudik 2018

- Ini Cara Kerja Miras Oplosan Membunuh Para Pengonsumsinya Rencanakan Pembangunan DKI, Anies Tidak Mau Pakai Slogan Merek Terkenal Ini

Pertamax


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di