alexa-tracking

Bank Mandiri terbitkan kartu berlogo gerbang pembayaran nasional

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acda1941ee5dffc398b457f/bank-mandiri-terbitkan-kartu-berlogo-gerbang-pembayaran-nasional
Bank Mandiri terbitkan kartu berlogo gerbang pembayaran nasional
Bank Mandiri terbitkan kartu berlogo gerbang pembayaran nasional
Foto ilustrasi. Kartu debit bank Mandiri.
Bank Mandiri menjadi bank pertama yang meluncurkan kartu debit berlogo gerbang pembayaran nasional (GPN) di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (9/4/2018).

Menurut Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi, kartu Mandiri debit berlogo GPN ini akan menjadi kartu utama yang ditawarkan kepada nasabah pada saat pembukaan rekening atau penggantian kartu.

"Inisiatif ini juga menjadi wujud komitmen kami dalam mendukung Bank Indonesia merealisasikan gerbang pembayaran nasional (GPN) untuk sistem pembayaran yang lebih efisien dan lebih murah dibandingkan dengan penggunaan kartu berlogo principal luar negeri," kata Hery.

Pada periode pertama ini, Bank Mandiri akan menerbitkan empat juta kartu debit berlogo GPN hingga akhir tahun 2018.

Sementara setelah Mandiri, 115 bank di Indonesia juga menyusul menerbitkan kartu debit serupa yang memiliki logo Garuda Merah. Seluruh bank itu ditargetkan dapat menyusul pada akhir April 2018 dan peluncurannya (grand launching) akan dilaksanakan oleh Bank Indonesia.

"Kartu GPN ini untuk melibatkan semua perbankan yang ada di Indonesia. Akhir April ini kita akan luncurkan serentak," kata Kepala Departemen Elektronifikasi dan GPN BI Pungky Purnomo Wibowo seperti dikutip Antaranews.

GPN atau National Payment Gateaway pertama kali diperkenalkan pada awal Desember 2017. Kartu ini merupakan sistem yang mengintegrasikan berbagai alat dan jaringan pembayaran serta mengentaskan batasan antar-bank sehingga nasabah dapat bertransaksi dan menggunakan jasa pembayaran secara lintas sarana dan prasarana.

GPN juga membuat proses transaksi dalam negeri lebih mudah dijalankan karena sudah saling terhubung. Ada tiga keuntungan yang bisa didapatkan oleh nasabah dari GPN.

Pertama, biaya transaksi lebih murah. Pungky menjelaskan bahwa biaya transaksi seperti tarik tunai atau pengecekan saldo di ATM bank lain atau transfer antar-bank bisa lebih murah ketimbang transaksi dengan kartu internasional berlogo Visa dan MasterCard.

Maklum, biaya jaringan (switching) yang harus dibayarkan oleh bank juga lebih murah karena semua dilakukan di dalam negeri. Namun, besaran penurunan tarif sangat tergantung pada kemampuan masing-masing bank --diperkirakan berkisar antara Rp500 hingga Rp2.000.

Kedua, ongkos murah transaksi juga bisa dirasakan oleh pelaku dagang karena ada kebijakan baru berupa penurunan tarif Merchant Discount Rate (MDR).

MDR adalah komisi yang dikutip bank dari pedagang atau pelaku sektor jasa yang menggunakan mesin transaksi electronic data capture (EDC). Awalnya pelaku usaha dikenai MDR sebesar 2,5-3 persen, tapi kini menyusut hingga maksimal satu persen saja.

Lalu, GPN juga memudahkan transaksi. Sebab kartu berlogo GPN dapat digunakan di mesin ATM dan EDC apapun yang memiliki logo sama.

Ketiga adalah soal keamanan. Data para nasabah terjamin lebih aman dan terjaga. Sebab semua data transaksi tidak lagi tercatat di luar negeri, tetapi diproses di dalam negeri.

Prinsipnya sama seperti dengan kartu internasional yang misalnya memiliki logo Visa atau MasterCard. Perbedaannya, kartu berlogo GPN hanya untuk transaksi di dalam negeri.

Sayangnya, saat ini belum semua bank diwajibkan untuk menerbitkan kartu dengan GPN. Padahal kehadiran kartu debit berlogo GPN diharapkan ikut menciptakan ekosistem sistem pembayaran nasional yang saling terkoneksi secara domestik, meningkatkan inklusi masyarakat, dan menciptakan transaksi nontunai secara nasional.
Bank Mandiri terbitkan kartu berlogo gerbang pembayaran nasional


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...yaran-nasional

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Bank Mandiri terbitkan kartu berlogo gerbang pembayaran nasional Kisah Parinah, 18 tahun tanpa gaji dan komunikasi

- Bank Mandiri terbitkan kartu berlogo gerbang pembayaran nasional Gap harga tinggi buat Premium jadi barang langka

- Bank Mandiri terbitkan kartu berlogo gerbang pembayaran nasional Rezeki dari #2019GantiPresiden

×