alexa-tracking

210 Lansia Terlantar Dibina di Panti Asuhan Tresna Werdha Budi Mulia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acd9d321a997517678b4569/210-lansia-terlantar-dibina-di-panti-asuhan-tresna-werdha-budi-mulia
210 Lansia Terlantar Dibina di Panti Asuhan Tresna Werdha Budi Mulia
210 Lansia Terlantar Dibina di Panti Asuhan Tresna Werdha Budi Mulia
Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Anggie Lianda


WARTA KOTA, CIPAYUNG
- Panti Asuhan Tresna Werdha Budi Mulia 1 yang terletak di Jalan Bina Marga Rt.7/6, Cipayung Jakarta Timur ini sudah berdiri sejak tahun 1968.

Panti ini merupakan milik Pemerintah Daerah (Pemda) DKI yang dihibahkan dari Kementrian Sosial.

Satuan Pelayanan, Sudarsono mengatakan bahwa terakhir kali bangunan ini direnovasi pada tahun 2011, alasannya untuk memberikan pelayanan lebih maksimal agar para lansia nyaman dan betah tinggal di tempat ini.

Spoiler for spoiler:
Penghuni Panti juga ada wanita lansia. (Warta Kota/Anggie Lianda Putri)

Panti Asuhan ini memang di khususkan untuk orang yang Lanjut Usia (Lansia). Saat ini ada 210 orang terdiri dari 120 nenek dan 90 kakek yang memiliki umur 60 hingga 101 tahun.

99 persen mereka adalah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang terjaring razia satpol PP di jalanan.

Setelah terjaring satpol PP, mereka ditempatkan di PSBI untuk didata. Jika masih mempunyai keluarga dikampung akan dipulangkan sedangkan para lansia yang tidak memiliki keluarga akan diantar ketempat ini.

Namun tidak menutup kemungkinan bagi yang masih memiliki keluarga tetapi kondisi ekonominya tidak baik dan keluarganya benar-benar tidak mampu, panti ini siap untuk menampung.

"Jadi background kakek nenek yang ada disini semua adalah orang terlantar dan orang tidak mampu. Daripada melanggar perda nomer 8 tahun 2007 tentang ketertiban umum, lebih baik kita beri tempat disini," ujar Sudarsono saat ditemui di lokasi, Jumat (5/1/2018).

Sudarno juga mengatkan bahwa mengurus lansia tidak mudah, salah satu kendalanya yaitu sifat kakek nenek yang sulit dipahami karena kembali seperti anak-anak dan sangat sensitif.

Spoiler for spoiler:
Lansia sedang menikmati santap siang. (Warta Kota/Anggie Lianda Putri)

"Jadi sensitifnya itu gampang marah dan ingin diperlakukan istimewa," sambung Sudarsono.

Karena sebagian besar berasal dari jalanan, ada beberapa yang mengalami penyakit kulit dan gangguan jiwa.


"Mereka kan jarang mandi, makan juga seketemunya, tidur juga nunggu emperan sepi, maka nya banyak yang menderita penyakit kulit dan gangguan jiwa akibat stres dijalan," ucap Sudarsono.

Wartawan Warta Kota pun diajak untuk melihat kondisi para lansia di Panti Asuhan ini.

Menyusuri setiap lorong, terlihat beberapa kakek yang duduk temenung dengan tatapan kosong.

Entah apa yang sedang dibayangkan, bahkan saat ditegurpun mereka tidak menghiraukan.


Spoiler for spoiler:
Produk hasil kerajinan tangan penghuni Panti Asuhan Tresna Werdha Budi Mulia. (Warta Kota/Anggie Lianda Putri)

Dyah prastiwi selaku perawat menjelaskan terdapat kamar dengan kategori yang berbeda. Ada enam kategori yang bisa ditempati oleh nenek dan kakek disini.

Pertama Wisma bogenvile ditempati oleh 13 orang nenek dan kakek yang mandiri dalam arti bisa melakukan semua tanpa dibantu.

Begitu juga dengan Wisma Catelia khusus untuk nenek mandiri dan Wisma Edelweis untuk kakek mandiri.

Sedangkan Wisma Dahlia dikhususkan untuk nenek yang memerlukan pendampingan (total care) dalam arti semua dibantu oleh petugas.

Mulai dari makan, mandi, mencuci pakaian semuanya didampingi oleh petugas. Sedangkan untuk kakek ditempatkan di Wisma Flamboyan.

Nah untuk Wisma Cempaka dikhususkan untuk kakek nenek parsial atau semi total care yang sebagian kegiatannya dapat dilakukan sendiri namun ada beberapa yang perlu dibantu petugas.

Spoiler for spoiler:
Gedung Panti Asuhan Tresna Werdha Budi Mulia yang terletak di Jalan Bina Marga Rt.7/6, Cipayung Jakarta Timur. (Warta Kota/Anggie Lianda Putri)

Di tempat ini juga disediakan satu ruang klinik untuk penanganan awal jika ada yang sakit.

Jika kurang maksimal, mereka dilarikan ke Rumah Sakit yang sudah bekerjasama seperti Rs.Budhi Asih dan Rs.Pasar Rebo.


Sedangkan untuk yang mengalami gangguan jiwa, Panti Asuhan khusus bekerja sama dengan Rs.Duren Sawit dan dibawa berobat rutin sebulan sekali agar diberi obat penenang.

Lorong dan halaman sangat bersih dan rapih, tidak ada sampah satupun yang tergeletak baik di aspal maupun di lantai karena Pemda sudah menyiapkan tujuh orang perawat dan 44 orang pramusosial.

Terdapat beberapa kegiatan yang dapat diikuti oleh kakek dan nenek disini, seperti senam dipagi hari dan menjalankan kegiatan rohani.

"Seminggu sekali juga ada panggung gembira untuk hiburan kakek nenek, mereka bisa nyanyi dan joget bareng-bareng," ujar Sudarsono.

Namun sayangnya sampai saat ini belum ada anggaran dari pemerintah untuk mengajak para lansia ini rekreasi.

"Rekreasi sih jarang, terakhir setahun yang lalu diajak donatur ke pantai Anyer. Semua pada ikut kecuali yang udah enggak bisa bangun, kita tidak izinkan ikut," sambungnya.

Nah untuk menghilangkan penat, para kakek nenek dibebaskan untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti bertani dikebun belakang serta beternak ikan nila dan gurame yang hasilnya akan dikonsumsi sendiri.

Sedangkan nenek-nenek akan diajarkan menjahit dan membuat kerajinan sperti keset, lap meja, taplak meja, kotak tisue, bros dan pernak pernik lainnya.

Hasil kerajinan tersebut akan dijual kepada tamu yang datang, namun belum bisa dipasarkan keluar karena jumlahnya yang masih minim.

Nah jika memang ada keluarga yang mencari dan ingin membawa pulang sangat diperbolehkan, cukup menyertakan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

"Kalau KTP dan KKnya oke, justru itu lebih baik. Alhamdulillah boleh dipersilahkan pulang bersama keluarga," ujar Sudarsono. (M16)


http://wartakota.tribunnews.com/2018...mulia?page=all

BONUS:
Spoiler for spoiler:



mungkin hari tua, disaat ane udah lemah,mulai pikun, ntar juga bakal tinggal di sini emoticon-Angkat Beer
image-url-apps
wihh ada yg 101 tahunemoticon-Matabelo
image-url-apps
semoga lingkungan disana tentram2 aja ya kek, nek emoticon-Angel
KASKUS Ads
image-url-apps
semoga para senior netizen kita ini selalu diberi kesehatan dan dijauhkan dari mara bahaya

210 Lansia Terlantar Dibina di Panti Asuhan Tresna Werdha Budi Mulia
image-url-apps
ya biar ada keterampilan