alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tulis 'azan tidak suci', Ade Armando ditantang jawara Bekasi Damin Sada
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acc89e51a9975d5408b4567/tulis-azan-tidak-suci-ade-armando-ditantang-jawara-bekasi-damin-sada

Tulis 'azan tidak suci', Ade Armando ditantang jawara Bekasi Damin Sada

Tulis 'azan tidak suci', Ade Armando ditantang jawara Bekasi Damin Sada

Ketua Jawara Jaga Kampung (Jajaka), Damin Sada mengaku siap berdebat secara terbuka dengan dosen Universitas Indonesia Ade Armando. Hal ini menyusul unggahan Ade di media sosial yang menyebut kumandang azan tidak suci.

"Memang saya yang mengajak dia debat, bukan adu otot," kata Damin Sada kepada merdeka.com, Selasa (10/10).

Unggahan Ade yang dipersoalkan Damin Sada berbunyi

"Azan tidak suci, azan itu cuma panggilan sholat. Sering tidak merdu. Jadi, biasa-biasa sajalah".

Unggahan ini selang beberapa hari setelah puisi Sukmawati Soekarno Putri yang membandingkan azan tidak semerdu suara kidung.

Tulis 'azan tidak suci', Ade Armando ditantang jawara Bekasi Damin Sada

Akibat puisi itu, Sukmawati dilaporkan ke polisi. Sukmawati sendiri telah meminta maaf secara terbuka di hadapan ketua Majelis Ulama Indonesia, Ma'aruf Amin. Damin Sada sendiri setelah melihat unggahan Ade ingin membuat perhitungan melalui media sosial facebook.

Damin Sada yang pernah menjabat sebagai kepala desa di Tambun Utara ini menilai Ade Armando tidak mempunyai etika mengunggah sebuah tulisan yang menyinggung soal azan tidak suci.

"Memang di mata hukum tidak masalah, tapi etikanya dimana, ini adalah hal yang sensitif bagi umat Muslim," ujarnya.

Sementara itu Ade Armando pun siap meladeni tantangan Damin Sada.

"Anda mau diskusi dengan saya, silahkan. Seperti yang saya tulis, Anda saja tentukan tempatnya. Saya hanya minta di daerah Menteng. Kalau maunya di kantor polisi, ya silahkan atur," tulis Ade di akun Facebooknya.

Ade menjelaskan maksud tulisannya soal azan tidak suci. Menurut Ade, panggilan azan sebagai penanda waktu salat merupakan musyawarah Rasulullah SAW dengan para sahabatnya.

"Harap catat, saat itu tidak ada jam. Ada beberapa ide dikemukakan sahabat. Ada yang bilang, kibarkan saja bendera. Ada yang mengusulkan, tiup terompet. Ada pula ide membunyikan lonceng. Ada yang menyarankan, menyalakan api. Tapi akhirnya yang dipilih adalah memanggil orang shalat dengan mengumandangkan azan seperti yang kita kenal sekarang ini," kata Ade.

Maka menurut Ade, muazin (mereka yang mengumandangkan azan) tidak selalu merdu mengumandangkan azan, karena kemerduan suara bukan prasyarat mutlak untuk menjadi muazin.

"Jadi begitulah. Hakekatnya, azan itu adalah seruan untuk menyatakan waktu shalat sudah tiba sekaligus mengajak orang untuk shalat. Kumandang azan pun tidak selalu merdu, karena hakekatnya memang tidak berurusan dengan estetika. Mau dibaca datar-datar saja juga boleh. Tidak ada yang melarang," katanya.

https://www.merdeka.com/peristiwa/tu...amin-sada.html

KERJAAN NASTAK BIKIN RICUH SUASANA AJA

NYINGGUNG2 AGAMA MULUemoticon-Marah
Diubah oleh nevertalk
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Jaman gini masih jawara2an

Jagoan itu kalo bisa hidup mapan, rumah gedong, mobil alpret n montor duketi
Kalau motor metic aje masih ngridit tapi ngklaim jawara muke mo taro dimane bang ?
common sense aja kalau nama tuhan disebut identik dengan kesucian lah brur hehe..emoticon-Wowcantik
aku bukan nasbung emoticon-Traveller
Heran, ORANG GILA TAMBAH BANYAK aja...............
Quote:


bukankah azan itu mmg bukan hal suci, melainkan hal yg penting.... ?? knp malah ada preman yg ngomel2 di medsos ya???
Diubah oleh bigbullshit
DEMI NAMA TUHAN YANG SUCI AYO IBADAH

versi armando :
WOI PENCIPTA LO YANG SO GAGAH MINTA DISEMBAH. SONO TAR LO MASUK NERAKA. (versi satanik grindcrot)


kalau dari awal waktu ibadah, diputerin musik metal satanik grindcore buat manggil orang ibadah, emang bisa ibadah tenang dengan musik yang enggak bikin tenang?

makanya musti suci.mikir gitu aja susah si armandog ini.


kebanyakan denger lagu "baby baby" justin bieber pasti si armandog ini.
Diubah oleh lia edan
mulai kalap
emoticon-Ngakak
Sensitiv ini mah
Pft emang adzan itu sama aja kayak alarm HP kok
Besok ada lagi yang nyinggung soal isu ini emoticon-Peace
Quote:


kayaknya bukan kalap.memang seperti itulah alur berpikir.

seperti HAMKA bilang :
"kalau agama enggak diperjuangkan, buruan gantilah bajumu dengan kain kafan"

Pendidikan agama atau moral itu penting, kekuatan di dalam baru di luar.
beda dengan pemikiran armandog, moral enggak penting yg penting bebas dulu (sampai koit juga gak nyampe2)
emang bener cutemoticon-Wkwkwk
harus sabar
Quote:


kalah berisiknya emoticon-DP
Quote:


Tulis 'azan tidak suci', Ade Armando ditantang jawara Bekasi Damin Sada
kapirkan saja bray emoticon-Blue Guy Bata (L)
cebongers bersatu masuk neraka hahaha
Quote:


iya tapi gak sekaku dan sehambar alarm HP.

pernah denger ada milyarder yang tiap kegiatan bangunnya pake Orkestra Live?

nah sama juga memulai ibadah atau hidup dengan fokus, bukan cuma bunyi tininit tininit

Beda Milyarder sama yg cuma pasang alarm HP adalah..... ya duitnya hehe

artinya?
Suara azan itu musti indah suzi, sakral dan membangkitkan semangat ibadah
Tulis 'azan tidak suci', Ade Armando ditantang jawara Bekasi Damin Sada

#let's talk with nasbung language
c ade masih lolos aje ye kgk trcyduk..
pola berpikir armadog salah .

seharusnya dia ngusulin adanya kursus suara Adzan biar suaranya merdu, bukan menghina jeleknya suara adzan


Adzan emang merdu, di poso, merdu, di jerusalem merdu, di Rusia merdu.

yang nggak merdu? kalau gak diolah suaranya.

Case Closed. emang armandog TELER sia2 denger suara gonggongnya.
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di