alexa-tracking

Penipuan Umrah di Makassar Kembali Dibongkar, Nilainya Sekitar Rp 100 Miliar

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5accc86c1a9975de7b8b4567/penipuan-umrah-di-makassar-kembali-dibongkar-nilainya-sekitar-rp-100-miliar
Penipuan Umrah di Makassar Kembali Dibongkar, Nilainya Sekitar Rp 100 Miliar






Penipuan Umrah di Makassar Kembali Dibongkar, Nilainya Sekitar Rp 100 Miliar

MAKASSAR, KOMPAS.com - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Sulawesi Selatan kembali membongkar penipuan umrah senilai Rp 100 miliar yang dilakukan biro perjalanan haji dan umrah.

Dalam kasus ini, polisi menangkap suami istri berinisial MED dan MS alias T. Keduanya merupakan komisaris utama biro perjalanan haji dan umrah PT Global Inspira Indonesia yang berkantor di Jalan Tupai, Makassar.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Polisi Dicky Sondani dalam keterangan persnya, Selasa (10/4/2018), mengatakan, kedua tersangka sejak tahun 2016 memasarkan paket promo umrah di bawah harga yang ditetapkan oleh Kementerian Agama.

Namun, hingga tahun 2018, kedua tersangka tidak memberangkatkan calon jemaah yang telah melakukan pembayaran untuk menunaikan umrah ke tanah suci.

"Keduanya terus menjanji-janjikan calon jemaahnya untuk diberangkatkan. Setelah beberapa tahun dijanji-janji terus, akhirnya para korban melaporkannya ke Polda Sulsel. Kalau dihitung-hitung, kedua tersangka menggelapkan dana jemaahnya sekitar Rp 100 miliar," ujar Dicky.

Dicky mengungkapkan, sebelum ditangkap, kedua tersangka hidup berpindah-pindah dari satu daerah ke daerah lainnya. Perusahaan kedua tersangka ini pun tidak dilengkapi izin dari Kementerian Agama, tetapi dapat merekrut 6.300 orang jemaah.

"Kedua tersangka pernah ditemukan oleh para korban. Lagi-lagi, di situ kedua tersangka menipu para korban mengembalikan setoran dana umrah dalam bentuk cek kosong. Sampai saat ini, polisi baru menyita paspor jemaah umrah yang dijanjikan untuk diberangkatkan. Mengenai aset-aset kedua tersangka, belum ada yang disita dan masih ditelusuri oleh penyidik," beber Dicky.

Dicky menegaskan, kedua tersangka sudah dilakukan penahanan di Markas Polda Sulsel. Atas perbuatan ereka, kedua tersangka dijerat Pasal 378 sub Pasal 372 jo Pasal 55 ayat (1) tentang penipuan dan penggelapan.


Sumber : https://regional.kompas.com/read/2018/04/10/18194251/penipuan-umrah-di-makassar-kembali-dibongkar-nilainya-sekitar-rp-100-miliar

emoticon-Blue Guy Cendol (L) donk gan
Mana agan anti-kritik? 🤔🤔🤔

Dah gw cendolin yesss TS
hukum pancung penipu umat











Penipuan Umrah di Makassar Kembali Dibongkar, Nilainya Sekitar Rp 100 Miliar
75rb terus 50rb terus 12rb terus 6rb sudah hampir 150rb orang kena jebakan betmen..

pantes 2015 kebawah rame agen perjalanan umroh ternyata bom waktunya meledak 2015 keatas
Eh.... ada lagi
Ngoahaha
emoticon-Wakaka
Lagi......... emoticon-Cape d...
Quote:


Makasih banyak gan emoticon-Malu
udah kayak kasus ustad nyabulin santrinya ya


dan.... terjadiiiii lagiiiii emoticon-Cape d...
dan terjadi lagi......
ikhlaskan saja ya, ini cobaan dari tuhan emoticon-Ngacir
lagian masih aj pgn umroh
Penipuan Umrah di Makassar Kembali Dibongkar, Nilainya Sekitar Rp 100 Miliar
Lagi tren nih kasus umroh bermasalah
Dan terjadi lagi......kasihan para tertipu..laknat lah si penipu
Astajim emoticon-KagetsPenipuan Umrah di Makassar Kembali Dibongkar, Nilainya Sekitar Rp 100 Miliar
bener juga kata si itu, paling gampang kalo jualan dibungkus kedok agama....
Ada Lagi?


Kapan nih aksi Bela umat

emoticon-Cape d...
Quote:


Dulu tahun 2000 awal marak banget MLM skema ponzi yang berkedok investasi agribisnis (kayak Add farm, dll). Setelah kebongkar dan mulai ditindaklanjutin polisi, lalu MLM ponzi berkedok investasi agri hilang.

Ternyata metamorfosis jadi Biro travel umrah
diam" aja
selama pelaku gak ada sangkut pautnya dgn pilkada dan merupakan kaum mayoritas emoticon-Malu (S)
kalaupun demo yg ikut pasti cuman agen dan umat yg make jasanya
ngga apa-apa dikibulun asal pelakunya seagama emoticon-Ngakak (S)
4L emoticon-Leh Uga