alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Sinergi Indonesia-Afrika Picu Kesuksesan Kerja Sama Selatan-Selatan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acc6eb7507410e5148b458b/sinergi-indonesia-afrika-picu-kesuksesan-kerja-sama-selatan-selatan

Sinergi Indonesia-Afrika Picu Kesuksesan Kerja Sama Selatan-Selatan

Sinergi Indonesia-Afrika Picu Kesuksesan Kerja Sama Selatan-Selatan

JPP, NUSA DUA - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menilai kerja sama Indonesia dan Afrika memiliki masa depan yang cerah dalam bidang ekonomi, khususnya pada bidang perdagangan dan investasi.

"Jika Indonesia dan Afrika berhasil dalam memajukan kerja sama ini, maka kita dapat menunjukkan kepada dunia bahwa kerja sama di antara negara berkembang juga dapat dilakukan," kata Wapres saat membuka Indonesia-Africa Forum (IAF) 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Selasa (10/4/2018).

Melalui hubungan kerja sama antarnegara berkembang atau Kerja Sama Selatan-Selatan, maka Indonesia dan Afrika memulai proses keberhasilan tersebut melalui pertemuan IAF 2018 ini.

"Saya sangat yakin bahwa manfaat Kerja Sama Selatan-Selatan melalui Forum ini dapat tercapai dan harus dapat terlaksana seterusnya," ujar Wapres.

Dengan modal sumber daya manusia yang dimiliki kedua kawasan berkembang, lanjutnya, maka industri di Indonesia dan Afrika terdorong untuk maju.

"Dengan lebih dari 400 juta populasi kelas pekerja di Afrika dan Indonesia, dan juga populasi penduduk usia produktif, maka masa depan perekonomian kita sangatlah cerah," tuturnya.

Data tahun 2017 menunjukkan volume perdagangan Afrika-Indonesia mencapai 8,84 miliar dolar AS, atau naik 15,25 persen dari tahun 2016.

"Indonesia perlu minyak mentah, kapas, dan biji cokelat dari Afrika. Begitu juga sebaliknya, Afrika membutuhkan minyak sawit, kendaraan motor, dan tentu yang paling terkenal adalah mi instan Indonesia," ucap Wapres di hadapan para pemangku kepentingan usaha dan perwakilan pemerintah negara-negara Afrika.

IAF merupakan acara yang diadakan untuk pertama kalinya oleh pemerintah Indonesia sebagai dasar untuk mendorong kerja sama ekonomi konkret antara Indonesia dengan negara-negara Afrika.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo di sela pertemuan G20 beberapa waktu lalu menyampaikan bahwa Indonesia berkomitmen meningkatkan hubungan politik dengan Afrika menjadi hubungan kerja sama ekonomi yang konkret.

Untuk itu, IAF 2018 diharapkan bisa membawa terobosan kerja sama ekonomi antara Indonesia dengan negara-negara Afrika. (ant)


Sumber : https://jpp.go.id/peristiwa/internas...elatan-selatan

---

Kumpulan Berita Terkait PERISTIWA :

- Sinergi Indonesia-Afrika Picu Kesuksesan Kerja Sama Selatan-Selatan Indonesia Tuan Rumah 25th ASEAN-New Zealand Dialogue

- Sinergi Indonesia-Afrika Picu Kesuksesan Kerja Sama Selatan-Selatan RI-Singapura Tingkatkan Kerja Sama Penanggulangan Terorisme

- Sinergi Indonesia-Afrika Picu Kesuksesan Kerja Sama Selatan-Selatan Presiden: Infrastruktur Dibangun untuk Hubungkan 17.000 Pulau di Indonesia

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di