alexa-tracking

14 Skill Penting untuk Fresh Graduate Agar Cepat Mendapat Pekerjaan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acdcf9912e2570f748b456b/14-skill-penting-untuk-fresh-graduate-agar-cepat-mendapat-pekerjaan
14 Skill Penting untuk Fresh Graduate Agar Cepat Mendapat Pekerjaan
Menjadi seorang fresh graduate memang butuh kesabaran tinggi untuk mendapatkan pekerjaan. Pasalnya, mayoritas perusahaan akan mencari calon karyawan yang sudah memiliki pengalaman.Sementara, fresh graduate bisa dibilang minim pengalaman. Maklum, mereka baru saja lulus dan baru mendapatkan ijazah dari tempat pendidikannya.
Namun demikian, bukan berarti fresh graduate tak punya peluang. Syaratnya, tentu saja mereka harus membekali diri dengan sejumlah skill yang bisa memberinya nilai tambah di  hadapan perusahaan yang dilamarnya.
Skill-skill ini kadang tidak diuji secara langsung. Tapi akan terbaca dari psikotest atau tes pendukung lainnya. Ketika skill tersebut terlihat dari hasil ujian, maka perusahaan akan punya gambaran soal kelebihan dari sang fresh graduate.
Lalu, skill apa yang harus dimiliki seorang fresh graduate agar cepat mendapat pekerjaan? Berikut 14 skill untuk fresh graduate yang perlu Anda ketahui.

1. Inisiatif
Ketika Anda melamar pekerjaan, yang akan menjadi pertimbangan pihak perusahaan adalah sikap konsistensi Anda. Apa yang Anda katakan sesuai dengan apa yang Anda kerjakan. Termasuk Anda memang dapat dipercaya untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dengan baik.Sikap konsistensi ini erat hubungannya dengan Inisiatif yang harus muncul pada diri Anda. Ketika Anda menyanggupi untuk mengerjakan suatu tugas, maka otomatis akan timbul inisiatif Anda untuk memotivasi diri menyelesaikan tugas dengan baik.  Mendapatkan ide-ide baru yang dapat dipakai untuk kebaikan Anda dan kemajuan perusahaan.

2. Komitmen
Pertimbangan lain seorang fresh graduate dapat diterima menjadi karyawan sebuah perusahaan adalah memiliki komitmen. Perusahaan tentu menginginkan karyawan yang mempunyai komitmen tinggi.
Seorang karyawan yang mau dan mampu memberikan waktu dan dedikasi terbaiknya yang bermanfaat untuk kemajuan perusahaan.
Karyawan yang tidak memiliki komitmen terhadap tugasnya tentu dianggap tidak serius bekerja dan hanya merugikan perusahaan. Jika hal ini terlihat dari wawancara awal, tentu akan memperkecil peluang untuk bekerja pada perusahaan yang dilamar.
Karena itu, tegaskan sejak awal bahwa Anda punya komitmen besar untuk tumbuh dan berkembang bersama perusahaan.

3. Fleksibilitas
Dalam dunia kerja, Anda akan menghadapi berbagai macam kondisi dan situasi yang tidak selalu menyenangkan, yang tidak dapat Anda hindari.
Anda akan bertemu dengan berbagai macam karakter orang yang tentunya membutuhkan perlakuan yang berbeda pula. Di sinilah perlunya fleksibilitas dalam diri Anda.
Fleksibilitas akan membantu untuk menghadapi suatu persoalan dalam pekerjaan dan menyelesaikannya dengan baik. Termasuk juga cara yang Anda gunakan untuk menghadapi karakter atasan, klien, ataupun rekan kerja yang berbeda-beda.
Apakah Anda termasuk orang yang memiliki fleksibitas? Jika belum mulailah berlatih dari sejak sekarang.

4. Manajemen Waktu
Skill untuk fresh graduate yang mesti dimiliki adalah soal manajemen waktu. Hal ini akan terlihat ketika Anda dipanggil untuk wawancara kerja.
Bagaimana Anda melakukan manajemen waktu menjelang wawancara menjadi poin penting yang akan diperhatikan oleh pihak HRD. Terlambat datang ke wawancara, itu sudah menunjukkan Anda kurang bisa mengatur waktu dengan baik.
Skill ini akan penting karena perusahaan akan melihat apakah Anda orang yang disiplin soal waktu, bagaimana menyusun prioritas kerja, dan dapatkah Anda menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Sehingga perusahaan yakin usaha mereka akan berkembang dengan kehadiran Anda.

5. Pemecahan Masalah
Terkait dengan masalah-masalah yang mungkin timbul dalam pekerjaan dan dalam hubungan dengan atasan, klien, ataupun rekan kerja, Anda dituntut untuk memiliki kemampuan memecahkan masalah.
Harus siap menghadapi risiko dan konsekuensi yang timbul atas suatu masalah sekaligus berusaha menyelesaikan masalah secara profesional.
Selain membuat Anda lebih berkarakter dan memunculkan kesan profesional, kemampuan memecahkan masalah akan meningkatkan nilai Anda sebagai karyawan.
Tentu saja perusahaan akan memberikan apresiasi atas ketekunan dan tanggung jawab Anda dalam menyelesaikan masalah yang ada.

6. Kepemimpinan
Memiliki kemampuan dalam kepemimpinan akan menjadi nilai tambah bagi Anda. Jika saat sekolah Anda aktif berorganisasi dan sering menempati posisi sebagai ketua, perusahaan akan mempertimbangkan untuk menerima Anda yang memiliki potensi menjadi pemimpin atau manajer di masa depan.
Memiliki kemampuan sebagai pemimpin merupakan skill untuk fresh graduate yang kerap jadi pertimbangan perusahaan. Ini memperlihatkan bahwa Anda dapat memotivasi diri dan mampu mengambil keputusan penting yang terbaik bagi perusahaan.
Jadi, selalu sampaikan pengalaman Anda saat memimpin organisasi di sekolah maupun di organisasi lainnya sebagai nilai lebih diri Anda.

7. Mengoperasikan Komputer
Kemajuan teknologi yang semakin berkembang menuntut Anda untuk dapat mengikuti perkembangan zaman, terutama kemampuan memakai komputer.
Program komputer dasar saat ini telah menjadi bagian dari kurikulum pendidikan, para lulusan diharapkan telah menguasai dasar-dasar Microsoft seperti Word, Excel, dan Powerpoint.
Hampir seluruh perusahaan memberikan syarat ‘terampil menggunakan komputer’ untuk para pelamar kerja. Kemampuan mengoperasikan komputer wajib Anda miliki jika tidak ingin tersingkir dari lapangan kerja saat ini.
8. Menulis
Kemampuan lainnya yang dapat menambah nilai Anda adalah kemampuan menulis dan berkomunikasi. Surat lamaran yang Anda buat dapat memperlihatkan seberapa baik kemampuan menulis Anda.
Semakin menarik Anda menceritakan tentang diri Anda, maka para pencari kerja akan mencari Anda.
Namun, saat sampai pada tahap wawancara kerja, maka kemampuan berkomunikasi Anda yang akan dilihat. Kemampuan berkomunikasi yang baik menjadi hal utama yang diperlukan dalam dunia bisnis karena hal ini akan memperlihatkan usaha dan kerja keras Anda dalam menyampaikan ide-ide bisnis dan pemikiran secara profesional.
9. Bekerja Mandiri
Tunjukkan bahwa Anda mampu bekerja mandiri dengan baik tanpa pengawasan. Karen hal ini akan selalu dituntut oleh banyak perusahaan. Karena tidak mungkin mengharapkan atasan Anda akan selalu ada untuk membantu.
Seperti saat mengerjakan sendiri tugas-tugas kuliah tanpa bantuan siapapun dan bisa selesai dengan baik dan tepat waktu, seperti itulah cara kerja yang diharapkan oleh perusahaan terhadap karyawannya.
Begitu pula saat Anda menghadapi masalah dalam pekerjaan. Sedapat mungkin Anda bisa mencari jalan keluar sendiri dalam menyelesaikan sebuah masalah. Kemandirian ini akan terlihat saat wawancara maupun tes lainnya.
10. Kerja Tim
Dalam dunia kerja, Anda akan bertemu dengan rekan kerja yang berbeda karakter, cara pandang, dan pemikiran dengan Anda. Tidak hanya satu, akan tetapi dalam sebuah tim.
Karena itu perusahaan akan menuntut Anda mempunyai kemampuan untuk dapat bekerjasama dengan seluruh rekan kerja.
Kemampuan bekerjasama yang baik, wajib Anda miliki dalam dunia kerja. Jika Anda tidak memiliki kemampuan bekerjasama dengan orang lain, Anda bisa kesulitan menyelesaikan pekerjaan yang memerlukan keahlian tertentu, yang ternyata dimiliki oleh rekan satu tim Anda.
11. Berbahasa Inggris
Menghadapi persaingan global saat ini, skill untuk fresh graduate yang harus Anda miliki adalah berkomunikasi yang baik dalam bahasa Inggris. Baik lisan maupun tulisan. Karena Anda akan bertemu dengan berbagai macam orang dari berbagai negara.
Satu-satunya cara berkomunikasi dengan orang dari negara lain tentu dengan menggunakan bahasa Internasional, bahasa Inggris. Tidak heran jika Anda pasti banyak melihat persyaratan nilai TOEFL yang diminta bagi para pelamar kerja.
Jadi, segera tingkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda untuk meraih pekerjaan impian Anda.
12. Membawakan Presentasi
Memiliki ide, masukan, dan saran bagi perkembangan bisnis perusahaan tentu sangat dibutuhkan. Namun, bagaimana Anda dapat menyampaikan secara tepat sasaran jika tidak memiliki kemampuan mempresentasikan ide-ide tersebut dengan baik?
Karena itu kemampuan membawakan presentasi akan menambah nilai saat perusahaan mempertimbangkan untuk mempekerjakan Anda.
Presentasi yang baik, tersusun rapi, menarik, dan memiliki nilai jual tentu akan disukai dibandingkan presentasi yang membosankan. Terutama ketika Anda melamar pekerjaan di bagian marketing perusahaan. Bagi banyak perusahaan, kemampuan presentasi ini akan selalu menjadi hal yang diuji.
13. Bekerja di Bawah Tekanan
Semua perusahaan pasti menetapkan target yang harus dicapai oleh para karyawannya.  Target ini akan menimbulkan tekanan dalam bekerja.
Karena itu seorang karyawan dituntut untuk dapat bekerja di bawah tekanan. Terutana ketika dia harus bisa mencapai target yang ditentukan oleh perusahaan, baik target perseorangan maupun target tim. Tidak jarang demi mencapai target harus lembur dan mengorbankan waktu pribadi.
Bagi Anda yang tidak terbiasa bekerja di bawah tekanan, target tentu akan menjadi frustrasi dan stres, kemudian jatuh sakit. Hal ini tentu saja akan mengurangi performa kerja Anda.
14. Kreatif
Ide dan kreativitas adalah sesuatu yang mahal. Dan setiap perusahaan selalu menginginkan calon karyawan yang kreatif dan inovatif. Jadi, tunjukkan bahwa Anda seorang yang kreatif dan inovatif saat wawancara kerja.
Dapatkan info melalui situs perusahaan, akun media sosial milik perusahaan, atau berita-berita mengenai perusahaan yang bersangkutan sebagai bahan untuk mendapatkan ide yang kreatif.
Pihak HRD tentu akan melihat Anda sebagai orang yang dapat membantu perusahaan lebih berkembang dan berpikir untuk kemajuan perusahaan dengan ide-ide terbaru yang lebih kreatif.
Penutup
Mayoritas skill untuk fresh graduate yang kami ulas tidak dipelajari di bangku kuliah. Anda bisa mendapatkannya secara otodidak. Terutama ketika aktif di organisasi kampus.
Karena itu, jangan terlalu terpaku dengan nilai IPK yang tinggi. Dampingi juga nilai tinggi tersebut dengan skill yang hanya bisa Anda pelajari di luar kelas.




×