alexa-tracking

KPK Periksa Mertua Dian Sastro

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acd98aad44f9f41308b456d/kpk-periksa-mertua-dian-sastro
KPK Periksa Mertua Dian Sastro
KPK Periksa Mertua Dian Sastro

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mengagendakan pemeriksaan terhadap mertua aktris Dian Sastrowardoyo, Adiguna Sutowo. Dia akan diperiksa sebagai saksi untuk kasus dugaan korupsi pengadaan pesawat dan mesin pesawat dari Airbus SAS dan Rolls-Royce PLC pada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.


'Dia akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka ESA (Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar),' kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu, 11 April 2018.



Selain putra bungsu dari Direktur Utama Pertamina era Orde Baru Ibnu Sutowo itu, penyidik juga memanggil ‎Direktur Teknik PT Citilink M Aruan; Presiden Commissioner PT Samuel Sekuritas Indonesia Suharta Herman Budiman; mantan EVP Engineering, Maintenance and Information System PT Garuda Indonesia Sunarko Kuntjoro; serta mantan VP Network PT Garuda Indonesia Risnandi.


'Mereka juga selaku saksi untuk penyidikan tersangka ESA,' pungkas Febri.


Adiguna sempat mangkir dari panggilan penyidik pada Selasa, 20 Maret 2018. Dia tak memberikan keterangan apa pun terkait ketidakhadirannya. 


(Baca juga: Suami Dian Sastro Ogah Mengomentari Pemeriksaannya)


Kemarin, penyidik memeriksa anaknya, Maulana Indraguna Sutowo, selaku Direktur Utama PT Mugi Rekso Abadi. Suami dari Dian Sastro itu juga diperiksa sebagai saksi untuk Emirsyah Satar.


KPK menetapkan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar dan pendiri PT Mugi Rekso Abadi sekaligus Beneficial Owner Connaught International Pte Ltd Soetikno Soedarjo (SS) sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan pesawat dan mesin pesawat dari Airbus SAS dan Rolls-Royce P.L.C pada PT GarudaIndonesia (Persero) Tbk.


Dalam kasus ini, Emirsyah Satar diduga menerima suap dari Rolls-Royce, perusahaan mesin asal Inggris, berupa uang dan aset yang diberikan melalui Soetikno Soedarjo. Suap diberikan Rolls-Royce terkait pengadaan pesawat dan 50 mesin pesawat Airbus A330-300 untuk PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk pada periode 2004-2015.


Diduga, suap yang diterima Emirsyah Satar mencapai €1,2 juta dan US$180 ribu atau setara Rp20 miliar. Tak hanya uang, Emirsyah Satar juga diduga menerima suap berupa barang senilai USD2 juta yang tersebar di Indonesia dan Singapura.


Emirsyah Satar dan Soetikno Soedarjo ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK sejak 16 Januari 2017 silam. Namun, hingga kini keduanya belum ditahan.


(Baca juga: Adiguna Sutowo Mangkir dari Panggilan KPK)



Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/zN...ua-dian-sastro

---

Kumpulan Berita Terkait :

- KPK Periksa Mertua Dian Sastro Mantan Istri Bos PT MRA Dicecar 10 Pertanyaan oleh Penyidik

- KPK Periksa Mertua Dian Sastro KPK Periksa Eks Pilot PT Garuda Indonesia

- KPK Periksa Mertua Dian Sastro KPK Dalami Peran Soetikno di PT MRA