alexa-tracking

Kasus Penyalahgunaan Data Pribadi, Kominfo SP 2 Facebook

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acd8df21854f7587e8b4568/kasus-penyalahgunaan-data-pribadi-kominfo-sp-2-facebook
Kasus Penyalahgunaan Data Pribadi, Kominfo SP 2 Facebook
Kasus Penyalahgunaan Data Pribadi, Kominfo SP 2 Facebook

Jakarta, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mengirimkan Surat Peringatan Tertulis Kedua (SP 2) kepada Facebook atas Penyalahgunaan Data Pribadi Pengguna oleh pihak ketiga pada Selasa (10/04).


1. Tuntut Facebook berikan penjelasan
Kasus Penyalahgunaan Data Pribadi, Kominfo SP 2 Facebook
Antara Foto/Dhemas Reviyanto



Pemberian SP II kepada Facebook sebagai peringatan kepada media sosial buatan Mark Zuckerberg itu untuk memberikan konfirmasi dan penjelasan mengenai penyalahgunaan data pribadi pengguna oleh aplikasi pihak ketiga yang menggunakan platform Facebook.

SP 2 ditandatangani Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan. 

Baca juga: Zuckerberg Akui Facebook Simpan Seluruh Data Pengguna


2. Minta Facebook berikan jaminan perlindungan data pribadi
Kasus Penyalahgunaan Data Pribadi, Kominfo SP 2 Facebook
IDN Times/Sukma Shakti



SP 2 itu juga memuat permintaan kepada Facebook jaminan perlindungan data pribadi sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik.



Facebook sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) memiliki kewajiban memenuhi standar yang dimuat dalam  Peraturan Menteri Kominfo Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi.


3. Minta hasil audit Facebook
Kasus Penyalahgunaan Data Pribadi, Kominfo SP 2 Facebook
survivorpediatrics.wordpress.com



Berkaitan dengan aplikasi atau fitur yang dikembangkan oleh pihak ketiga, Kominfo meminta Facebook untuk segera memberikan hasil audit atas aplikasi dan fitur yang dikembangkan mitra Facebook.

Laporan tertulis hasil audit dibutuhkan untuk menakar dan mengukur potensi permasalahan yang timbul akibat aplikasi dan fitur yang dikembangkan mitra Facebook, termasuk bagaimana penggunaan data pribadi yang diambil oleh mitra Facebook.


4. Awas potensi bahaya dari personality test
Kasus Penyalahgunaan Data Pribadi, Kominfo SP 2 Facebook
southbendtribune.com



Kominfo menemukan informasi tambahan perusahaan yang modusnya diduga mirip Cambridge Analytica seperti CubeYou dan AgregateIQ. Aplikasi dalam bentuk kuis dan personality test itu berpotensi digunakan untuk penyalahgunaan data pribadi pengguna Facebook.

Kominfo mendesak Facebook menutup aplikasi atau fitur kuis personality test yang berkaitan dengan potensi penyalahgunaan data pribadi pengguna Facebook Indonesia.

Pada 5 April 2018 lalu, Kominfo telah memberikan SP I yang isinya meminta agar menjamin perlindungan data pribadi terkait aplikasi personality test tersebut. Pemerintah lalu menerima surat jawaban. Namun Kominfo menilai penjelasan dari pihak Facebook masih kurang memadai dan belum meyertakan data yang diminta oleh Pemerintah Indonesia.

Baca juga: 10 Orang Main Kuis Facebook, Data 63.714 Pengguna Bocor

 

 



Sumber : https://news.idntimes.com/indonesia/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Kasus Penyalahgunaan Data Pribadi, Kominfo SP 2 Facebook Luncurkan Kredit Pendidikan, Mahasiswa Dibebani Bunga 6,5 Persen

- Kasus Penyalahgunaan Data Pribadi, Kominfo SP 2 Facebook Jalan Berbayar Bakal Diterapkan di Margonda? Ini Tanggapan Wali Kota Depok

- Kasus Penyalahgunaan Data Pribadi, Kominfo SP 2 Facebook DPR Anggarkan Rp 7,7 triliun untuk 2019, Ini Rinciannya