alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Tribunnews.com /
DPR Duga Kenaikan Harga Bawang Putih Permainan Kartel
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5accb6c7162ec211648b457a/dpr-duga-kenaikan-harga-bawang-putih-permainan-kartel

DPR Duga Kenaikan Harga Bawang Putih Permainan Kartel

DPR Duga Kenaikan Harga Bawang Putih Permainan Kartel

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi menuding ada permainan kartel dibalik meroketnya harga harga bawang putih dipasaran. Sehingga harga dapat dimainkan oleh kartel yang pastinya mengejar keuntungan besar.

"Potensi permainan kartel pasti ada," kata Viva Yoga usai menerima audiensi asosiasi pedagang bawang putih di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Baca: Soal Cawapres Jokowi, Hasto: Kami Konsentrasi Pilkada Serentak Dulu

Apalagi, lanjut ia, pasar bawang putih yang bersistem pasar oligopoli, hal ini lah yang membuat celah bagi sekelompok orang untuk memainkan harga dan pasokan bawang putih di pasaran.

"Ya itu pasar oligopoli, pasar oligopoli pasar yang dikendalikan beberapa orang dalam rangka mengendalikan harga dan pasokan potensi kartelisasi itu ada," tegasnya.

Pemerintah, kata politikus PAN ini seharusnya menangani adanya praktek-praktek curang oleh pihak-pihak tertentu yang merugikan para pedangan.

"Kalau melihat sistem pasar seperti itu dan tugas dari pemerintah itu jangan sampai ada kartel itu bertentangan dengan UU," jelas dia.

Belasan pedangan yang tergabung dalam perhimpunan pedagang bawang putih mendatangi Komisi IV DPR, Selasa (10/4). Kehadiran para pedagang bawang putih untuk mengadu soal kelangkaan bawang putih sejak beberapa waktu belakangan ini.

Perwakilan pedangan bawang putih Khairul mengatakan saat ini para pedagang mengaku kesulitan mendapatkan stok bawang putih di pasaran. Kalaupun ada jumlahnya sangat sedikit dan mahal.

"Ini sangat memberatkan para pedangan," kata Khairul.

Ia juga meminta pemerintah mengendalikan penjualan bawang putih yang saat ini stok bawang putih dikendalikan oleh para importir.

"Bawang yang beredar saat ini kebanyakan adalah bawang putih impor yang berasal dari Cina, sementara bawang putih lokal yang ada tidak layak dijual," tegasnya.


Sumber : http://www.tribunnews.com/bisnis/201...rmainan-kartel

---

Baca Juga :

- BPK Diminta Lakukan Audit Kebijakan Tanam Bawang bagi Importir

- Letakkan Bawang Putih Semalaman di Telinga dan Lihat Hal Ini yang Akan Terjadi!

- Pedagang Duga Tingginya Harga Bawang Putih Karena Permainan Kartel

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di