alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sarang Lebah Bahan Membuat Lilin
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acdbf9e9a0951fb4a8b4567/sarang-lebah-bahan-membuat-lilin

Sarang Lebah Bahan Membuat Lilin

Sarang Lebah Bahan Membuat Lilin

Sarang lebah madu belum banyak dimanfaatkan masyarakat. Bahkan sering sarang hewan penghasil madu ini dibuang begitu saja.
Namun, di tangan ibu-ibu warga Desa Gunung Sahilan dan Desa Sahilan Darussalam, Kabupaten Kampar, Riau, sarang lebah disulap menjadi lilin beraneka bentuk. Lilin dari sarang lebah itu dirangkai menjadi bentuk bunga, bentuk kerucut, kupu-kupu, dan bentuk menarik lain.

Salah satu desa penghasil madu adalah Gunung Sahilan. Awalnya, masyarakat  hanya mengambil madunya saja, sedangkan sarang lebah dibuang. Setelah ada penelitian bahwa sarang lebah mengandung lilin, jeli, dan bifolen. Masyarakat bersama LSM Kudapan membuat kerajinan lilin dari sarang lebah.

Di Gunung Sahilan, tidak semua pohon di hutan menjadi tempat lebah madu bersarang. Masyarakat Riau menyebut pohon tempat lebah bersarang sebagai pohon sialang. Jenis batang sialang, seperti rengas, kayu aro, pohon mentiana, dan pohon kempas. Ukuran batang sialang sangat besar dan tinggi.
Menurut masyarakat sekitar, yang mau memelihara lebah madu harus memelihara pohon sialang. Membudidayakan lebah madu secara tidak langsung turut melestarikan pohon-pohon di hutan. "Ada aturan adat yang melarang warga untuk menebang batang sialang. Kalau warga mau dapat madu maka harus pelihara pohon sialang,"

Pembuatan lilin sarang lebah bisa membantu pelestarian pohon sialang sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar hutan. Dalam satu pohon sialang ada sebanyak 200 sarang lebah. Dalam satu pohon bisa menghasilkan 400 kg madu. Dalam satu minggu, sedikitnya ada tiga pohon yang dipanen.

Masyarakat meninggalkan sedikit sarang lebah di pohon sialang. Sisa sarang akan ditempati lebah madu kembali. Lilin dibuat dengan memanaskan sarang lebah. Setelah mencair akan terbentuk dua lapisan, lapisan atas adalah lilin dan lapisan bawah air.

Lilin yang dihasilkan harus disaring agar benar-benar bersih dari kotoran. Lilin yang dihasilkan bisa dibentuk sesuai dengan keinginan.
Urutan Terlama
mantap
Quote:


Semoga bermanfaat gan emoticon-Sundul Up
Ane sukak trit enih...
emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
Sarang Lebah Bahan Membuat Lilin Sarang Lebah Bahan Membuat Lilin Sarang Lebah Bahan Membuat Lilin Sarang Lebah Bahan Membuat Lilin
Sarang Lebah Bahan Membuat Lilin Sarang Lebah Bahan Membuat Lilin
Sarang Lebah Bahan Membuat Lilin
Quote:


seperti ini yaahh proses pengolahannya, gak ada pics nya yee emoticon-rose
Quote:


Wah, bisa jadi bahan kreativitas


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di