alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Kemenag Ubah Alur Pengajuan Izin Prodi Baru PTKI
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acdb595d89b0951218b4582/kemenag-ubah-alur-pengajuan-izin-prodi-baru-ptki

Kemenag Ubah Alur Pengajuan Izin Prodi Baru PTKI

Kemenag Ubah Alur Pengajuan Izin Prodi Baru PTKI

JPP, BINTARO - Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kemenag mengubah alur pengajuan program studi baru pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

Hal tersebut disampaikan Kasubdit Akademik Diktis Mamat Salamet Burhanuddin, dalam Focus Group Discussion Pengembangan Akademik di Bintaro, Selasa (10/4/2018).  Dia mengatakan, pengajuan izin prodi baru di PTKI, mulai tahun ini harus menggunakan borang usulan. 

“Tahun ini pengajuan izin prodi baru harus menggunakan borang, sebelumnya hanya proposal biasa,” lanjut Mamat. “Perubahan dimaksudkan untuk memenuhi standar minimum akreditasi,” sambungnya.

Menurut Mamat, ada lima tahapan dalam prosedur pengajuan izin prodi baru. Pertama, pendaftaran online yang terdiri dari registrasi, pengisian borang, dan melampirkan dokumen. “Pengajuan dilaksanakan dalam tiga gelombang dalam setahun, yaitu: Januari- Februari, Mei-Juni, dan September-Oktober,” tutur Mamat.

Kedua, mengunggah dokumen persyaratan yang terdiri dari 26 dokumen untuk S1, dan 24 dokumen untuk pascasarjana. “Bukti registrasi dapat dicetak setelah dokumen dinyatakan lengkap,” ujarnya.

Ketiga, penilaian dokumen yang dilanjutkan validasi oleh BAN-PT. Keempat, penerbitan SK akreditasi minimum. Kelima, penerbitan SK Prodi baru. SK izin prodi baru diterbitkan berdasarkan nilai yang sudah divalidasi BAN-PT. Penandatanganan SK oleh Dirjen Pendidikan Islam atas nama Menteri Agama.

Sementara itu, Kasi Evaluasi Akademik Ahmad Mahfud Arsyad menambahkan, sejak 2016 pihaknya sudah menerapkan pelayanan pendaftaran Program Studi Agama dengan fasilitas pendaftaran online.

“Dengan sistem ini, aksesibilitas dan transparansi pelayanan menjadi lebih baik. Sebab, pemohon dapat melakukan pendaftaran di mana saja dan kapan saja, serta memantau status permohonannya,” ujarnya. (agm)


Sumber : https://jpp.go.id/teknologi/pendidik...rodi-baru-ptki

---

Kumpulan Berita Terkait TEKNOLOGI :

- Kemenag Ubah Alur Pengajuan Izin Prodi Baru PTKI Digitalisasi Persempit Ruang Gerak Penipuan Umrah

- Kemenag Ubah Alur Pengajuan Izin Prodi Baru PTKI Tahun Ini, Kemenag Siapkan Sendiri USBN Mapel Pendidikan Agama Buddha

- [img][/img] Langkah Pemerintah Atasi Kemiskinan Sudah di Jalur yang Benar

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di