alexa-tracking

Alasan Kenapa UANG RECEH Kian LANGKA?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acca345dac13e791d8b4567/alasan-kenapa-uang-receh-kian-langka
icon-hot-thread
Alasan Kenapa UANG RECEH Kian LANGKA?
Alasan Kenapa UANG RECEH Kian LANGKA?


[ HT# 310 ]
emoticon-I Love Kaskus


Mungkin bisa dibilang ini tulisan lanjutan yang membahas persoalan kenapa sekarang sepertinya semakin langka dan sulitnya memiliki uang jumlah kecil 'recehan' sebagai penukaran uang yang sah jual beli disini.

Sebagai anak bangsa yang peduli dan cinta mata uang sendiri saya tentunya mengkoleksi uang Rupiah, begitu juga dengan warung-warung atau pedagang asongan gerobak di taman depan rumah saya. Setiap sore taman dipenuhi anak-anak bermain dan seperti tanpa di perintah para pedagang asongan pikulan hingga gerobakkan berjejer rapih menanti pembeli.

Alasan Kenapa UANG RECEH Kian LANGKA?
Selintas saya amati dari kejauhan seorang ibu dan anaknya membeli balon gas tapi tidak jadi dan kemudian si anaknya pun menangis, dan seorang ibu lagi bersama anaknya menggerutu sambil berjalan menuju lapangan.

Saya tanya; "Kenapa, bu?"

"Itu si abang odong-odong bilang gak ada uang kembalian, lah anak saya minta udahan, masa disuruh tetap naik biar impas"

"Kok abangnya gak nukerin ke sesama pedagang?", tanya saya lagi

"Nggak tau tuh, cuma dibilangnya nggak ada"

Dua cuplikan cerita diatas menjadi 'salah satu' contoh kejadian di masyarakat sehari-hari. Lalu di lokasi yang sedikit lebih tinggi ketika misalnya belanja di minimarket atau supermarket pun terkadang di temukan kelangkaan uang recehan 50, 100, 1000 dan 2000an juga.


Kenapa ini bisa terjadi, apakah hanya di level sosial bawah saja
yang merasakan fenomena langkanya uang recehan?


Kalau menilik dari aturan pemerintah, sebenarnya pemerintah sudah menerapkan aturan menerbitkan uang sudah dengan rumus 'terbaiknya', yang artinya jumlah uang yang di edarkan sudah sangat cukup memenuhi kebutuham masyarakatnya bahkan kejadian inflasi di negeri sendiri sangat dihindari. Tapi kenapa seolah-olah perhitungan dan rumusan pemerintah berkesan meleset? Yup, fenomena uang recehan di masyarakat kini langka dan semakin langka.

Nah, berdasarkan opini pribadi saya menilai secara umum adalah karena pertumbuhan manusia ada yang jumlahnya tak 'terdeteksi' oleh pemerintah, dan sebaran masyarakat yang tinggal di beberapa kepulauan menjadi 'salah satu' perputaran uang receh berkesan langka.

 
Quote:


Tapi ada hal lain yang bisa di tilik lebih dalam seperti diantaranya adalah karena beberapa faktor dibawah ini:

Tumbuh pesat dan menjamurnya tempat usaha

Kok bisa? Bukankah seharusnya justeru uang mengalir cepat di poin ini. Tapi menurut analisa saya adalah ketika usaha mereka sepi maka kepemilikan uang receh mereka tidak bergerak sebagaimana semestinya. Akibatnya uang recehan tertahan. Katakan satu warung atau minimarket sedang menyimpan 100 ribuan logam uang recehan, nah kalau di kali satu propinsi berapa ratus juta uang tertahan di laci kasir?

Parkir

Sebenarnya ini mirip-mirip dengan poin diatas. Yang membedakan hanyalah jenis usaha dan model operasionalnya saja. Uang tertahan 'anteng' di laci pos pembayaran parkir atau di kantong petugas parkir. Parkiran sepi atau ramai sekalipun petugas akan menyeimpan uang receh lebih sebagai antisipasi pengembalian. Dan kita sangat tahu terkadang mereka selalu menyarankan pembayaran wajib 'dengan uang pas' maka secara tidak langsung uang receh banyak mereka terima dan tertahan disini.

Celengan

Alasan Kenapa UANG RECEH Kian LANGKA?


Membeli motor sport hasil tabungan uang receh, berapa tahun uang receh tertahan dalam tabungan?

 
Di zaman modern ini masih ada masyarakat yang menyimpan uangnya dengan cara menabung di celengan. Tidak ada yang salah sih sebenarnya, tapi perilaku masyarakat umumnya menabung dengan uang recehan, biasanya uang pecahan 50,100, 500, dan 100 Rupiah. Bisa dibayangkan, misal setiap orang menabung uang pecahan recehan dan akan dibuka setelah penuh berapa lama uang itu akan tertahan. Kalau satu orang membuka celengan setelah setahun yang jumlahnya mungkin 500.000 hingga sejuta di kali sekian ribu orang melakukan cara yang sama dan dikalikan setahun, berapa ratus juta uang pecahan recehan tertahan disini?

Rusak

Sebagai benda yang berharga karena bernilai maka setiap warganegara wajib merawat dan menjaga agar setiap uang yang di pegang dirawat baik-baik. Uang yang telah rusak entah karena faktor tertentu, atau misal di rusak dengan tujuan meleburnya kembali menjadi penyumbang semakin langkanya uang recehan tadi.

Karena faktor X

Namanya uang tentu sifatnya selalu bergerak dinamis, pindah dari tangan satu ketangan lainnya, entah akan berakhir dimana. Yang jelas beberapa hal yang jadi penyebab uang receh menjadi langka adalah mungkin karena terbakar, sobek, dimakan rayap, hilang hanyut dan lain sebagainya bisa menjadi penyebab uang receh kian langka.

Jual-beli uang

Sebenarnya tidak terlalu berpengaruh besar dampaknya. Tapi ini tetap salah satu penyumbang langka atau sulitnya uang recehan di dapat. Penjual uang recehan dengan sengaja menyimpan dan memperjual belikan dengan mengambil keuntungan atau memotong nilai uang tukarannya, padahal ini dilarang dan tidak sah dalam hukum agama. Dampaknya akan berpengaruh signifikan terutama di momen hari besar seperti lebaran.


Alasan Kenapa UANG RECEH Kian LANGKA?



Faktor lain menurut pengamatan saya ada tiga hal lain yang akibat uang recehan di masyarakat bawah sulit di dapat, yakni:

1. Terjadi persaingan harga yang tidak sehat
Misalkan toko A menjual harga sesuai dengan hukum jual-beli, mengambil untung tidak boleh lebih dari 100%,maka dia menjual Rp13.900
Toko B menjual dengan harga suka-suka, dengan barang dan modal yang sama dia menjual Rp14.000

Nah, pembeli tahunya toko A lebih murah tapi akan menjadi mahal manakala penjual tidak memiliki uang kembalian 100 perak, dan toko B sadar dan melakukan pembulatan dan pada akhirnya orang akan menilai toko B lebih murah padahal kalau pembeli tahu toko B justeru lebih mahal dan meraup untung lebih besar.

Bagiamana menurut dan pendapat kalian?
Gara-gara sulit uang receh cara jual-beli jadi ribet, kan?



2. Nggak mau repot
Karena tidak atau belum begitu memahami arti hak dan kewajiban jual beli maka dengan dasar nggak mau repot ada tipe pembeli yang dengan mudah memberikan uang kembaliannya diberikan begitu saja, padahal secara hukum namanya jual beli uang kembalian secara fisik harus diberikan dulu ke pembeli yang menjadi haknya, barulah penjual menerima uang kembalian tersebut jika pembeli mengembalikannya. Bukan dengan cara lisan, kasir bilang "Uang kembaliannya di sumbangkan saja ya, pak."  Secara hukum dagang menurut saya ini belum sah.

3. Atas dasar ikhlash
Yah ini sih kembali ke diri masing-masing saja, tidak ada yang salah. Yang salah menurut saya adalah jika pedagang curang dengan sengaja memberikan harga bandrol ganjil dan dengan sengaja pula tidak menyediakan uang recehan. Misalkan harga sebuah shampoo adalah Rp 19.950, karena uang 50 semakin langka maka biasnaya pembeli mengiklashkan saja. Tapi sadarkah wahai pembeli yang budiman, 50 rupiah adalh hak anda dan jika anda mengiklashkan maka pejual akan mengumpulkan 50 rupiah tadi selama setahun di kali ribuan pembeli yang melepas begitu saja uang 50 rupiah tadi, ebrapa puluh juta penjual meraup atau mencuri halus uang anda?


Maka tidak ada salahnya seperti prinsip dagang orang China, uang Rp 5 rupiahpun akan mereka hitung, karena dengan uang segitu akan membereskan pembukuan dan perputaran uangnya kembali sehat. Tapi kalau emang anda ikhlash, ya sudahlah poin ini tidak berlaku bagi anda. Tapi cara-jual beli ini sangat tidak diperkenankan.


Dari poin-poin diatas saya sebutkan mungkin menjadi salah-satu penyebab kenapa uang receh semakin langka. Pertanyaannya sekarang adalah apakah pemerintah yang berwenang sadar dengan hal-hal diatas, terutama jumlah kelahiran yang tak 'terdeteksi' ini. Semoga ini menjadi sala satu masukan dan pemerintah mungkin mempermudah jalur distribusi uang kecil berjalan lancar, tidak tertahan oleh oknum tertentu. Pemerintah harus memikirkan arus dan perputaran uang recehan harus menjamin lancar terutama di masyarakat bawah yang sehari-hari membutuhkannya. Demikian, salah dan kurangnya saya minta maaf, jika salah atau kurang mungkin karena keterbatasan saya mengenai topik ini, ini sekedar opini pribadi saja. Terimakasih.

Alasan Kenapa UANG RECEH Kian LANGKA?

emoticon-Hai


BACAAN KEREN ISKRIM LAINNYA NIH, GAN


[ HT# 304 ]


Alasan Kenapa UANG RECEH Kian LANGKA?




Alasan Kenapa UANG RECEH Kian LANGKA?


Alasan Kenapa UANG RECEH Kian LANGKA?


guk


Alasan Kenapa UANG RECEH Kian LANGKA?


MAMPIR GAN, DI STUDIONYA ISKRIM 

Web Blog:iskrim.com  

Web WP:dulandroid.com
FB: Facebook/iskrim
Instagram: iskrimkaskus
Line: Iskrimkaskus

█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌║││█║▌││█

ISKRIM .com - BERITA JADI CERITA

Copyright © 2017 - 2018 www. iskrim. com | All Rights Reserved

Member of Thread Creator - KASKUS



Alasan Kenapa UANG RECEH Kian LANGKA?


sumur : iskrim.  com | sotoshop : iskrim 
Alasan Kenapa UANG RECEH Kian LANGKA?


KOMENTAR NTAPS KASKUSER




Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



...

image-url-apps
Alasan Kenapa UANG RECEH Kian LANGKA?
KASKUS Ads
image-url-apps
Uang seribu sekarang di tempat saiyah rada susah omemoticon-Hammer (S)
Mentok duaribuan.
image-url-apps
udah tahun 2018, pembayaran digital udah marak dimana2, bahkan bitcoin mulai populer
tapi masih ada aja ORANG KAMPUNGAN yang belum kenal apa itu BANK emoticon-Leh Uga
image-url-apps
pendapat ane karena kalau kertas gak ada nilainya
sedangkan logam ada nilainya, dia bisa habis (material logam di alam bisa habis) emoticon-Big Grin

jd menurut analisa ane, lbh untung simpen uang logam, krn merupakan aset yg bernilai emoticon-Big Grin
misal aja nilai uang 1000 logam skrg klo dilebur cmn 600 perak, tapi 10 atau 20 thn lagi nilainya 800 emoticon-Hammer (S) seenggaknya naik, atau ada nilainya lah walau uang udah tidak dianggap sebagai pembayaran yg sah, atau negaranya bubar krn perang

klo kertas tiba2 gak ada yg mengakui klo uang itu pembayaran yg sah ya jd nilainya 0
Quote:

...dan pad akhirnya bitcoin jadi bit koit nyungsep nggak nongol lagi emoticon-Big Grin
image-url-apps
Di tempat ane masih sering lihat gan emoticon-Big Grin
image-url-apps
Ane lagi koleksi uang receh bre, buat mahar nikah

emoticon-Cool
image-url-apps
2000 masih banyak
yang susah 1000 an
pada masuk celengan sih emoticon-cystg
image-url-apps
Uang koin 2000 yang kayak gimana? lupa saya.
image-url-apps
Eheeem...gan, kl soal receh tertahan di celengan itu ane ngaku ane slh satu pelakunya. abis gimana lg atuh..kan baru bisanya nyelengin receh..
image-url-apps
tahu bulat lima ratusan
Alasan Kenapa UANG RECEH Kian LANGKA?
Alasan Kenapa UANG RECEH Kian LANGKA?
image-url-apps
Banyaknya gopek gan
image-url-apps
ane punya banyak buat kembalian jualan,kalo beli nggak ada kembalian balikin aja barang nya nggak jadi beli emoticon-Cool
image-url-apps
yang bilang seribuan susah sini, ane punya banyak boleh d tuker sama 10ribuan

Alasan Kenapa UANG RECEH Kian LANGKA?

mungkin pada dibuat jadi cincin, sama kaya jaman dulu yang uang 500 rupiah koin tahun 1991 langka banget

Alasan Kenapa UANG RECEH Kian LANGKA?
image-url-apps
Karena uang receh udah di kuasai sama KaskusKreator..


emoticon-Ngakak
image-url-apps
Gembok dolo gan...