alexa-tracking

Polisi Listrik Milik PLN, Awas Ditangkep #Cerita ane

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acc8ca0dcd7706b388b4567/polisi-listrik-milik-pln-awas-ditangkep-cerita-ane
Polisi Listrik Milik PLN, Awas Ditangkep #Cerita ane
Polisi Listrik Milik PLN, Awas Ditangkep #Cerita ane

Kali ini saya akan bercerita mengenai pengalaman saya magang di PLN dan apa saja yang gak boleh kalian lakukan agar tidak terkena denda atau pun sanksi karena melanggar aturan PLN.


Saya sekolah jurusan SMK listrik maknya saya magang di PLN, gak mungkin juga toh saya ambil jurusan listrik trus magang jadi SPG haha. Waktu itu saya magang kelas 3 SMK, memang agak aneh sih, saat serius seiusnya belajar untuk hadapi UN malah Magang. Tapi ya sudahlah mau gimana lagi kebijakan sekolah memang seperti itu.


Awal masuk magang saya ditanya tanya mengenai dasar kelistrikan, okelah wajar kalo seperti itu. yang pertama kali saya ketahui adalah PLN memiliki Polisi PLN. Polisi PLN ini seperti apa ? mereka menyebutnya P2TL. P2TL kepanjangan dari Penertipan Pemakaian Tenaga Listrik.


Tugas dari P2TL sendiri ini adalah menangkap mereka - meraka yang mencuri listrik, atau yang menggunakan Listrik PLN tanpa ijin. Mereka Juga akan mengambil KWH Meter atau yang biasa disebut meteran, yang sudah tidak digunakan.


Dari mana mereka tahu kalau listrik mereka dicuri ? Apa kalian tahu Gardu Induk atau GI ? dari situlah perhitungan pemakaian Listrik dalam sebuah area. Jadi mereka menghitung berapa pemakaian listrik yang digunakan, nanti akan disamakan dengan jumlah tagihannya.
Kalau tagihan tidak sama dengan pemakaian maka ada penyalahgunaan listrik atau pencurian.


Ketika anda mencuri dan ketahuan, Meteran rumah anda akan diambil secara paksa tanpa kompromi. Saya juga pernah menangkap satu KWH meter hanya karna masalah sepele. Masalahnya apa? masalahnya pihak rumah menggeser letak KWH meter dari tempat asalnya. Pihak rumah hanya memindahkan KWH meter dari belakang rumah ke depan rumahnya. Kan bagian rumah orang itu beralamatkan Jl mawar gg 1 misalnya, kemudian dipindah kebagian depan rumah yang beralamatkan Jl mawar gg 2, itu sudah gak boleh. Jadi agan agan yang mau memindah KWH meter rumah, mendingan jangan, atau bisa menghubungi pihak PLN terlebih dahulu.

Polisi Listrik Milik PLN, Awas Ditangkep #Cerita ane


Apa saja yang tidak boleh dilakukan terhadap KWH Meter ?
  • Jangan memindahkan Posisi KWH meter dari posisi awal
  • Jangan membuka Segel KWH Meter
  • Jangan merusak KWH Meter



Oke itu untuk KWH Meter.


Kemudian selanjutnya untuk Teknisi PLN yang datang kerumah anda. Jangan sekali kali memberikan Uang tips kepada petugas PLN.


Kenapa demikian ?
Karena apabila anda mendapat panggilan dari PLN dan anda mengatakan bahwa anda telah memberikan uang tips atau melakukan pembayaran terhadap teknisi PLN yang sudah datang kerumah anda, maka dalam waktu itu juga pihak PLN akan melakukan tindakan tegas terhadap teknisi tersebut. Tindakan apa itu ? Pemecatan secara langsung.


Kenapa saya mengetahui hal tersebut ? Dikarenakan pada saat itu ada petugas pemasangan yang dipecat oleh pihak PLN dan beliau bercerita terhadap saya, Awalnya petugas tersebut datang untuk melakukan pemasangan KWH meter kemudian beliau mendapatkan uang tips dari pemilik rumah, kemudian pemilik rumah mendapatkan telpon dari pihak PLN dan pihak rumah mengatakan bahwa melakukan pembayaran pada petugas tersebut. Kemudian secara langsung pada saat itu juga petugas itu pun langsung dipecat.


Kasihan juga kan, orangnya sudah tua juga. Jadi lain kali apabila ada petugas PLN yang datang kerumah agan mendingan jangan kasih uang tips. Karena hal tersebut akan dianggap pungli oleh pihak PLN.


Apabila agan memiliki masalah pada kelistrikan KWH meter, agan bisa menelpon PLN, akan dilayani secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.


Sekarang kan sudah jamannya KWH meter token atau pulsa, itu pun masih bisa diakali. Bagaimana caranya ? Caranya saya sendiri juga kurang tahu, tetapi pada saat itu saya menemui satu KWH Meter Token yang pulsanya 0 rupiah tetapi listrik bisa menyala, aneh kan ? Kemudian P2TL mendatangi tempat tersebut. Kemudian mereka berdiskusi dan anehnya lagi mereka tidak membawa KWH meter tersebut, ya mungkin itu lah agan pasti tau haha.


Pernah juga waktu ikut penyelidikan P2TL disebuah perkampungan, waktu itu ada KWH Meter yang kelistrikannya atau instalasinya melanggar aturan. Tetapi pihak rumah tidak mengetahui kalau itu salah. P2TL mendatangi rumah tersebut dan mau mengambil KWH meter. Kemudian orang rumah tersebut ngotot dan marah marah, kenapa ini KWH meter saya dibawah, apa salah saya ? ujarnya. KWH meter bapak menyalahi aturan, ujar P2TL. Kemudian terjadi adu suara antara pihak rumah dan P2TL, setelah berlangsung lama P2TL pun mengalah dan pergi.


Jadi pada saat kalian memasang KWH meter pastikan bahwa KWH meter instalasi agan tidak menyalahi aturan.


Mungkin cukup sekian cerita saya hari ini.
Terima kasih telah meluangkan waktu membaca thread saya yang gak peting buat agan hehe.



image-url-apps
kalo mindahin kwh meter ke kamar mandi boleh? emoticon-Request
PLN itu perusahaan paling sampah, di komplek gua sehari bisa mati nyala berapa kali sampe hardisk komputer gua ga ada setahun udah ganti 5x, tapi anjing nya giliran orang telat udah macem preman aja maen putus.
KASKUS Ads
semoga betul,bree..
image-url-apps
Quote:


tadi pagi lampu & charger hp warga di mari pada meletus gara2 tegangan naik turun. blm peralatan listrik lain. charger hp ane juga ada yg meleduk emoticon-No Hope
Quote:


kalem gannnnn Polisi Listrik Milik PLN, Awas Ditangkep #Cerita ane
image-url-apps
Perusahaan Lilin Negara
image-url-apps
Quote:


Quote:


bahaya juga ya, kebetulan kosan ane jg serig nih naik turun tegangannya..
kalo begitu stiap pergi2 keluar lbh baik cabut semua colokan elektronik deh emoticon-Ngacir
image-url-apps
PLN= Perusahaan Lugi Negara.
image-url-apps
bermanfaat banget gan infonya, terutama soal uang tips karena kabar dari ibu2 tukang gosip kalau ngga ngasih uang tips nanti ngga di datengi2 lagi bagi yang baru pasang emoticon-Cape d...
image-url-apps
Info yang bagus gan
image-url-apps
Karena menang monopoli,
Klo ngga mana berani langsung asal cabut palingan di beri kesempatan bayar dulu.
efek buruk nya monopoli menang mainin harga, sama pelayanannya ya yang butuh siapa.
image-url-apps
Quote:


ya begitulah bre klo perusahaan ga punya saingan..seenak sendiri aja
image-url-apps
Mindahin kwh meter dilarang ? Waktu gw pindah rumah posisi kwh meter posisinya 3 meter diatas permukaan tanah rumah, repot kalo mau isi token kawan, harus cari tangga atau kursi, hubungi pln buat pindahin sangat lambat penanganannya, 3 bulan kawan baru dipindah, itu pun setelah gw bilang mau pindahin sendiri, rapihkan dulu pelayanan lah baru sok2an bikin polisi segala #SorryCurhat

Note : di tempat gw sering mati listrik, sekali mati bisa ber jam2, padahal pernah masuk area ring 1 emoticon-Cape deeehh
image-url-apps
Namanya juga bumn.. yaa nggak perlu dikritik.. cukup jangan bayar pajak.. emoticon-Ngacir
Quote:


Gak boleh donk, apalagi kalau diajak mandi emoticon-Wakaka
Quote:


Yang sabar ya boss
Quote:


Kalau kost an bukannya cuman pake KWH meter pembatas ya? mending tanyain ibu kostnya dulu hehehehe
Perusahaan monopoli. TDL naek mulu....
image-url-apps
Quote:


di kosan ane listriknya sharing gan, ada 3 kwh meter tp kalo malem biasanya naek turun tuh tegangan hehe emoticon-Big Grin
×