alexa-tracking

Ade Armando: Ada yang Berdoa Agar Allah Melaknat Saya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acc76ca642eb6c1288b4569/ade-armando-ada-yang-berdoa-agar-allah-melaknat-saya
Ade Armando: Ada yang Berdoa Agar Allah Melaknat Saya
Suara.com - Pakar Komunikasi yang juga Dosen Universitas Indonesia, Ade Armando buka suara soal ancaman persekusi yang diterimanya dari Dewan Pimpinan Pusat Jawara Jaga Kampung Nusantara (Jajaka Nusantara) pimpinan Damin Sada. Ancaman persekusi itu didapat lantaran mengomentari puisi ‘Ibu Indonesia’ Sukmawati Soekarnoputri.

Damin tidak suka dengan komentar Ade di Facebook. "Azan tidak suci. Azan itu cuma panggilan untu sholat. Sering tidak merdu. Jadi biasa-biasa sajalah..." begitu kata Ade di Facebooknya.

Lalu Damin mengancam, "Demi Allah, saya sebagai seorang Muslim tersakiti dengan segala ucapannya yang selalu mendiskreditkan Nilai-Nilai Suci ke Islaman. Semoga Allah melaknatnya!!! Demi Allah saya akan cari cara untuk buat perhitungan dengan dia!!! Ade Armando. SEBARKAN !!!" begitu tulis Damin 5 April lalu.

Menurut Ade, ancaman itu mencerminkan kekurangpengetahuan tentang Islam. Itu juga dia ungkapkan dalam akun Facebooknya yang ditulis, Senin (9/4/2018) kemarin.

“Gara-gara saya menulis bahwa ‘azan itu tidak suci’, saya dihujat kanan-kiri. Ada yang mau bikin perhitungan. Ada yang bilang saya menodai Islam. Ada yang berdoa agar Allah melaknat saya. Ada yang bilang, darah saya halal,” tulis Ade.

“Reaksi negatif semacam ini, menurut saya, mencerminkan kekurangpengetahuan tentang Islam. Kalau saja teman-teman yang protes ini menyempatkan waktu belajar kembali tentang Islam dan sejarah Islam, mereka tentu tidak perlu marah-marah,” lanjut Ade.

Berikut penjelasan lengkap Ade dalam akun Facebooknya itu:

SOAL AZAN YANG TIDAK SUCI

Gara-gara saya menulis bahwa ‘azan itu tidak suci’, saya dihujat kanan-kiri.

Ada yang mau bikin perhitungan. Ada yang bilang saya menodai Islam. Ada yang berdoa agar Allah melaknat saya. Ada yang bilang, darah saya halal.

Reaksi negatif semacam ini, menurut saya, mencerminkan kekurangpengetahuan tentang Islam. Kalau saja teman-teman yang protes ini menyempatkan waktu belajar kembali tentang Islam dan sejarah Islam, mereka tentu tidak perlu marah-marah.

Begini lho.

Apa sih yang dalam Islam dipandang suci? Allah jelas Maha Suci. Al Quran jelas suci karena merupakan kumpulan ayat-ayat Allah. Tapi azan?

Azan seperti yang kita kenal saat ini bukanlah perintah Allah.

Bacalah sejarahnya.

Praktek azan dimulai pada tahun ke-2 Hijriah. Ini dimulai dengan musyawarah antara Nabi Muhammad dan para sahabat tentang apa cara terbaik untuk memberitahu umat Islam bahwa sudah tiba waktu shalat. Harap catat, saat itu tidak ada jam.

Ada beberapa ide dikemukakan sahabat. Ada yang bilang, kibarkan saja bendera. Ada yang mengusulkan, tiup terompet. Ada pula ide membunyikan lonceng. Ada yang menyarankan, menyalakan api. Tapi akhirnya yang dipilih adalah memanggil orang shalat dengan mengumandangkan azan seperti yang kita kenal sekarang ini.

Jadi ini adalah hasil kesepakatan Nabi dan para sahabat.

Dan format azan itu sendiri juga bukan berasal dari wahyu Allah, melainkan berdasarkan mimpi seorang sahabat bernama Abdullah bin Zaid (menurut kisah Abu Dawud). Ia mengatakan bahwa ia bermimpi bertemu dengan seorang pria yang mengajarinya mengumandangkan azan. Mimpi itu disetujui oleh nabi Muhammad.

Menurut saya, kisah ini bisa sangat membantu kita memahami bahwa azan itu bukanlah hal yang sakral karena hakekatnya adalah cara untuk menyatakan waktu shalat sudah tiba. Sebuah penanda waktu.

Karena itulah, di Universitas Indonesia misalnya, kuliah atau diskusi akan jalan terus walaupun terdengar azan. Karena itu pula, mayoritas umat Islam saat ini sudah tidak merasa perlu menunggu kumandang azan untuk tahu apakah waktu shalat sudah tiba, karena sudah ada jam sebagai penanda waktu.

Karena itu juga, muazin (mereka yang mengumandangkan azan) tidak selalu merdu mengumandangkan azan, karena kemerduan suara bukan prasyarat mutlak untuk menjadi muazin.

Jadi begitulah. Hakekatnya, azan itu adalah seruan untuk menyatakan waktu shalat sudah tiba sekaligus mengajak orang untuk shalat. Kumandang azan pun tidak selalu merdu, karena hakekatnya memang tidak berurusan dengan estetika. Mau dibaca datar-datar saja juga boleh. Tidak ada yang melarang.

Jadi begitu ya. Menurut apa yang saya pelajari, azan itu tidak suci. Kalau Anda tidak setuju silahkan dan ajukan argumentasi Anda.

https://m.suara.com/news/2018/04/10/112530/ade-armando-ada-yang-berdoa-agar-allah-melaknat-saya

MANTAF TUHANNYA SENDIRI DISURUH SURUH KEK PEMBOKAT AJA NGOAHAHAHAHA emoticon-Ngakak
AA baik2 saja tuh. Hahahaha
Dan format azan itu sendiri juga bukan berasal dari wahyu Allah, melainkan berdasarkan mimpi seorang sahabat bernama Abdullah bin Zaid (menurut kisah Abu Dawud). Ia mengatakan bahwa ia bermimpi bertemu dengan seorang pria yang mengajarinya mengumandangkan azan. Mimpi itu disetujui oleh nabi Muhammad.

emoticon-Traveller
hati2 di closed lagi ini thread
tangan kanan sebelah da mulai beraksi

NGOAHAHAHAHAHAHHAA
Quote:



Ade Armando: Ada yang Berdoa Agar Allah Melaknat Saya
Quote:


KALAU DI CLOSED BRATI MOMOT CONTOL NGOAHAHAHA

Ade Armando: Ada yang Berdoa Agar Allah Melaknat Saya
Mantap ade

Geromvolan fpi mana tau sejarah2 islam wkwk
Quote:


mgkn ga berani closed gara2 gw ketik gituan
ini thread dari kompas ga kadaluarsa juga di closed alasan nyinyir
ngoahahahahaahah

https://www.kaskus.co.id/thread/5acc...owi-jadi-ri-1/
Emang faktanya panggilan sholat,
https://kbbi.web.id/azan
azan n seruan untuk mengajak orang melakukan salat; bang: kedengaran -- sayup-sayup sampai; muazin ialah orang yang mengumandangkan --;

Malah kadang dianggap polusi suara dan bikin tanah di daerah yg suara azannya kelewat keras pasti harganya turun atau gak laku.

Jgn terlalu lebay dan overdosis agama. Hal kecil jgn terlalu dibesar2kan anggap aja angin lalu kan beres sendiri,

Quote:


BEDA LAH ORANG YG SUKA MIKIR AMA YG SUKA MAIN OTOT NGOAHAHAHA emoticon-Leh Uga
dilaknat balik lah, repot amat

emoticon-Ngakak
Quote:

Wkwkwkw, asli LEBAY banget kan emoticon-Busa gw yakin tuh org juga banyak dosanya

Lalu Damin mengancam, "Demi Allah, saya sebagai seorang Muslim tersakiti dengan segala ucapannya yang selalu mendiskreditkan Nilai-Nilai Suci ke Islaman.
ancam bangkenya bray emoticon-Marah
ts dongok, semoga itu artinya doa..bukan nyuruh..emoticon-Big Grin

Ade Armando: Ada yang Berdoa Agar Allah Melaknat Saya
Quote:


kan kagak ditebus bray ya banyak dosanya emoticon-Big Grin

kelakuan orang orang yg menuhankan agama emang lucu
emoticon-Ngakak
subannalloh sungguh barokah dan banyak pahalannya bila kita dilaknat nasbung, itu pertanda kita dimusuhi dajjal ya akhi emoticon-Angel
Quote:


gue setuju sama om ade, lah emang bener azan dari kesepakatan kok emoticon-Big Grin dari mimpi malah emoticon-Big Grin
Quote:



Pft, kafir kayak ente sok tau perkara Islam
Paling juga ente taunya dr gugel
Ada yang tau arti dari kata kata yang ada di dalam Azan?

Klo gatau ya panteslah...

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak