alexa-tracking

Poco-Poco Semakin Dekatkan Indonesia dan Afrika

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acd780598e31b6c0f8b4575/poco-poco-semakin-dekatkan-indonesia-dan-afrika
Poco-Poco Semakin Dekatkan Indonesia dan Afrika
Poco-Poco Semakin Dekatkan Indonesia dan Afrika

Indonesia-Africa Forum 2018 hari pertama berakhir sudah. Sejumlah perjanjian bisnis dan kesepakatan penguatan hubungan berhasil disepakati.

Selasa (10/4), menjadi hari yang melelahkan baik bagi pejabat dan pebisnis Indonesia dan ratusan delegasi dari puluhan negara Afrika.

Jika seharian penuh diisi oleh rapat, diskusi panel maupun kegiatan serius lainnya, pastinya kejenuhan akan datang. Apa lagi IAF rencananya berlangsung dua hari.

Namun, di penghujung Selasa lalu, acara makan malam IAF yang diberi nama Indonesia-Africa Forum Cultural Night, ada kegiatan berbeda dan sangat jauh dari kesan formal.

Para peserta dari Indonesia dan Afrika diajak menari bersama. Tetabuhan musik lokal Afrika yang dicampurkan dengan musik tradisional Indonesia yang dibawakan dengan ciamik oleh Frangky Raden and Supakalulu Band menjadi pemicu.

Sejumlah peserta IAF yang tadinya ada di meja makan untuk mencicipi menu khas Bali pun satu per satu mulai berdiri.

Mereka menari-nari di depan panggung. Awalnya hanya sedikit, namun, lama-lama lantai dansa semakin ramai.

Para perserta IAF berdansa dan menari mengikut irama yang dimainkan. Tarian tersebut mengundang decak kagum, suasana Pecatu hall di BNDCC semakin meriah.

Usai satu lagu dimainkan, sebelum semua peserta beristirahat, ternyata ada dua orang lagi naik panggung. Mereka menginstruksikan agar para peserta tidak pergi meninggalkan tempat ini terlebih dulu.

Dua orang tersebut mengajak seluruh peserta IAF untuk menari poco-poco sembari mengikuti intsruksi yang mereka lakukan.

Sontak seluruh ruangan semakin riuh, sejumlah Menteri, termasuk Menlu Retno Marsudi tanpa ragu langsung menuju depan panggung untuk ikut menari.

Gerakan sederhana poco-poco dilahap habis oleh hampir seluruh peserta yang ikut menari. Bukan cuma di depan panggung, peserta yang berada di hampir setiap sudut ruangan juga berdansa.

Menlu Retno tak bisa menutupi kegembiraannya dapat ikut menari poco-poco dengan ratusan peserta IAF. Menurutnya, malam budaya di IAF merupakan bentuk betapa dekatnya Indonesia dan Afrika.

"(Malam budaya IAF) merupakan perayaan kedekatan Indonesia-Afrika serta kesamaan budaya yang ada," ujar Retno dalam instagramnya. 



Sumber : https://kumparan.com/@kumparannews/p...sia-dan-afrika

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Poco-Poco Semakin Dekatkan Indonesia dan Afrika Poco-Poco Semakin Dekatkan Indonesia dan Afrika

- Poco-Poco Semakin Dekatkan Indonesia dan Afrika RI Berhati-hati Lakukan Perdagangan dengan Somalia

- Poco-Poco Semakin Dekatkan Indonesia dan Afrika Madagaskar Siapkan Lahan Sawit untuk Digarap Indonesia

×