alexa-tracking

DPRD DKI Sahkan 4 Raperda

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acc904b1854f7db468b457d/dprd-dki-sahkan-4-raperda
DPRD DKI Sahkan 4 Raperda
DPRD DKI Sahkan 4 Raperda

Jakarta: DPRD DKI Jakarta mengesahkan empat Rancangan Peraturan Daerah (Perda). Keempat Raperda itu tentang Perindustrian, Perpasaran, Perusahaan Umum Daerah Pasar Jaya, dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2017-2022.


Anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah DKI Jakarta Merry Hotma mengatakan raperda perindustrian sangat diperlukan sebagai payung hukum untuk mendirikan industri. Pokok pembahasan Raperda Perindustrian meliputi pemberdayaan industri baik industri kecil, menengah dan kreatif. 


Selanjutnya, Raperda Perpasaran. Raperda ini dinilai perlu untuk mengatur berjamurnya swalayan dan minimarket.


'Ini untuk memberikan kepastian hukum bagi para pelaku usaha sama melakukan kegiatan perpasaran. Lalu mengatur perkembangan dan kemajuan perpasaran di DKI,' kata Merry dalam Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, di Gedung DPRD, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa, 10 April 2018.


Dengan adanya Raperda ini diharapkan eksistensi antara pasar tradisional dan modern bisa seimbang. Untuk itu, Pemprov diminta mengatur iklim persaingan usaha yang sehat antar pelaku usaha di berbagai jenis pasar.


'Di sana diatur klasifikasi, pendirian, jenis barang, dan sistem jualan. Izin usaha  pengelolaan pasar rakyat, kewajiban dan larangan pun disebut di Raperda itu,' terang Merry. 


Raperda ketiga ialah tentang perusahaan umum daerah Pasar Jaya. Pembentukan aturan itu untuk menyesuaikan bentuk hukum yang sebelumnya perusahaan daerah menjadi perusahaan umum daerah. 


Pembentukan Raperda itu pada dasarnya untuk menggantikan Perda Nomor 2 Tahun 2008 tenang Perusahaan Daerah Pasar Jaya. Menurutnya, Perda tersebut sudah tidak sesuai.


Raperda terakhir terkait RPJMD tahun 2017-2022. Politikus Partai PDI Perjuangan ini menyampaikan, Raperda ini harus segera ditetapkan. 


Pada Pasal 264 Nomor 23 Tahun 2014 dikatakan, RPJMD ditetapkan dengan Perda dalam kurun waktu paling lama enam bulan setelah kepala daerah dilantik.


'Fokus penyusunan RPJMD yakni pembangunan kota, transportasi, pendidikan, kesehatan, dan fasilitas umum lainnya,' tukas dia. 


Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno menyambut baik pengesahan empat Raperda itu. Ia berharap Raperda itu dapat membangun Jakarta yang berpusat kepada pembangunan ekonomi berkeadilan. 


'Kami mengapresiasi dan terima kasih sekali kepada ketua, para wakil dan anggota DPRD yang telah bekerja dengan kerja keras dan tuntas menyelesaikan 4 raperda ini sudah disahkan jadi Perda,' pungkas Sandi.



Sumber : http://news.metrotvnews.com/metro/5b...hkan-4-raperda

---

Kumpulan Berita Terkait :

- DPRD DKI Sahkan 4 Raperda Ajudan Ariesman Didakwa Berikan Duit Rp2 Miliar Buat Sanusi

- DPRD DKI Sahkan 4 Raperda Sanusi Kerap Tagih Duit Suap

- DPRD DKI Sahkan 4 Raperda Prasetyo Edi Akui Dicecar KPK Soal Sadapan

×