alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / ... / Indonesia Update /
Menlu Retno Optimistis Konektivitas Udara Baru Indonesia-Afrika
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acdc45f1cbfaaeb268b4573/menlu-retno-optimistis-konektivitas-udara-baru-indonesia-afrika

Menlu Retno Optimistis Konektivitas Udara Baru Indonesia-Afrika

Menlu Retno Optimistis Konektivitas Udara Baru Indonesia-Afrika

JPP, NUSA DUA - Menteri Luar Negeri RI Rento Marsudi optimistis konektivitas udara antara Indonesia dengan Ethiopia akan membuka lebih luas pintu kerja sama ekonomi Indonesia dengan Afrika.

"Konektivitas udara ini akan menjadi awal baru. Ini baru satu, kami ingin lebih banyak lagi," kata Menlu Retno Marsudi dalam panel diskusi Forum Indonesia-Afrika (IAF) di BNDCC Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (10/4/2018).

Dalam forum IAF yang pertama kalinya digelar tersebut, dilakukan penandatanganan kerja sama bisnis antara GMF AeroAsia, Max Air dan Ethiopian Airlines.

Total ada 10 penandatanganan kerja sama termasuk dari industri penerbangan itu dalam IAF 2018 dengan total nilai kesepakatan mencapai 586,56 juta dolar AS.

Dengan dibukanya "keran" transportasi udara itu maka diharapkan aliran perdagangan kedua pihak akan semakin kencang dan menumbuhkan nilai perdagangan Indonesia-Afrika yang masih terbatas.

Meski nilai perdagangan Indonesia dan Afrika belum terlalu besar namun tumbuh signifikan tahun 2017 yang mencapai sekitar 8 miliar dolar AS atau meningkat sekitar 15 persen dibandingkan tahun 2016.

Beberapa produk yang diperdagangkan dari Afrika ke Indonesia di antaranya minyak mentah, kapas, bibit cokelat sedangkan Afrika membutuhkan produk yang diimpor dari Indonesia di antaranya kendaraan bermotor dan minyak sawit hingga produk mie instan.

"Indonesia ingin menjadi bagian pembangunan di Afrika dan Indonesia ingin Afrika menjadi bagian pembangunan di Indonesia," kata Retno dalam sambutannya.

Dalam IAF tersebut juga digelar pameran yang menampilkan produk dari BUMN Indonesia dan sektor swasta yang mempertemukan dengan kalangan dari Afrika.

Forum tersebut dihadiri sekitar 500 orang delegasi yang terdiri dari pemerintah, pelaku bisnis dan pemangku kepentingan lainnya baik dari Afrika dan Indonesia.(ant)


Sumber : https://jpp.go.id/ekonomi/perdaganga...donesia-afrika

---

Kumpulan Berita Terkait EKONOMI :

- Menlu Retno Optimistis Konektivitas Udara Baru Indonesia-Afrika Kemlu RI Optimistis Hubungan ASEAN-Tiongkok Semakin Positif

- Menlu Retno Optimistis Konektivitas Udara Baru Indonesia-Afrika KKP Luncurkan Bulan Bakti Karantina dan Mutu 2018

- Menlu Retno Optimistis Konektivitas Udara Baru Indonesia-Afrika Presiden Jokowi Targetkan Tol Ciawi-Cigombong Beroperasi Juli 2018

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di