alexa-tracking

Tingginya Jumlah Lansia Memunculkan Masalah Kesehatan, Ini Solusinya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acca3225c779804688b456a/tingginya-jumlah-lansia-memunculkan-masalah-kesehatan-ini-solusinya
Tingginya Jumlah Lansia Memunculkan Masalah Kesehatan, Ini Solusinya
Tingginya Jumlah Lansia Memunculkan Masalah Kesehatan, Ini Solusinya

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dokter dari RS Tebet,  dr. Asril Bahar, SpPD, K-P, K-Ger, mengingatkan besarnya jumlah populasi usia lanjut di Indonesia saat ini dan di masa mendatang akan menjadi masalah sosial ekonomi dan kesehatan.

Menurut data BPS tahun 2015 jumlah usia lanjut ada sebanyak 21 juta atau 8,2 persen jumlah penduduk Indonesia, dan akan mengalami pertambahan ke depan.

Hal ini menyebabkan akan bertambahnya jumlah pasien Geriatri dengan ciri-ciri khas yaitu pasien yang berusia lebih dari 60 tahun, multi-patologi, tampilan klinis tidak khas, fungsi organ menurun, gangguan status fungsional (fisik-mental), gangguan nutrisi dan poli-farmasi.

Penyakit terbanyak mereka yang berusia lanjut yang tertinggi adalah Artritis 49 persen, Hipertensi dan CVD 15,2 persen, Bronkitis/RTI 7,4 persen, Diabetes 3,3 persen dan Jath 2,5 persen, Stroke 2,1 persen.

"Diperlukan pengkajian paripurna pasien Geriatri, artinya bersifat holistik, pendekatan inter-disiplin, bio-psiko-sosial, kuratif, rehabilitatif, promotif, prefentif dan lainnya. Pendekatannya harus secara inter-disiplin dengan team terpadu,” katanya dalam edukasi pelayanan Hemodialisis dalam perayaaanHUT ke-36 RS Tebet di RS Te bet Jalan MT Haryono, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa(10/4/2018).

Tingginya Jumlah Lansia Memunculkan Masalah Kesehatan, Ini Solusinya
Peringatan HUT dilakukan secara sederhana. Tampak Pembina Yay asan Bina Sehat Interna Prof. Dr. WH Sibuea, SpPD, Direktur Rumah Sakit RS Tebet Dr Esther Poerwantoro,SpPK, dan
Ketua Panitia Dr.Sorta B Sibuea, SpPD mengawali kegiatan HUT ke-36 RS Tebet dengan
seremoni sederhana HUT.

Dikatakannya, tim terpadu ini meliputi internis geriatri, rehabilitasi medik geriatri, psikogeriatri, perawat geriatri, ahli gizi, konsultan terkait seperti neurologi, ortopedi, mata, THT, urologi, kulit, gigi, dan lainnya.

"Sementara untuk fasilitas geriatri meliputi poliklinik geriatri , ruang rawat akut geriatri, ruang rehabilitasi geriatri, day hospital, nursing home dan fasilitas home care," katanya.

Baca: Hidup Satu Atap Bertiga, Rumah Lansia Ditambali Bungkus Mi Instan hingga Popok Bayi

Dr Dharmika Djojodiningrat, SpPD, K-GEH yang memberikan edukasi pelayanan endoskopi, menyebut sarana modalitas endoskopi gastrointestinal dapat dipakai sebagai penunjang diagnostik bahkan definitif dan bisa dimanfaatkan sebagai modalitas terapi.

Endoskopi adalah salah satu prosedur pemeriksaan medis untuk melihat kondisi saluran pencernaan dengan menggunakan alat endoskop yaitu suatu alat berbentuk seperti selang elastis dengan lampu dan kamera optik di ujungnya.

Kamera akan menangkap setiap obyek yang dituju dan ditampilkan pada monitor.

Indikasi endoskopi diagnostik antara lain perdarahan gastrointestinal, dispepsia kronik, diare kronik, klarifikasi temuan radiologik, nyeri perut berulang, skrining kanker usus pada keluarga.

Sindrom dispepsia adalah keluhan sakit pada perut bagian atas yang menetap atau berulang disertai rasa penuh saat makan, cepat kenyang, kembung, bersendawa, nafsu makan menurun, mual, muntah dan dada terasa panas yang dalam. Pelayanan endoscopy sudah dapat menerima pasien BPJS Kesehatan.

Terus bertambahnya poli layanan bagi pasien BPJS Kesehatan, menunjukkan kuatnya komitmen RS Tebet untuk mendukung Pemerintah pada Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Seperti telah diketahui, RS Tebet telah meresmikan poli layanan BPJS Kesehatan sejak 31 Januari 2017; beroperasi setiap hari Senin sampai hari Sabtu, termasuk pelayanan satu atap dengan Mandiri Inhealth yang tersedia hari Senin- Sabtu dari pukul 07.00 sampai pukul 21.00 WIB.


Sumber : http://www.tribunnews.com/kesehatan/...-ini-solusinya

---

Baca Juga :

- 5 Tips Jaga Kesehatan di Awal Usia 20-an

- Pentingnya Vaksinasi HPV di Segala Usia

- Rasakan 10 Manfaat Luar Biasa untuk Badan dari Kebiasaan Baik Berjalan Kaki Setiap Hari

×