alexa-tracking

Aris Budiman Dinilai Melanggar Kode Etik Lembaga

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acd9e4c162ec21d548b456e/aris-budiman-dinilai-melanggar-kode-etik-lembaga
Aris Budiman Dinilai Melanggar Kode Etik Lembaga
image-url-apps
Aris Budiman Dinilai Melanggar Kode Etik Lembaga

Jakarta: Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) M Jasin menilai sikap Direktur Penyidikan KPK Brigjen Aris Budiman terkait surat elektronik 'kuda troya' yang diumbar ke publik melanggar kode etik lembaga.


Menurut Jasin, penyidik KPK boleh saja mengatakan apa pun ke publik namun hanya atas dasar penugasan. Sesuai dengan Pasal 20 UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Korupsi, KPK memang bertanggung jawan pada publik namun harus mengikuti aturan.


'Kalau tidak pakai mekanisme, setiap orang yang menyampaikan sesuatu tidak atas penugasan pimpinan yakni melalui juru bicara itu sudah melanggar kode etik,' kata Jasin, dalam Prime Talk, Selasa, 10 April 2018.


Semestinya, kata Jasin, persoalan internal lembaga tidak keluar ke publik apalagi diutarakan oleh seseorang sekelas manajer. Jasin mengatakan KPK punya pimpinan, segala masukan atau kritik seharusnya terlebih dulu disampaikan ke mereka. 


'Kan bisa dikomunikasikan di internal. Semua kegiatan ada standar operasional prosedurnya (SOP) jadi tidak harus disebar keluar begitu,' katanya.


Sementara itu, anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan mengatakan pernyataan Aris adalah hal serius yang harus mendapatkan perhatian.


Keterangan Aris membuktikan bahwa temuan Pansus Angket KPK tentang adanya ketidakharmonisan di tubuh lembaga penegakan hukum itu benar.


'Ini harus kita kaji, cermati, dan sikapi secara serius. Apalagi isunya menyangkut disharmoni antara internal KPK,' kata Arteri.


Menurut Arteria masalah disharmoni internal KPK tak lagi main-main. Apalagi bahasa yang digunakan Aris sudah tidak lagi mencerminkan kekeluargaan.


'Bahasanya zaman emporium Romawi, ada kuda troya dan sebagainya. Pertanyaannya kuda troya ini siapa? KPK institusi, KPK pimpinan, atau KPK yang ternyata oknum,' ungkapnya.


Arteria meminta Aris menggunakan kanal yang tepat jika hendak mengungkapkan suatu hal yang serius, taruhlah dengan DPR. Ia ingin agar Aris menginformasikan pernyataan tersebut secara lebih mendalam ke DPR.


'DPR tidak bicara etika, silakan itu internal KPK sendiri. Ini bicara substansi, kita bicara muruah KPK sebagai lembaga penegak hukum. Nanti kan outputnya keadilan dan kepastian hukum. Makanya akan kita kaji kembali, 12 April KPK akan kami (DPR) panggil lagi,' jelas dia.



Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/gN...e-etik-lembaga

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Aris Budiman Dinilai Melanggar Kode Etik Lembaga 'Teriakan' Aris Budiman Disambut KPK

- Aris Budiman Dinilai Melanggar Kode Etik Lembaga KPK Mengakui tak Mengantongi BAP Johannes Marliem

- Aris Budiman Dinilai Melanggar Kode Etik Lembaga KPK Wanti-wanti 428 Calon Kepala Daerah