alexa-tracking

Sumarsono tak Ingin Anggaran Pilgub Dipangkas

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acc76fb54c07a9a478b456a/sumarsono-tak-ingin-anggaran-pilgub-dipangkas
Sumarsono tak Ingin Anggaran Pilgub Dipangkas
Sumarsono tak Ingin Anggaran Pilgub Dipangkas

Makassar: Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Sumarsono menyatakan bakal mengupayakan agar anggaran pemilihan gubernur tahun ini tak dipotong. Dia merespons rencana DPRD Sulsel yang tengah menggagas pemangkasan senilai Rp50 miliar dari total anggaran Rp455 miliar.


Sumarsono yang juga menjabat Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri ini akan segera membahas rasionalisasi anggaran Pilgub dengan DPRD. Dia menganggap perlu ada kesepahaman antara legislatif dan eksekutif tentang pentingnya anggaran penyelenggaraan Pilgub.


'Saya minta tidak ada pengurangan (anggaran) sedikit pun sehingga bisa mengganggu proses penyelenggaraan pilkada,' kata Sumarsono usai berkunjung ke Kantor DPRD Sulsel di Makassar, Selasa, 10 April 2018.


Baca: Sumarsono Jabat Sementara Gubernur Sulsel


Dia menyatakan Pilkada serentak merupakan program strategis nasional yang perlu dikawal agar berjalan lancar. Dia tak ingin program itu tersendat di Sulsel hanya karena rasionalisasi anggaran di tengah jalan.


Menurut dia, efisiensi tak mesti jadi alasan pemotongan anggaran. Sebab setiap pengeluaran tentu telah diperhitungkan dengan matang. Adapun sisanya pasti akan dikembalikan ke kas negara.


Sumarsono mencontohkan saat dia bertugas sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta. Saat itu anggaran hibah pemerintah untuk KPU pada pelaksanaan pilkada menyisakan dana Rp60 miliar lebih dan telah dikembalikan beserta rincian pertanggungjawban.


'Pengembalian NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) itu tidak di tengah tahapan. Tapi di akhir Pilkada kalau ada sisa. Pertanggung jawabannya di belakang,' ujar Sumarsono.




Sebelumnya diberitakan Badan Anggaran DPRD Sulsel ingin memotong alokasi anggaran hibah penyelenggaraan Pilgub bagi KPU. Ketua Banggar Fachruddin Rangga menganggap anggaran Rp456 miliar yang telah disetujui pemerintah idealnya untuk membiayai Pilgub dengan enam pasang kandidat. Sedangkan kenyataannya, Pilgub hanya diikuti enam pasang kandidat.


Fachruddin menyatakan rapat rencana rasionalisasi akan dibahas lebih lanjut bersama unsur eksekutif dan KPU Sulsel. Pihaknya menunggu penghitungan daftar pemilih tetap (DPT) Pilgub yang dianggap turut mempengaruhi besarnya kebutuhan anggaran.


'Kami tetap pada pandangan kami semula, bahwa perlu pemotongan sebesar Rp50 miliar,' kata Fahcruddin.


Sumber : http://news.metrotvnews.com/daerah/9...lgub-dipangkas

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Sumarsono tak Ingin Anggaran Pilgub Dipangkas Pemkot Bandung Luncurkan 'Jumat Ngangkot'

- Sumarsono tak Ingin Anggaran Pilgub Dipangkas PNS Peringati HUT Jateng dengan Berbusana Adat Jawa

- Sumarsono tak Ingin Anggaran Pilgub Dipangkas Busana Jawa Warnai Upacara Peringatan Hari Jadi Klaten

×