alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Cuma Mitos, Tekan Kejahatan dengan Registrasi SIM
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acdd23614088dcc638b4567/cuma-mitos-tekan-kejahatan-dengan-registrasi-sim

Cuma Mitos, Tekan Kejahatan dengan Registrasi SIM

Cuma Mitos, Tekan Kejahatan dengan Registrasi SIM




Koran Sulindo – Program registrasi kartu SIM prabayar memberantas penipuan, sms dan telepon spam hingga pencegaan aksi terorisme dianggap cuma mitos.


Di banyak negara isu meminimaisir kejatan dengan registrasi adalah dua hal yang sangat berbeda.
Tingkat prevalensi kejahatan bahkan mengalami lonjakan akibat program registrasi kartu SIM prabayar seperti pencurian data, micro targeting hingga pasar gelap.

Selain tak menawarkan solusi, program registrasi kartu SIM prabayar justru dituding membahayakan keamanan data pribadi pengguna karena Undang-undang Perlindungan Data Pribadu (UU PDP) sebagai payung hukum justru belum disahkan.

“Di sini tidak terjadi seperti itu karena belum ada UU PDP, andalannya hanya Peraturan Menteri yang sanksinya cuma administrasi,” kata Deputi Direktur Riset Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (Elsam) Wahyudi Djafar.

“Ini terlalu terburu-buru. Harusnya kalau mau diberlakukan tunggulah ada instrumen perlindungan data yang kuat.”

Menurutnya, alih-alih menertibkan pengguna dengan sinkronisasi data pelangga dengan data kependudukan, registrasi justru dimanfaatkan korporasi untuk mengeruk untung.

Di negara-negara yang sudah mensahkan UU PDP, ada sebuah komisi mengurus pelanggaran data pribadi. Komisi ini bertugas melindungi hak-hak korban, mengusut pelaku, hingga menjatuhkan sanksi pada pelaku.
Di Meksiko, pemerintah mencabut udang-undang yang mewajibkan pendaftaran kartu SIM prabayar setelah tiga tahun pelaksanaan. Sementara di Kanada, pemerintah membatalkan program registrasi setelah tak ada bukti nyata langkah itu sanggup mengurangi kejahatan.

Dalam rapat dengar pendapat di Komisi I DPR terungkap penggunaan satu NIK untuk registrasi bagi jutaan nomor telepon seluler oleh operator.

Tercatat operator seluler yang paling banyak mendaftarkan nomornya dengan satu NIK adalah Indosat Ooredoo. Operator tersebut menggunakan sebuah NIK untuk mendaftar sebanyak 2.221.656 kali,  sementara dua NIK lain digunakan untuk mendaftar masing-masing 1,8 juta kali dan 1,6 juta kali.

Tak hanya Indosat Ooredoo, kejanggalan registrasi ulang dengan satu NIK juga dilakukan oleh operator lain seperti Telkomsel, XL Axiata, Hutchison 3, dan Smartfren. Jumlah registrasi ganda yang dilakukan operator-operator tersebut berkisar antara puluhan hingga ratusan ribu nomor.(TGU)































BACA SUMBER : https://koransulindo.com/cuma-mitos-...kan-kejahatan/

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
menteri magang sih...

padahal cukup permahal harga perdana, setarakan harga paket data antara kartu lama dan baru

udah itu aja

tambah regis kalo perlu


sayang wiwi milih menteri magang emoticon-Wink
Sebagai awam saya bingung mo koment apa
Kalo nik bisa didaftar berkali2.. kesalahan programmernya.. kunciannya blm bener..

Setelah dibenerin ga ada kasus dobel2 lagi..

kebijakan bodoh dari mentri yg dipilih oleh orang bodoh emoticon-Traveller
asal data2nya gak dicuri sama pihak asing aja.emoticon-Ngacir2
yang bikin kebijakan kebanyakan nonton pelem Hollywood ya jadi gini hahaha
Terus tuh isat yg 1nik 2 jt no gimana kelanjutannya
pemerintah stop bikin peraturan bodoh emoticon-Najis
gw pikir trit nya kakekanecell emoticon-Big Grin

yg penting data kita gak disalah gunakan
Quote:


kalo gitu yg pinter itu siapa gan?

emoticon-Bingung
kalo teroris sih pasti marah2 dia, lah gak bisa lagi pake sim card gratis, harus register ya ndak emoticon-Embarrassment
teroris mana punya ektp emoticon-Embarrassment
kenyataannya dalam 1 bulan terakhir gw malah dapat byk sms penipuan.
akibat menteri goblok dipake.


gw sampe skrg belum daftar yg 2 nomor buat internetan emoticon-Ngakak


Quote:


setuju breh... emoticon-Angkat Beer
namanya aja RUDIANTOLOL...! emoticon-Busa

BDW: ente outlet juga... emoticon-Salaman
Diubah oleh kakekane.cell
Batasi kepemilikan HP, setiap beli HP udah termasuk nomor di dalamnya.
Quote:


Menterinya blm mikir sampe kesana....

Masalah facebook aja bingung mesti ngapain kok
Sebenarnya cukup murahkan kuota, perdana jg ga akan laku
seharusnya daripada ngurusin registrasi, mending benerin regulasi operator dulu...
Wah wah, sms penipuan tak kunjung berkurang, kejahatan juga. jadi sebenernya kebijakan ginian buat apa ya
Diubah oleh kazuraba


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di