alexa-tracking

Dua Pabrik Buang Ketahuan Limbah Tanpa IPAL ke Sungai Citarum

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acd5ec5162ec203128b4568/dua-pabrik-buang-ketahuan-limbah-tanpa-ipal-ke-sungai-citarum
Dua Pabrik Buang Ketahuan Limbah Tanpa IPAL ke Sungai Citarum
Dua Pabrik Buang Ketahuan Limbah Tanpa IPAL ke Sungai Citarum

Jurus baru untuk pembersihan Citarum sepertinya masih menemui jalan sulit, terutama untuk penertiban pabrik-pabrik di sempadan sungai. Meski sudah diperingatkan sejumlah pabrik masih membuang limbahnya langsung ke sungai tanpa melaui Instalasi pengolahan air limbah (IPAL).

Seperti dilaporkan Dansektor 21 Citarum Harum, Selasa (10/4) dua outfall pabrik tertangkap membuang limbah cair berbusa dan berwarna pekat ke anak Sungai Cimahi di Kecamatan Margaasih.

Pabrik tersebut yakni pabrik tekstil PT. Heksatex milik Amiyanto. Heksatex membuang limbah cairnya dengan kondisi hangat, berwarna kecokelatan, berbau, dan berbusa. 

Satu pabrik lainnya adalah pabrik tekstil Jarditex milik Jeri. Jarditex membuang limbah cairnya ke sungai dengan kondisi berbusa dan berwarna cokelat kehitaman.

Untuk mengatasi pabrik-pabrik yang tidak memiliki IPAL Pelaksana Tugas (plt) Dirjen Pengembangan Wilayah Industri (PPI) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan, pernah mengatakan Selasa (3/4) pemerintah akan membangun IPAL komunal. 

Ia mengatakan proyek itu akan disiapkan bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.



Sumber : https://kumparan.com/@kumparannews/d...sungai-citarum

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Dua Pabrik Buang Ketahuan Limbah Tanpa IPAL ke Sungai Citarum Dua Pabrik Buang Ketahuan Limbah Tanpa IPAL ke Sungai Citarum

- Dua Pabrik Buang Ketahuan Limbah Tanpa IPAL ke Sungai Citarum Luhut Bertekad Bersihkan Sungai Citarum dalam 7 Tahun

- Dua Pabrik Buang Ketahuan Limbah Tanpa IPAL ke Sungai Citarum Industri di Citarum Didorong Bangun IPAL Bersama