alexa-tracking

Mau Liburan ke Kota Hujan? Ini Dia 10 Tempat Wisata Bogor yang Harus Dikunjungi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acdc7a360e24b3e748b456a/mau-liburan-ke-kota-hujan-ini-dia-10-tempat-wisata-bogor-yang-harus-dikunjungi
Mau Liburan ke Kota Hujan? Ini Dia 10 Tempat Wisata Bogor yang Harus Dikunjungi
Bogor terkenal sebagai salah satu kota tujuan wisata yang menawarkan cuaca yang sejuk dan wisata yang beragam.


Tidak hanya wisata alam berupa air terjun atau wisata bermain, di Bogor, Anda juga dapat menemui lokasi wisata edukasi dan wisata kuliner.
Pada artikel ini akan dibahas 35 tempat wisata Bogor yang paling sering dikunjungi.
 
Rubrik Finansialku
Mau Liburan ke Kota Hujan? Ini Dia 10 Tempat Wisata Bogor yang Harus Dikunjungi


 
Wisata Alam
#1 Curug Cibaliung
Bogor terkenal dengan wisata alamnya, dan Curug Cibaliung merupakan salah satu dari wisata alam di Bogor yang terkenal. Curug ini terletak di desa Karang Tengah, Kecamatan Madang, Sentul.
Curug Cibaliung memang belum terlalu terkenal karena lokasinya yang dalam dan sulit ditemukan. Karena hal ini, Anda masih dapat merasakan kealamian dari tempat ini.
Mau Liburan ke Kota Hujan? Ini Dia 10 Tempat Wisata Bogor yang Harus Dikunjungi


Curug Cibaliung

 
Walaupun tidak terlalu tinggi, air terjun ini menawarkan kesejukan serta kejernihan air terjun yang membuat curug ini terlihat semakin cantik dan indah.
Pemandangan di sekitar Curug Cibaliung yang juga dikenal dengan sebutan Leuwi Cibaliung atau Curug Baliung pun tidak kalah duanya, mulai dari bebatuan hingga pepohonan yang indah.
Jika Anda berada di sini, Anda dapat menyebur ke dalam kolam air terjun untuk merasakan kejernihan dan kesegaran air curug. Tidak hanya itu, biarkanlah tubuh Anda dipijat-pijat oleh air terjun yang deras.
Sekadar mengapung dan berenang sambil menikmati pemandangan alam di sekitarnya adalah salah satu kegiatan yang dapat Anda lakukan.

 
#2 Rumah Pohon & Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol
Tidak ketinggalan dengan kota-kota besar lainnya, kota Bogor pun menyediakan wisata alam sembari menyajikan gardu pandang atau rumah pohon yang tentunya berada di atas pohon.
Curug Ciherang Jonggol terletak di Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur dan rumah pohon serta jembatan kayu berada di jalan masuk menuju Curug Ciherang.

Mau Liburan ke Kota Hujan? Ini Dia 10 Tempat Wisata Bogor yang Harus Dikunjungi


Rumah Pohon & Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol

 
Yang menarik dari rumah pohon ini adalah untuk menuju ke rumah pohon tersebut, Anda harus berjalan di atas jembatan kayu dengan pemandangan perbukitan hijau alami yang luar biasa.
Tentunya, karena rumah pohon ini berada di atas pohon besar dengan jurang dalam di bagian bawahnya, Anda harus senantiasa berhati-hati ketika berfoto atau membawa anak kecil.
Utamakan keselamatan ketika mengunjungi tempat ini. Selain itu, bagi Anda yang phobia dengan ketinggian sebaiknya hindari tempat ini.
 
#3 Goa Agung Garunggang
Goa yang satu ini masih jarang kedatangan pengunjung karena tempat ini belum banyak diketahui oleh para wisatawan.
Goa Agung Garunggang ini berada di Karang Tengah 2, Babakan Madang, Sentul.
Di sekitar lokasi goa, terdapat banyak spot indah untuk foto, seperti bebatuan yang unik atau pepohonan yang rindang.
Mau Liburan ke Kota Hujan? Ini Dia 10 Tempat Wisata Bogor yang Harus Dikunjungi


Goa Agung Garunggang

 
Untuk dapat masuk ke dalam goa, Anda harus turun ke bawah karena goa ini terletak di bawah tanah. Di dalam goa tidak disediakan penerangan, sehingga Anda harus membawa senter Anda sendiri ketika masuk.
Di dalam goa, Anda akan melihat stalaktit yang indah, Anda pun harus melewati celah sempit yang hanya bermuatkan 1 orang saja.
Tentunya di tempat ini juga disediakan jas pemandu sehingga Anda akan mengetahui tempat mana saja yang harus Anda kunjungi.
Tiket masuk ke dalam goa ini pun gratis, Anda hanya perlu membayar uang parkir dan tips kepada pemandu seikhlas Anda.
 
#4 Curug Bidadari Sentul Paradise Park
Sebelum dikelola oleh Sentul Paradise Park, curug ini dinamakan Curug Bojongkoneng, namun setelahnya, nama air terjun ini diganti dengan nama Curug Bidadari.
Curug yang memiliki tinggi 40-75 meter ini terletak di Desa Bojongkoneng di daerah Sentul City. Air Curug Bidadari ini bersumber dari mata air hutan lindung yang terdapat di daerah tersebut.

Mau Liburan ke Kota Hujan? Ini Dia 10 Tempat Wisata Bogor yang Harus Dikunjungi


Curug Bidadari Sentul Paradise Park

 
Tepat di bawah Air Terjun Bidadari terdapat sebuah wahana permainan air atau waterparkyang memiliki luas lebih dari 6.000 meter persegi. Waterpark ini akan membuat Anda serasa di pantai dengan panjang 150 meter dan pantai buatan ini dilengkapi dengan pasir putih yang didatangkan langsung dari Bangka.
Selain itu, waterpark ini pun dilengkapi dengan fasilitas outbound, seperti flying fox dan perahu tangan.
Tidak heran tempat ini ramai dikunjungi terutama pada akhir pekan atau masa-masa liburan.
Salah satu tips ketika berkunjung ke curug ini adalah menyiapkan uang kecil dan uang lebih untuk berjaga karena menurut beberapa pengunjung, akses jalanan menuju ke Curug Bidadari cukup sulit dan terdapat banyak pungli.


#5 Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor
Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor telah berdiri cukup lama, tepatnya sejak tahun 1993 dan walaupun telah berdiri cukup lama, tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung.
Tempat yang dulu dikenal dengan nama Penangkaran Rusa Cariu ini mempunyai luas area sebesar 5 hektar dan di sini, Anda dapat berinteraksi dengan rusa dengan memberi makan serta berfoto ria dengan rusa-rusa tersebut.
Mau Liburan ke Kota Hujan? Ini Dia 10 Tempat Wisata Bogor yang Harus Dikunjungi


Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor

 
Di tempat ini, Anda dapat menemukan berbagai jenis rusa, mulai dari Rusa Jawa, Rusa Cheetal dan juga Rusa Bawean.
Setelah bermain dan bercanda dengan rusa-rusa tersebut, Anda pun tidak boleh melewatkan jembatan gantung yang terbentang di atas Sungai Cibeet, sebuah spotindah yang dapat dijadikan tempat foto.
Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor juga menyediakan wahana permainan outbounddan lapangan kemah yang kapasitasnya dapat mencapai 200 orang.
Bagi yang tertarik ingin mengunjungi tempat ini, silakan datang langsung ke Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari.
 
#6 Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas
Siapa bilang pohon sakura hanya bisa ditemukan di Jepang, buktinya, di Kebun Raya Cibodas, Anda dapat menemukan lebih dari 435 pohon sakura. Pohon sakura ini akan mekar pada bulan Januari-Februari kemudian pada bulan Juli-Agustus.
Mau Liburan ke Kota Hujan? Ini Dia 10 Tempat Wisata Bogor yang Harus Dikunjungi


Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

 
Kebun Raya Cibodas juga menyajikan tempat lainnya, seperti koleksi tanaman langka, pohon-pohon raksasa yang telah berusia sangat tua, lapangan rumput yang luas, rumah kaca, air terjun, air mancur dan kolam.
Tempat ini berlokasi di Sindanglaya, Cipanas, Cianjur dan untuk masuk ke dalam kebun ini, Anda harus membayar Rp9.500, harga yang sangat terjangkau apalagi jika Anda dapat membawa pasangan Anda untuk mengunjungi tempat ini dan menyenangkan mereka.
Karena keromantisan tempat ini, jangan heran kalau banyak pasangan yang melakukan sesi prewedding di Kebun Sakura ini.
 
#7 Gunung Pancar
Gunung Pancar merupakan sebuah tempat wisata yang menyajikan pemandangan hutan pinus alami serta pemandian air panas.
Di ketinggian sekitar 300 – 800 mdpl ini, Anda dapat menikmati pemandangan serta kesejukan udara yang tidak ada bandingannya.
Mau Liburan ke Kota Hujan? Ini Dia 10 Tempat Wisata Bogor yang Harus Dikunjungi


Gunung Pancar

 
Akitivitas lain yang dapat Anda lakukan di sini adalah camping, hikingjoggingdownhilldan berkuda.
Jika Anda ingin menikmati pemandangan hutan pinus yang menjulang tinggi dan indah, maka tempat ini adalah destinasi yang tepat untuk Anda.
 
#8 Curug Cigamea
Termasuk salah satu air terjun yang paling indah di Bogor, Curug Cigamea ini terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan. Yang unik dari Curug Cigamea ini adalah curug ini terdiri dari 2 air terjun yang serupa tapi tak sama.
Air terjun pertama memiliki ketinggian 50 meter dan berada di celah tebing. Aliran air dari air terjun yang pertama ini terlihat seperti membelah batu lama yang berwarna hitam kecoklatan.
Mau Liburan ke Kota Hujan? Ini Dia 10 Tempat Wisata Bogor yang Harus Dikunjungi


Curug Cigamea

 
Aliran air dari air terjun yang pertama ini pun cukup deras dengan kolam air yang cukup luas serta warna air yang berwarna biru kehijauan yang berarti bahwa ketinggian air cukup dalam dan dapat dijadikan sebagai tempat berenang.
Di lain sisi, air terjun kedua ini memiliki ciri khas yang mana tebingnya curam yang berbentuk seperti dinding dan didominasi oleh bebatuan hitam.

Air terjun kedua ini berada lebih dekat dengan pintu masuk Curug Cigamea. Kolam airnya tidak seluas dengan air terjun pertama dan tidak dapat digunakan sebagai tempat berenang. Jarak dari air terjun pertama dan kedua adalah sekitar 30 meter.
Jika Anda ingin merasakan pemandangan alam yang indah dan masih alami, maka Anda dapat mengunjungi tempat ini.
 
#9 Curug Bengkok Leuwi Hejo (Curug Leuwi Hejo)
Mempunyai ciri khas air kolam yang berwarna hijau tosca, Curug Bengkok Leuwi Hejo atau yang juga dikenal masyarakat sekitar dengan nama Curug Leuwi Hejo ini merupakan destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh anak muda.
Mau Liburan ke Kota Hujan? Ini Dia 10 Tempat Wisata Bogor yang Harus Dikunjungi


Curug Bengkok Leuwi Hejo (Curug Leuwi Hejo)

 
Walaupun air terjunnya tidak tinggi, tetapi keindahan yang ditawarkan oleh curug ini tidak ada duanya. Anda pun dapat menceburkan diri langsung ke dalam kolam untuk merasakan kesejukan air terjun ini.
 
#10 Curug Ciburial
Curug Ciburial atau ada juga yang menyebut curug ini dengan nama Curug Kembar Ciburial terletak di desa Cibeurem Sentul.
Air terjun ini dikatakan Curug Kembar Ciburial karena di dalamnya terdapat 2 air terjun yang letaknya bersampingan.

Mau Liburan ke Kota Hujan? Ini Dia 10 Tempat Wisata Bogor yang Harus Dikunjungi


Curug Ciburial

 
Pemandangan yang indah, air terjun yang sear serta udara pegunungan yang sejuk adalah beberapa pengalaman yang dapat Anda rasakan di Curug Ciburial ini.
Jika Anda berani, Anda pun dapat langsung menyeburkan diri dan berenang di dalam kolam air ini, tetapi tetap harus hati-hati karena curug ini memiliki aliran air yang cukup deras.

Baca Selengkapnya : Wisata Bogor
image-url-apps
semuanya udah pernah dikunjungi bre...kecuali cibaliung, goa garunggang, bidadari dan ciburial emoticon-Cool