alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Peta Indonesia "Terbelah" di Jaket Jokowi, Begini Cerita Selengkapnya...
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acd4001c1cb179e088b456f/peta-indonesia-quotterbelahquot-di-jaket-jokowi-begini-cerita-selengkapnya

Peta Indonesia "Terbelah" di Jaket Jokowi, Begini Cerita Selengkapnya...

Peta Indonesia "Terbelah" di Jaket Jokowi, Begini Cerita Selengkapnya...

Peta Indonesia "Terbelah" di Jaket Jokowi, Begini Cerita Selengkapnya... 
10/04/2018, 14:39 WIB

Peta Indonesia "Terbelah" di Jaket Jokowi, Begini Cerita Selengkapnya...
Lukisan di bagian dada jaket denim Jokowi. (foto: Instagram @hardthirteen)

JAKARTA, KOMPAS.com — Jaket denim yang dikenakan Presiden Joko Widodo saat touring dengan chopper di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4/2018), rupanya berasal dari jaket biasa yang dijual di mal. Founder Never Too Lavish Muhammad Haudy mengatakan, ketika Presiden memesan sebuah jaket kepadanya, beberapa hari kemudian ia membeli jaket denim di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta. 

"Kami beli jaket denim yang sudah jadi. Harganya enggak mahal, ya, cuma Rp 300.000," ujar Haudy saat berbincang dengan Kompas.com, Selasa (10/4/2018). Ia menolak menyebutkan merek jaket tersebut. 

Baca juga: Jokowi Mengaku Sering "Ngebut" Bawa Chopperland di Area Istana

 Haudy beserta empat seniman, salah satunya Bernhard Suryaningrat, kemudian mulai menggambar jaket tersebut sesuai dengan keinginan Jokowi. Jokowi tidak memberikan desain kepada Haudy dan kawan-kawan. Saat memesannya, ia hanya berpesan agar desainnya menggambarkan Indonesia yang sangat beragam budayanya. 

Bahan-bahan yang digunakan untuk menggambar jaket terdiri dari cat yang biasanya juga digunakan untuk menggambar mode lainnya. "Biasanya kami ngerjain gambar jaket itu empat pekan. Tetapi, ini demi Pak Jokowi, ya, kami lemburin semua jadi 10 hari saja. Tahapan-tahapannya ada enam, mulai dari gambar warna dasar, menggambar polanya sampai finishing, dihaluskan," ujarnya. 

Makna filosofis Haudy kemudian merancang sebuah desain jaket sesuai dengan keinginan Jokowi. Tanpa banyak revisi, Jokowi menyetujui desain itu dan Haudy beserta senimannya pun mulai mengerjakannya. 

"Pada bagian depan, kami menggambar peta Indonesia menggunakan nuansa merah-putih. Maknanya Indonesia adalah negara besar yang memiliki lebih dari 17.000 pulau," ujar Haudy. 

Peta Indonesia "Terbelah" di Jaket Jokowi, Begini Cerita Selengkapnya...
Tampilan bagian punggung jaket denim Jokowi. (foto:Instagram@hardthirteen)

Saat Jajal Trans-Papua atau Kalimantan Pada bagian belakang, tersusun kata "Indonesia" melapisi warna dasar merah-putih. Setiap huruf dihias dengan beragam gambar yang menunjukkan keberagaman budaya di Indonesia. Misalnya tari saman, kain sasirangan khas Banjarmasin, wayang kulit, Candi Borobudur, dan budaya di Papua. 


"Filosofi konsep ini adalah bendera merah-putih sebagai bendera Indonesia yang bisa menyatukan belasan ribu pulau dan keberagaman budaya yang ada di Indonesia," ujar Haudy. 

Peta Indonesia "terbelah" Seusai Presiden mengenakan jaket itu saat touring dengan chopper di Sukabumi, hari Minggu kemarin, Haudy mengakui, banyak sekali komentar positif atas karya seniman lokal. 

Namun, ada saja yang berkomentar negatif terhadap desain di jaket tersebut. Salah satunya di media sosial. Salah satunya desain peta Indonesia di bagian depan jaket. Jika jaket tidak diritsleting, peta Indonesia berwarna merah putih seolah-olah terbelah. Haudy memiliki penjelasan khusus terhadap desain tersebut. 

Baca juga: "Jokowi Effect", Sudah Ada Pejabat yang Ikut Tertarik Beli Chopperland "

Jadi, seniman itu punya norma, punya prinsip-prinsipnya sendiri. Bagi mereka, bobot art kalau pada jaket itu adanya di belakang, bukan depan. Beda dengan kaus yang bobot art-nya lebih banyak di depan dibandingkan dengan belakang. Coba lihat jaket dan kaus produk seluruh dunia, kebanyakan begitu," papar Haudy. 

"Kami juga sudah coba peta Indonesia-nya di belakang dan kata Indonesia di depan, itu agak aneh ya. Lagi pula seandainya peta Indonesia ditaruh di belakang, apa ada yang jamin enggak ada yang nyinyirin juga? Enggak kan? 

Makanya kami lebih memilih yang sesuai prinsip dan norma berlaku saja," lanjut dia. 

"Kami puas banget sama hasilnya. Namanya seniman, ya, akan bangga sekali jika dia punya produk itu digunakan Presiden, apalagi kayak kami, , seniman Indonesia yang produknya dipakai Presiden sendiri," katanya.


https://nasional.kompas.com/read/2018/04/10/14390711/peta-indonesia-terbelah-di-jaket-jokowi-begini-cerita-selengkapnya






Ini nih Jaket Keren Jokowi yang Dipakai Touring Chopper
Apr 08 2018, 20:00

Peta Indonesia "Terbelah" di Jaket Jokowi, Begini Cerita Selengkapnya... Tampilan keren Jokowi saat touring naik motor chopper. (foto: Twitter @jihadnkri)

BUKAN kali ini saja pilihan pakaian Presiden Jokowi jadi sorotan. November 2016, Presiden Jokowi sempat mencuri perhatian publik lewat tampilan jaket bomber saat unjuk rasa besar.


Kini, Presiden Jokowi kembali mencuri perhatian publik lewat jaket jins Indonesia. Disebut jaket Indonesia karena jaket jins berwarna biru tersebut menampilkan peta Indonesia di bagian dada, tulisan Indonesia dengan tampilan berbagai budaya yang ada di Tanah Air di bagian punggung, serta tulisan 'Indonesia' di bagian lengan.


Jaket unik tersebut dipakai Jokowi saat melakukan blusukan ke Kabupaten Sukabumi, Minggu (8/4). 

Mengendarai motor chopper Royal Enfield Bullet 350 cc miliknya, Presiden Jokowi berkendara sejauh 30 km ditemani beberapa biker dari sejumlah klub motor.

Tak hanya kegiatan Presiden yang jadi perhatian publik, jaket kerennya pun ikutan jadi obrolan publik. Jaket yang dikenakan Jokowi merupakan buatan industri kreatif Tanah Air. Diketahui, ia memesan jaket tersebut dari workshop Never Too Lavish milik seniman grafiti Bernhard Suryaningrat. Jokwi memesan jaket itu ketika berkunjung ke acara Jakarta Sneaker Day di Senayan City, Jakarta, Maret lalu.


Peta Indonesia "Terbelah" di Jaket Jokowi, Begini Cerita Selengkapnya...
Lukisan di bagian dada jaket denim Jokowi. (foto: Instagram @hardthirteen)

Jaket denim itu dilukis khusus Abeng--panggilan akrab--untuk Presiden Jokowi. Jaket denim seharga Rp 4 juta itu digambari peta Indonesia di bagian dada. Di bagian punggung, terdapat tulisan besar 'Indonesia' yang setiap hurufnya menampilkan berbagai budaya yang ada di Tanah Air.


Peta Indonesia "Terbelah" di Jaket Jokowi, Begini Cerita Selengkapnya...
Tampilan bagian punggung jaket denim Jokowi. (foto:Instagram@hardthirteen)

Selain itu, ada juga tulisan 'Indonesia' dengan warna hitam di lengan kanan.
Seperti yang terlihat di unggahan akun Instagram Abeng, @hardthirteen, Presiden tampak keren mengenakan jaket tersebut.
Tertarik membeli?

https://merahputih.com/post/read/ini-nih-jaket-keren-jokowi-yang-dipakai-touring-chopper

-------------------------

Peta Indonesia "Terbelah" di Jaket Jokowi, Begini Cerita Selengkapnya...

Dilan ... jutkan aja pak Jokowi!
sampai track kedua ....

emoticon-Ultahemoticon-Sundulemoticon-Ultah
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Peta Indonesia "Terbelah" di Jaket Jokowi, Begini Cerita Selengkapnya...
Peta Indonesia "Terbelah" di Jaket Jokowi, Begini Cerita Selengkapnya...


yang jomblo, dilarang sirik!


emoticon-Wkwkwk
Untung presidennya muda, kurus juga.

Gak kebayang kalau presidennya tua bangka, gembrot bergelambir. emoticon-Najis

Tapi ada enaknya sih, bagian selangkangan gak panas..
Orang gak punya anu!! emoticon-Wakaka
Quote:


Bangke.. emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Peta Indonesia "Terbelah" di Jaket Jokowi, Begini Cerita Selengkapnya...
namanya juga jaket, kalo sweater ga bakal kebelah

















Peta Indonesia "Terbelah" di Jaket Jokowi, Begini Cerita Selengkapnya...


Peta Indonesia "Terbelah" di Jaket Jokowi, Begini Cerita Selengkapnya...




Diubah oleh yesknow
Quote:


Peta Indonesia "Terbelah" di Jaket Jokowi, Begini Cerita Selengkapnya...
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Kan itu jaket... Dikiranya sweater, kok ga kebelah?? Gak usah cari-cari alasan buat ngejelekin Pakde ya... Mikir logis aja...
Quote:


Sapa gan yang ga punya anu..?? emoticon-Thinking
Quote:


Mungkin yang suka main kuda emoticon-Ngakak
bentar lagi nongol versi kw nya neh emoticon-Leh Uga
Fix 2030 bubar
Quote:


Maklum. Biasanya kan cuma pakek daster putih,mana ada resletingnya emoticon-Ngakak
Sudah tahu tukang nyinyir banyak kok malah buka peluang, coba dipersempit dengan bertindak lebih hati hati dalam membuat kebijakan apalagi yg terkait dengan pakdhe. Dongo!
Udah gitu nyalahin orang yang pada manfaatkan peluang...aelah
emoticon-DP
Jaket jelek dibahas.
Bodo amat 😏
jadi pengen touring naik motor
Tetap kelihatan keterpaksaan branding.. emoticon-Leh Uga
Mang nasbung bloon ada aja yang dimasalahinemoticon-Najis
Bsk2 pak joko bikinan hoodie ajalahemoticon-I Love Indonesia
Quote:


iya wowo ngimpi jd pres terus g kelar2 y om
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di