alexa-tracking

Begini Cara Tepat Membuat Poached Egg yang Lembut Meleleh

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acd6a0f9a095198188b456d/begini-cara-tepat-membuat-poached-egg-yang-lembut-meleleh
Begini Cara Tepat Membuat Poached Egg yang Lembut Meleleh
Begini Cara Tepat Membuat Poached Egg yang Lembut Meleleh

Di antara olahan telur yang ada, poached egg mungkin menjadi salah satu olahan telur yang banyak disukai masyarakat. Poached egg sendiri sebenarnya adalah telur yang ‘diceplok’ di atas air mendidih. 

Meski terlihat sederhana, masih banyak orang yang kerepotan saat membuat poached egg. Hasil jadi yang lembek dan rapuh, kuning telur yang terlalu matang, hingga kuning telur yang hancur saat direbus menjadi beberapa kendala saat membuat poached egg. 

Padahal, ada beberapa trik sederhana yang dapat dilakukan agar hasil akhir poached egg buatan kamu menjadi sempurna. Berikut kumparan (kumparan.com) ulas lima tips sederhana yang dapat dilakukan untuk membuat poached egg yang lembut:

1. Gunakan telur segar

Salah satu kunci agar hasil jadi poached egg sempurna adalah menggunakan telur yang masih segar. Telur segar memiliki putih telur yang lebih kental dibanding telur yang telah disimpan di dalam kulkas sehingga kuning telur tak mudah pecah saat direbus. 

Selain itu, kekentalan putih telur akan menghasilkan tekstur poached egg yang sempurna. Untuk memeriksa kesegaran telur, kamu dapat merendam telur ke dalam air. Telur yang segar akan tetap tenggelam di dalam dasar air. 

2. Pecahkan telur di dalam mangkuk

Untuk hasil poached egg yang cantik, sebaiknya pecahkan telur di dalam mangkuk terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam air rebusan. Hal ini akan mencegah telur pecah atau rusak saat direbus. Dengan memecahkan telur ke dalam mangkuk, kamu juga dapat memeriksa kerusakan dan kesegaran telur yang akan diolah menjadi poached egg

3. Perhatikan waktu perebusan

Poached yang baik memiliki tekstur putih telur yang kokoh atau tidak lembek dan tekstur kuning telurnya masih kental dan meleleh saat disantap. Untuk mencapai hasil poached egg yang sempurna, sebaiknya rebus telur selama 4 hingga 5 menit saja. Selain itu, pastikan bahwa air rebusan yang digunakan untuk merebus telur benar-benar mendidih. 

4. Tuangkan sedikit cuka

Beberapa tetes cuka akan membuat tekstur poached egg lebih kokoh dan tidak mudah hancur saat diangkat. Ketika air rebusan mulai mendidih, kamu dapat menuangkan satu hingga dua tetes cuka ke dalam air. Selain menggunakan cuka dapur biasa, kamu juga dapat menggunakan beberapa tetes cuka apel atau air lemon. 

5. Aduk air sesaat sebelum memasukkan telur

Salah satu trik yang sering digunakan oleh para chef saat membuat poached egg adalah mengaduk air rebusan sesaat sebelum memasukkan telur. Pusaran kecil yang dihasilkan dari proses mengaduk air akan membuat cairan telur berkumpul di tengah pusaran dan membuat bentuk poached egg lebih bulat sempurna. Metode ini juga akan membuat tekstur telur lebih kokoh dan tidak mudah hancur. 



Sumber : https://kumparan.com/@kumparanfood/b...lembut-meleleh

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Begini Cara Tepat Membuat Poached Egg yang Lembut Meleleh Begini Cara Tepat Membuat Poached Egg yang Lembut Meleleh

- Begini Cara Tepat Membuat Poached Egg yang Lembut Meleleh Infografik: Perbedaan Kandungan Gizi Telur Ayam dan Telur Bebek

- Begini Cara Tepat Membuat Poached Egg yang Lembut Meleleh Selain Dikonsumsi, Ini 7 Kegunaan Lain Telur yang Jarang Diketahui