alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Makin buruk kinerja PNS makin kecil tunjangannya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5accab7cdc06bd630e8b4571/makin-buruk-kinerja-pns-makin-kecil-tunjangannya

Makin buruk kinerja PNS makin kecil tunjangannya

Makin buruk kinerja PNS makin kecil tunjangannya
Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Tasikmalaya, Jawa Barat dites urine oleh petugas BNN Tasikmalaya, Senin (9/4/2018). PNS dengan kinerja buruk hanya akan menerima tunjangan kecil
Salah satu pengeluaran anggaran negara adalah tunjangan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Seturut dengan keinginan pemerintah mengencangkan ikat pinggang, maka dasar pemberian tunjangan kinerja PNS diubah dari penerimaan pajak menjadi berdasar kinerja mereka.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengklaim dengan tunjangan berdasar kinerja, tahun ini negara bisa berhemat.

"Jadi kami lakukan evaluasi, ternyata dengan sistem berbasis kinerja ini, kami bisa hemat anggaran Rp41,3 triliun pada tahun ini," ujar Asman di Gedung Bank Indonesia (BI), Senin (9/4/2018) seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Pemberian tunjangan ini akan berdasar Laporan Kinerja (Lakin) tiap kementerian/lembaga (K/L) ataupun Pemerintah Daerah.

Kementerian PAN-RB menggelompokkan mereka ke dalam beberapa kategori berdasarkan skor. Yakni nilai AA untuk skor lebih dari 90 hingga 100. Skor A : >80-90, BB: >70-80, B: 60-70, CC: >50-60, C: >30-50 dan D: >0-30.

Minimal PNS yang yang diberi tunjangan adalah mereka yang nilai lembaganya minimal BB. Sedangkan yang nilainya di bawah itu, tunjangannya diberikan dengan porsi kecil.

Hasil survei Kemen PANRB tahun 2016 lalu menunjukkan, hanya 2 lembaga yang mendapat predikat A. Yakni Kementerian Keuangan dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Ada 43 kementerian/lembaga mendapat predikat BB, 31 kementerian/lembaga mendapat nilai B, dan tiga kementerian/lembaga dengan predikat C.

Tiga sisanya mendapat predikat CC adalah Setjen Dewan Ketahanan Nasional, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dan Radio Republik Indonesia (RRI).

Sedangkan untuk pemerintah provinsi, tak ada yang mendapat predikat A. Hanya dua yang memperoleh predikat BB, yakni Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah. Sedangkan yang meraih B ada 11 daerah, 14 daerah mendapat CC, dan 7 yang berpredikat C.

Sedangkan pemerintah kabupaten/kota, tak ada yang meraih nilai BB. Tercatat ada 22 kabupaten/kota yang memperoleh predikat B, 22 kabupaten/kota mendapat CC, dan masih ada 15 yang nilainya C.

Tahun lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan, telah mengalokasikan sekitar Rp369,2 triliun untuk tunjangan PNS. Anggaran itu mencakup tunjangan kinerja Tunjangan Hari Raya (THR), dan pengubahan program pensiun PNS. Termasuk THR dan gaji ke-13 buat pensiunan.

Namun dengan tunjangan berbasis kinerja itu, dana yang disiapkan bisa lebih kecil. Rencana Kementerian PAN RB ini sudah dikomunikasikan kepada Sri Mulyani agar pemberian tunjangan kinerja lebih efektif.

Sebab, pemerintah pusat tak ingin jor-joran memberikan tunjangan pada PNS, tetapi hasil akhir kerja tak maksimal. Sementara APBN 2018 juga masih defisit.

"Saya dan Menteri Keuangan sekarang berkomitmen agar tidak memberikan tunjangan daerah kalau hasil lakin-nya masih CC, CC ini bagi saya masih Cukup Cekian (cukup sekian)," kata dia.

Sebelumnya, pemerintah pusat tak mendasarkan tunjangan berdasar kinerja. Namun hanya memakai satu dasar, realisasi penerimaan pajak.
Makin buruk kinerja PNS makin kecil tunjangannya


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...l-tunjangannya

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Makin buruk kinerja PNS makin kecil tunjangannya Rompi oranye Zumi Zola

- Makin buruk kinerja PNS makin kecil tunjangannya Beberapa kendala pada hari pertama UNBK

- Makin buruk kinerja PNS makin kecil tunjangannya Tangis Siti Masitha minta hak politiknya tak dicabut

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
BPN banyak tuh kerjanya lambat

emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
baguslah klo gitu lanjutken emoticon-Ngakak
kebanyakan yg mau jd PNS sih emoticon-Leh Uga


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di