alexa-tracking

Keputusan Gerindra Menepis Keraguan Publik Prabowo Hanya Jadi King Maker

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acdd4b91a99759c4a8b4588/keputusan-gerindra-menepis-keraguan-publik-prabowo-hanya-jadi-king-maker
Keputusan Gerindra Menepis Keraguan Publik Prabowo Hanya Jadi King Maker
Keputusan Gerindra Menepis Keraguan Publik Prabowo Hanya Jadi King Maker

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Keputusan Partai Gerindra mengusung ketua umum partainya, Prabowo Subianto, sebagai bakal calon presiden (capres) 2019 menjadi jawaban menepis keraguan publik terkait pencapresan Prabowo.

Karena sempat publik membaca adanya keraguan apakah Prabowo maju sebagai Capres atau hanya akan jadi King maker. Apalagi beberapa kali tertundanya deklarasi Prabowo sebagai Capres.

Demikian menurut pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio kepada Tribunnews.com, Rabu (11/4/2018).

Selain juga keputusan mengusung Prabowo akan semakin merapatkan barisan Gerindra menjelang Pilpres 2019.

"Tidak ada pilihan lain. Gerindra harus merapatkan barisannya terhadap perkiraan-perkiraan publik bahwa Prabowo akan jadi King Maker saja," ujar Pendiri Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) ini kepada Tribunnews.com, Rabu (11/4/2018).

Namun kini imbuhnya, Gerindra tinggal menunggu sikap partai keadilan sejahtera (PKS) untuk juga mendeklarasikan akan mengusung Prabowo sebagai Capres 2019.

"Sekarang Gerindra tinggal tunggu PKS, apakah akan usung juga Prabowo," jelasnya.

Selain juga menunggu apakah akan terbentuk poros ketiga atau bergabung ke Prabowo atau ke Jokowi di Pilpres 2019.

Sama halnya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah banyak diusung partai politik, seperti PDI Perjuangan, Golkar, NasDem, Hanura, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Pembangunan, Perindo, serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Namun hingga kini masih belum juga mendeklarasikan diri sebagai Capres 2019.

Untuk itu ia menyarankan agar Prabowo juga menunggu hasil Pilkada 2018 sebelum mendeklarasikan diri sebagai Capres 2019.

Sebelumnya, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menyatakan siap maju jadi calon presiden jika partai-partai koalisi mendukungnya.

Pernyataan itu diungkapkan Prabowo dalam Rakornas Partai Gerindra, di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu, (11/4/2018).

"Dengan segala tenaga saya, dengan segala jiwa dan raga saya. Seandainya Partai Gerindra memerintahkan saya maju dalam Pemilihan presiden yang akan datang, saya siap melaksanakan tugas itu," tegas Prabowo disambut riuh rendah kader Gerindra, seperti disaksikan Tribunnews.com dari tayangan Kompas TV, Rabu (11/4/2018) siang.

Atas hal itu pula Partai Gerindra menyatakan resmi mengusung ketua umum partainya, Prabowo Subianto, sebagai bakal calon presiden (capres) untuk Pilpres 2019.

Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Padepokan Garudayaksa, Hambalang, Jawa Barat, Rabu, 11 April 2018.

Keputusan pengusungan Prabowo menjadi capres dilakukan setelah pengurus Gerindra mendengarkan aspirasi dari seluruh kader yang hadir dalam Rakornas.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, dalam keterangan tertulis, Rabu (11/4/2018).

"Atas dasar aspirasi tersebut, maka Partai Gerindra secara resmi mencalonkan Prabowo Subianto sebagai calon presiden dan sekaligus memberikan mandat penuh untuk membangun koalisi dan memilih calon wakil presiden," katanya.

Muzani menjelaskan, aspirasi tersebut datang dari 34 Ketua DPD Gerindra tingkat provinsi dan 529 Ketua DPC tingkat kabupaten.

Selain itu, dari 2.785 anggota DPRD kabupaten/kota, 251 anggota DPRD tingkat provinsi dan 73 anggota DPR RI. "Secara bergantian mereka menyampaikan aspirasi konstituen yang menginginkan Prabowo Subianto maju calon presiden," kata Muzani.(*)


Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...adi-king-maker

---

Baca Juga :

- Diusung Gerindra, Prabowo Diberi Mandat Penuh Bangun Koalisi dan Pilih Calon Wakil Presiden

- Prabowo Ajak Amien Rais, Zulkifli Hasan, dan Sohibul Iman Naik Kuda Sebelum Buka Rakornas Gerindra

- Prabowo Deklarasi, PKS Siapkan Cawapres