alexa-tracking

haji penuh ambisi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5accb77b1a997509428b4569/haji-penuh-ambisi
haji penuh ambisi

Di sebuah kampung yang sejuk yang di lukis dengan lukisan alam yang indah sejauh mata memandang terlihat hamparan sawah dengan bukit bukit yang berdiri melindungi, air sungai mengalir mengeluarkan suara nyayian ketenangan .
Di kampung inilah seorang sodagar kaya yang bernama h.sodikin tinggal bersama keluarga yang di cintai..Tapi sayang seribu sayang udara sejuk dan nyanyian sungai yang meengalir tidak membuat hati h.sodikin sejuk pula tapi hatinya sangat panas.. "apakah gerangan? Apakah gerangan yang membuat h.sidikin merasa kepanasan di dalam ruangan yang sejuk?
Usul punya usul h.sodikin sangatlah iri sama kiai hasan seorang ustadz yang sangat di hormati di kampungnya,, harusnyakan h.sodikinlah yang di hormati masarakat setempat karna berkat h.sodikinlah semua masarakat di kampung tersebut bisa makan bisa menanam padi di sawahnya h.sodikin tapi kenapa malah h.sodikin tak pernah di hargai 🤔..
H.sidikinpun mulai berpikir dan bertanya tanya dalam hati🤔. "apa? yang membuat ustazd hasan sangat di hormati oleh masyarakat ? 🤔padahal ustadz hasan kan tidak punya sawah, beras ajah dia beli terkadang harus ngutang ke warung untuk mkan sehari hari jugaa Apa mungkin karna dia ustadz makanya dia di hormati?🤔 iyah iyah pasti karna ustadz😏 " ucap h.sodikin di hatinya..Lalu tak lama H.sodikinpun memanggil anaknya yang emang udah lama pesantren untuk pulang. H.sodikin lekas menelepon anaknya yang bernama tejo. , " jo pulang😠" ucap h.sodikin.
Tejopun kaget 🙄. "waduh emang ada apa yah pak😅 ?" Tanya tejo ke bapakanya . "Kamu kan peaantren udah lamaaa, sekarang saatnya kamu manfaaitin ilmu yang kamu dapat di Pesantren kamu harus bisa jadi ustadz dii kampungmu jo!!!😤", ucap bapaknya ke tejo dengan nada tinggi..
"Iyah pak do'ain ajah supaya tejo bisa jadi ustadz di kampung😇" jwab tejo di tlepon.. Dalam hati tejo yang penuh dengan keraguan tejo merenung.. "waduhh sial di suruh jadi ustadz🤔, gimana nih kerjaan gw di psantren tidur ngopi ngeroko, balik balik di suruh jadi ustadz😔, kenapa bukan di suruh kimpoi ajah kan enak baik 🤭 " ucap tejo dalam hatinya.
Lebih bagus pakai emoticon kaskus ajah gan soale emoticon iPhone nggak embedded di sini en pake spasi atuh gan emoticon-Peace
Ok gan sorry baru pertama , pemula ,
Maksih sarannya
Lucu keknya nih cerita... Lanjtin gan!!!
........

Kelanjutan Haji Penuh Ambisi

Tejopun akhirnya memutuskan untuk pulang dan mewujudkan impian ayahnyaemoticon-Imlek

Tejopun pamit sama teman temanya di pesantren..
"teman teman hari inih detik inih adalah hari terakhir kita ngopi barengemoticon-Sorry" ucap tejo di kepada teman temanya...
"Eh jo emangnya luh mau mati besokemoticon-Big Grin" ucap azis teman baik tejo.. dan teman teman tejopun semuanya ketwa mendengar omongan azis yang cuplaa ceplosemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin ..


"Tai luh ngomong kaga di jaga zis emoticon-Mad gua besok pulang makanya gua pamit ama lu pada maafin kalo gua bayak salah emoticon-Frown " ...
"Emang ada apa jo knapa ngedadak lu mau pulang dan berhenti peaantren ?" Ucap diki dia seorang yang paling dewasa dan paling bijaksana di antara teman teman tejo..
"Gw di suruh pulang dan jadi ustadz di kampung ge emoticon-Smilie" ucap tejo..

Dengan seketika serentak teman teman tejopun kaget dan ketawa emoticon-Cape d... emoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk ,..



Jo jo lu kalo ngomong kagak sikat gigi napah emoticon-Big Grin jadi marboot juga udah kebagusan luh pake pengen jadi ustadzemoticon-Wkwkwk .


Ucap ajis sambil ketawa ke tejo...

"Udah lu pada mau percaya mau enggak intinya besok gua pulang dan gk kesunih lagih emoticon-Blue Guy Smile (S) "
Ucap tejo pada temanya..

Dan akhirnya teman temanyapun meyadari bahwa kali ini tejo serius dan suasanapun jadi mengharukan semua temannya memasang wajah serius dan mendo'akan tejo yang baik baikemoticon-Jempol ..


oh iyah zis sorry banget surti pacar luh sbenarnya pernah selingkuh sama gw" ucap tejo sambil menatap azis...
Azispun tak bisa marah karna rasa sedih yang melanda atas kehilangan tejjo mengalahkan rasa kesalnya.. azispun berkata "enggak apa apa jo santai ajh emoticon-No Hope "
Ke esokan harinya tojopun di jemput pulang sama orang tuanya dengan mobil inova bapaknya yang sudah menunggu tejo di gerbang psantren ,
Bapak: jo!! Jo!!! Jo !! Cepat na"
Tejo :iyah pak bentar"
Sambil menatapa kamar yang udah 4 tahun di tempati tejo emoticon-No Hope

sura hati tejo berkata beraaat rasanya ninggalin ni kamar dan melihat teman se kamar yaitu azis yang kebetulan pagi itu azis belum bangun karna smalm gadang . Tejopun pergi pulang tampa ngebangunin azis karna tejo tau jika azis bangun suasan makin tambah haru dan alay..

Tejopun langsung naek mobil bersama ayahnya dan kakak perempuanya yg sudah menunggu di mobil .
Tak lama kemudian di dalam perjalanan h.sodikin bapaknya tejo nelpon ke m.udin, seorang tangan mananya h.sodikin.
H.sodikin: haloww dinn ?
M.udin : iyah gan?
H.sodikin: gimana tim hadroh udah siap ?

Tejopun merasa kaget campur pnasaran pas mendengar bapaknya ngomong tim hadroh di tlfon. emoticon-Bingung

M.udin: udah bos udah

H.sodikin: bagus din pakonya pas nanti saya sama tejo turun dari mobil langsung maenin tuh hadroh sambil sholawat, biaarrr rame orang sekampung dan pada melihat kedatangan al mukarom al ustadz tejo udah pulang san siap menjadi ustadz yang mengalahkan ustadz hasan emoticon-Ngakak

M.udin: siap bos pokonya di jamin rame soalnya tim hadrohnya juga paling baik sekelurahan

Tejopun di berkata di dalam hatinya "aduhh matiii gw emoticon-Cape d...

H.sodikin : jo ? Lu jangan ngelamun ajah pelanga pelongo ajah mending luh persiapin gaya luh cara jalan, awas jalannya harus kaya usstadz, tauu kagak jalan ustadz kaya gimana ?
Tejo : gimana emang pak?

H.sodikin: gaya ustadz jo masa kaga bisa lu, gini tangan lu kebelakangan kaya orang gendong tuyul trus lu liat jo kiri kanan sambil seyum seyum jangan lupa ucap salam asssalamalaikum asalamulaikum sambil sekali sekali lambai tangan emoticon-Hai


Tejo: ohh iyah pak entar tejo kaya

Dan akhirnya skitar jam 2 siang mobil yang di naiki tejo dan bapaknyapun tiba di kampung halaman .. ketika sampai di depan rumah musik hadrohpun melantunkan nada nada arab dengan solawatan "tholaal badru alaina min saniyatil wada wajaba sukru alai ma daallillhi daa" di iringi ketikan hadroh ..

H.sodikin dan tejopun turun dari mobil seraya terseyum hangat.
Tejopun berjalan sambil tangang di kebalakangin sperti gendong tuyul dan liat kiri kanan dan sesekali melbaikan tangan sperti halnya yang di suruh bapaknya ,

Sbagian masarakatpun ikut datang dan melihat karna merasa heran kenapa di rumah h.sodikin begitu ramee, masarakatpun saling bertanya ," emang ini ada apa yah ? " tak lama kemudian ada sebagian yg men jwab "itu anaknya h.sodikin baru pulang dari psantren"
"Ohh kirain h.sdikin sunat lagihemoticon-Ngakak "

Bgitulah perbincangan di antara masarakat melihat keramean di depan rumah h.sodikin
Hmm... Masih saya pantau
Mantau dulu haji penuh ambisi
Di mulai dari sinihlah persaingang h.sodikin dan ustadz hasan meledak ..


Sbelum ceritanya di lanajut Gw mau cerita sosok ustadz hasan dulu nih beliau adalah sosok alim ulama yang di hormati karna kesederhanaan dan sipat rendah hatinya beliau tidak pernah membeda bedaka manusia dari ukuran harta atopun jabatan dia berlaku ramah kepada semua orang , menghormati semua orang dari kalangan atas, menengah dan bawah dengan tampa membeda bedakan timbanganya , emoticon-Cipok


ustadz hasanlah sosok yang membuat h.sodikin kesal dan jengkel , bagi h.sodikin ustadz hasan hayalah orang yang pura pura baik untuk di hormati, emoticon-Cool
Kita lanjutkan cerita .

Setlah sehari tejo berada di rumah tejo di suruh ke mesjid sama bapaknya , "Jo entar kmu sholat magribnya di mesjid yah berjamaah skalian kenalan sama jamaah mesjid""

"Iyah pak" . Jwab tejo

" jo entar klo ada kesempatan ngobrol sama jemaah mesjid, kmu harus kasih mereka tausiyah nasehatin pake hadist hadist yang kamu pelajari di pondok psantren, biar masarakat tau kamu ituh udah pantas di sebut ustadz"

"Siap pak" , jwab tejoo dengan nada Penuh percaya diri emoticon-Jempol,



Waktupun berajalan dan terdengar lantunan adzan dari mesjid jami hanya skitar 100meter dari rumah h.sodikin , tejopun siap siap pake baju koko warna putih, peci putih dan sarung warna putih seoer layaknya para ulama berpakaian .
Tejopun berjalan keluar rumah, kbetulan h.sodikin sedang duduk santai di depan rumah dan melihat tejo, " jo jo ? ? ?" Ucap h.sodikin.

Tejopun menoleh , ;" iyah pak ?" Jwab tejo


"Pake sorban yang warna hijau di lemari bapak nak, bapak sengaja beli ituh buat kamu"

Tejo lekas masuk kembali ke rumah dan mengambil sorban hijau dan langsung di pakenya " anjirrr udah kece bener gw" ucap tejo dalam hati .emoticon-Cool


Tak lupa tejopun selfy dulu emoticon-tempted


dan langsung bergegas pergi ke masjid .
"Akhirnya tejopun tiba di depan mesjid dan langsung masuk mesjid tak ngambil wudhu dulu karna udah wudu di rumah sbelum brangkat"
" ASSALAMUALAIKUMM".. ucap tejo dengan nada tinggi .. membuat semua jamaah mesjid yang sedang duduk menunggu sholat berjamaah kagetttt sambil menjawab salam , " WA ALAIKUM SALAM "

Tejopun melambaikan tangan sambil seyum seyum. emoticon-Hai


Sholat magrib berjamaah biasanya di mulai pukul 18.15 ato jam 6 lebih sperapat tapi skrang udah jam 6 lebih 20menit utadz hasan blom datang , ternyata ustadz hasan waktu itu lagi di rumah anak pertamanya sedang me jenguk anak pertamanya uang sakit.. "Kanyanya usatdaz hasan gk bisa mimpin sholat magrib di karnakan blom pulang menjengun anaknya" ucap sholihin seorang muadzin di mesji jami.. emoticon-Sorry

" pak solihin komat komat ini klo sholat magribnya gak segera di mulai bisa kehilangan fadilah sholat di awal waktu" ucap tejo ke pada muadzin.


Sbenarnya ada pak lukman di mesjid itu yang udah biasa menggantikan ustadz hasan sbagai imam ketika ustadz hasan ada halangan gk bisa mengimami.
Tapi kala itu stalah pak sholihin komat tejo tampa di suruh langsung berdiri paling depan di tempat imam,
Semua jamaah mesjidpun kaget untuk kedua kaliya,

"Mmm rapatkan barisan jangan kasih cela karna syetan suka diam di cela yang kalian buat dari barisan ayo pak rapatakan barisanya rapatkan rapatkan" ucap tejo sambil menoleh kebelakang ke arah ma'mum jamaah mesjid,

Jamaah mesjidpun berdiri dan memulai sholat,,
"Allohu akbar" tejo memulai sholat..
Dengan nada tinggi dan sura merdu mirip imam imam di arab tejo melantunkan fatihah da syurat syurat pendek "hmmm pasti semu jamaah mesjid terkesima mendengar suara saya" ucap tejo dalam hati..
"Hmm sholat sayah harus lama inih supaya entar di bilang sama jamaah mesjid sholat saya khusyu" kembali ucap tejo dalam hati..

Sholat yang di pimpin tejo kebilang lama .

"Sueee si tejo shholatnya lama bener" ucap hati dikdik seorang anak muda yang rajin berjamaah ke mesjid.. emoticon-Marah


Sohlatpun beres trus di lanjut dengan wiridan dan do'a yang di pimpin juga oleh tejo. emoticon-Imlek


Stelah selesai tejo bergegas pulang karna ingin segera menceritakan ke pada bapaknya kalau dia menjadi imam sholat magrib di mesjid ..

Sesampainya di rumah , "assalamualikum" dengan nada lembut mungacapa salam kepada keluarganya, dan di jawab wa alaikum salam sama keluarga tejo yang sedang mengobrol santai. "Jo tadi ktemu ustadz hasan ?" Ucap bapaknya.

Wah awal pembicaraan yang bagus nih. ucap tejjo dalam hati .
" mmm tadi ustadz hasan gk ada pak blom pulang katanya menjenguk anaknya" ucap tejo pada bapaknya.

"TERUS yang imam siapa ?" Tanya h.sodikin ke tejo.

"Yah kepaksa tejo pak yang jadi imam di suruh jamaah mesjid tejo semat nolak tapi terus di paksa" ucap tejo...emoticon-Entahlah



"Sini nak sinih" h.sodikin memanggil tejo.
Dan langsung memeluk mesra sambil berkata "alhamdulilla nak tak sia sia bapak biayain kamu di pesantren, teruskan na jadi imam mesjid jadi ustadz" ucap bapaknya sambil terharu dan di iring dengan isak tangis bahagia bangga dari ibu tejo . Suasana haru kebahagiaanpun terasa. emoticon-No Hope


Sambil tiduran h.sodikin melamun sambil menghayal kelak pamor ustadz hasan akan kalah sama anak sayah. wah saya harus cepat tidur ,besokan saya mau liat sawah sambil ngobrolin anak sayah sama petani, pastiiii semunya hormat sama anak saya kan dia imam mesjid dan tentu hirmat sama sata juga kan saya bapaknya" ucap h.sodikin dalam hati sambil memejamkan matanya ..
lanjut gan
kentangnya kebangetan enih
pas beud motongnya
kocak nih ceritanya emoticon-thumbsup

lanjut update gan
Pagi haripun tiba suara burung terdengar bernyanyi angin sejuk terasa mengipasi, h.sodikin,pun bisa merasakan indahnya surga di kampunya sebab hatinya sedang berbunga bunga ..
H.sodikin: "Bu bu ??
Istrinya: iyah pak?
H.sodikin: bapak mau kesawah bu .
Istrinya: tumben pak pagi pagi udah kesawah, mau di buatin kopi dulu gk ?,
H.sodikin: enggklah bu bapak mau Ngopi di sawah ajah sambil ngobrol ngobrol ,

H.sodikin pergi ke sawah sambil seyum seyum dia ingin segara bercerita dan ngobrol ngobrol tentang tejo anaknya yang menjadi imam sholat magrib di mesjid,
"Pasti nanti di sawah semuanya bakal nanya soal kesuksesan anak saya ustadz tejo jadi imam emoticon-Big Grin " sangka dalam hati h.sodikin

Setibanya di sawah ternyata masyarakat yang sedang bertini tak ada satupun yang nanyain soal tejo anaknya h.sodikin, mereka seperti biasa bertani dan macul di sawah ,

"Kok mereka gk ada perubahan yah gak ada yang nanya juga " suara hati h.sodikin.emoticon-Confused

Pdahal h.sodikin sangat ingin di tanya.. .

" Pak haji ? " suara dari mang darso seorang petani .
"Iyah mang ?" Jwab h.sodikin sambil berkata dalam hati, nah ada juga yang nanya, pasti nanyain soal anaknya ustadz tejoemoticon-Big Grin

"Pak anak pak haji si tejo udah pulang psantren ?" Ucap m.darso

"Tejo siapa ?? " jwab h.sodikin sambil cemberut ,emoticon-Mad

M.darso: " tejo anak bapak yang pesantren di cianjur"

H.sodikin: kamu si tejo si tejo ajh , anak saya namanya ustadz tejo, sa si sa si ajah, emang kmu gak tau apa klo dia udah jadi imam sholat magrib ???? .

M.darso: ohh iyh iyah ystadz tejo maaf maaf pak haji syah tadi keceplosan

H.sodikin : iyah gkpp tapi jangan di ulangin , kamu itu harus hormat sama alim ulama sama ustadz manggil ustadz ko sa si sa si .

Mang darsopun sambil ketawa dalam hati dan kembali melanjutkan bertani...

Para petani yang mendengar m.darso di marahinpun cuek cuek ajah karna udah tau sifat h.sodikin.

Karna sudah merasa di sawah tidak asik h.sodikin kembali pulang dengan cemberut.

Istrinya: pak knapa ? Pulang dari sawah ko cemburut gituh tadi pas brangkat seyum seyum

H.sodikin; masrakat skarang itu sudah jauh dari ulama

Istrinya: jauh dari ulama gimana pak ?

H.sodikin: masa panggil ustadz ulama sa si sa si ajah , harusnyakan mikir kalau ulama ituh warisanya para nabi harus di hormati ,

Istrinya: emang siapa pak yang berani manggil ustadz hasan pake sa si sa si.

H.sodikin: bukan ustadz hasan bu tapi ustadz tejo anak kita yang di panggil si tejo sama m.darso..

Istrinya h.sodikin yang sudah tau sipat suaminyapun memilih masuk rumah dan buatin kopi untuk suaminya.
"Nih pak kopi daripada cemberut mending ngopi" ucapa sang istri ke h.sodikin...

H.sodikin: gimana caranya yah bu biar tejo bisa di panggil ustadz dan di hargain sperti ustad hasan ?
Istrinya: udah pak tar juga lama ke lamaan klo tejo baik sering ke mesjid ilmunya bermamfaat pasti masarakat dengan sendirinya manggil ustadz..

H.sodikin: nah benar bu benarrrr, sayah punya ide .

Istrinya: ide apa pak ?

H.sodikin: bapak akan datangin ustadz hasan dan meminta jadwal buat tejo jadi imam, misalnya ust.hasan jadi imam hari senin maka tejo jadi imam hari selasa dan bgitu ajah seterusnya, lama kelamaan seperti yang ibu bilang pasti tejo bakal di hormati dan di panggil ustadz.

Istrinyapun menghela nafas dan memilih kembali masuk rumah...

Tampa lama lama h.sodikin pun pergi ke rumah ustadz hasan. Sesampai nya di rumah ust.hasan, h.sodikin langsuung berbicara soal jatah imam buat anaknya tejo.

Ust.hasan: tumben pak haji pagi pagi udah silaturahmi ke rumah ?
Sambil penuh seyum dan ramag ust.hasan bertanya ..

H.sodikin: ini tad ada yang mau sayah bicarain.

Ust.hasan: kiranya ada apa yah ? Kanyanya pak haji serius nih.

H.sodikin. gini tad entekan udah lama jadi imam mesjid , apa ente gk cape gituh ato ente gk mau gituh memberi kesempatan ke pada uang lebih muda untuk jadi imam ?

Ust.hasan sudah menebak isi hati Dan mksud h.sodikin dan langsung memberikan jwaban ,

Ust.hasan: iyah bner juga apa yang di katakan pak haji inih , saya juga sudah lama pengen ada yang bisa nemenin memimpin sholat di mesjid, saya denger anak bapak udah pulang yah pesantrenya ?

Dengan sigap h.sodikin menjwab
H.sodikin:alhamdulillah udah tad udah ada tiga hari di rumah,

Ust.hasan: gimana kalau anak pak haji ajah yang nemenin saya dab gantian jadi imam di mesjid ?.

H.sodikin: ente emang pintar tad pokonya ente tepat sekali jika memilih anak sayah untuk jadi imam ,

Ust.hasan: tapi kira kiranya anak bapak bakal mau gk yah ? Soalnyakan imam mesjid itu gk ada gajihnya.

H.sodikin: tenang ajah tad entar sayah yang bujuk dia biar mau jadi imam, tar saya suruh dia sekalian silaturahmi ke ente tad, sambil membicarakan soal jadwal imam.

Ust.hasan: iyah pak haji klo anak bapak mau kesinih alhamdulillah atuh.

H.sodikin: tad klo gitu saya pulang dulu yah , masih ada urusan di rumah,

Ust.hasan: ko buru buru pak ? Ini air tehnya belum di minum

H.sodikin: oh iyah , saya minum deh teh nya.

H.sodikin lekas pulang sambil jalan cepat karna ingin segera menceritakan sama tejo tentang apa yang di obrolkanya sama ust.hasan.
Sesampainya di rumah h.sodikin langsung bercerita kepada tejo soal ust.hasan yang ingin tejo jadi imam, dan langsung menyuruh tejo bersilaturahmi ke ust.hasan.

Skitar jm 2 ba'da dhuhur tejopun pergi bersilaturahmi ke ust.hasan dengan berpakaian serba putih dan sorban hijau, sesampainya tejo di rumah ust.hasan tejo merasakan aura ketenangan kesejukan,

"Asslamualaikum" ucap tejo .
"Wa alaikum salam" jwab ust.hasan

Ketika tejo melihat ust.hasan yang berpakaian sederhana penuh seyum dan ramah tamah tejo merasakan kesejukan dan ketentraman ketika mengobrol dengan ust.hasan, tejopun jadi malu dengan pakaian serba putihnya,emoticon-Malu
sedangkan ust.hasan cuma pake sarung dan kaos oblong tampa di sadari kepala tejo terus menunduk selama ngobrol dengan ust.hasan sampai akhirnya tejo memutuskan untuk pamit .. tejopun pulang ke rumah sambil tak henti hentinya tejo merasakan ke kagumanya sama ust.hasan

Kesepakatanpun telah di dapat bahwa malam ini tejo yang pertama memimpin sholat berjamaah magrib dan isya, utd.hasanpun akan mengumumkanya di mesjid sbelum sholat magrib.

Setelah mendengar begitu h.sodikin sekeluargapun berencana sholat berjamaah di mesjid ingin meyaksikan pristiwa bersejarah bagi h.sodikin anaknya jadi ustadz sperti apa yg di inginkanya.

Waktu magrib,pun tiba semuah jamaah mesjid sudah berkumpul dan duduk menunggu sholat magrib berjamaah,
tejo,h.sodikin dan keluargapun sudah masuk mesjid.
ust.hasan yang biasanya emang suka datang terkahirpun sidah masuk mesjid , ust hasan Mengambil sepiker yang di pegang solihin seorang muadzin.

Ust hasan: "Asaalamualaikum wr wb"
"Para jamaah mesjid yang ingsyaalloh di mulyakan oleh alloh swt sebelum berjamaah sholat magrib saya mau mengumumkan sesuatu peihal imam di masjid jami inih , mulai dari sekarang ust.tejo akan menjadi imam mesjid" .

Semuah jamaah mesjid kaget mendengar ucapan ust.hasan , dan tak sedikit yang gak terima ,

" sayah gak setuju kalo si tejo jadi imam" ucap salasatu jamaah emoticon-Blue Guy Bata (L)

mesjid dan suara suara sependapatpun mulai terdengar emoticon-Blue Guy Bata (L)


H.sodikinpun berdiri : " siapa yang mengatakan gak setuju anak sayah jadi imam??? !!! Angkat tangan yang gak setuju !!!, yang gak setuju anak saya jadi imam saya tidak alkan kasih dia bertani di saeah saya !!! " ucap h.sodikin dengan nada tinggi dan penuh amarah,emoticon-Marah

Suasanapun mencekam emoticon-Mewek


Ust.hasanpun mencoba menenangkan " pak haji duduklah biar saya melanjutkan pembicaraan" ucapa ust.hasan .
Tiba tiba h.sodikin tak biasanya dia nurut dan duduk kembali, mungkin karna kalah sima sama ust.hasan.

Ust.hasan: kalau bapak bapak masih menghargai saya sebagai ustadz di kampung inih maka tolong hargilah keputusan saya, sholatlah kalian yang ikhlas karena alloh sholat berjamaah tulus karena alloh bukan karena imamnya siapa , ji kalau kalian tidak mau berjamaah karna imamnya bukan saya berarti kalian sholat berjamaah bukan karna alloh tapi karena saya , ketahuilah jikalau kalian sholat berjamaah karna saya maka kalian tidak akan mendapatkan fahala dari shoalat berjamaah yang kalian dirikan.

Setelah mendengar nasehat ust.hasan para jamaah mesjidpun menyetujui tejo jadi imam di mesjid tersebut.emoticon-Mewek


H.sodikinpun stelah mendengarkan ust.hasan berbicara dia sangat ter kagum kagum sama ust.hasan, api kebencian yang sudah lama berkobar dalam hati h.sodikinpun mati seperti tersriam air dari lautan kesejukan,

Pada akhirnya tejo dan h.sodikin menjadi jamaah mesjid yang sangat rajin aktif di mesjid beribadah di mesjid

H.sodikin Menjadi pecinta ulama dia sangat nurut dan dekat sama ust.hasan .

Sekian cerita dari haji penuh ambisi..

Makasih bagi yang udah membaca emoticon-Smilieemoticon-Smilieemoticon-Smilieemoticon-Smilie