alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Ketika Jalanan Dijadikan Ruang Merokok
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acc6e6bdcd7705d198b4567/ketika-jalanan-dijadikan-ruang-merokok

Ketika Jalanan Dijadikan Ruang Merokok

Bahaya Merokok Selain Yang Tertulis Dalam Kemasannya, "Merokok Dapat Menyebabkan Kanker, Serangan Jantung, Impotensi dan Gangguan Kehamilan." itulah yang selalu tertulis di kemasan rokok yang beredar di negeri kita tercinta ini. 

Ketika Jalanan Dijadikan Ruang Merokok
Ilustrasi Pengendara Motor Yang Merokok (sumber:kompasiana.com


Dengan didominasinya perokok dari kalangan laki-laki yang notabennya banyak menggunakan sepeda motor maka para perokok ini menggunakan kesempatan tersebut untuk tetap menikmatinya walau sedang berkendara. 


Sepertinya kebiasaan ini kita hapuskan dari pilihan tempat untuk merokok. "Hee, walau saat ini saya sudah tidak jadi perokok lagi."



Karena selain dampak negatif yang kemasan rokok sampaikan merokok saat mengendarai motor juga akan berdampak kepada perokok lain, misalnya abu rokok dan puntung rokok. 


Abu rokok dapat menjadi pemicu kecelakaan saat berkendara. Karena jika abu rokok ini mengenai mata pengendara di belakangnya akan menimbulkan rasa panas pada mata. 
Ketika Jalanan Dijadikan Ruang Merokok
Ilustrasi Rokok di Tangan Pengendara (sumberemoticon-Embarrassmentto.detik.com)


Tidak dapat dipungkiri jika kita lagi berkendara salah satu hal yang sering dilakukan adalah membuka kaca helm sehingga angin sepoy sepoy yang kadang ditemani debu terasa semriwing di muka. 


Namun jika dalam posisi seperti ini dan tanpa disadari ada abu rokok yang masuk maka, "wassalam" karena panasnya abu rokok akan dirasakan dan langkah pertolongan pertamanya adalah segera menepi dan pejamkan mata yang terkena abu rokok tersebut dengan cara menutupnya. 



Jika yang kena mata kiri maka mata kanan tetap terbuka, karena telapak tangan hanya menutupi kiri. Begitupun sebaliknya jika yanv terkena abu rokok mata kanan. 



Alasan kenapa satu matanya harus terbuka adalah untuk tetap bisa ngeliat kondisi jalanan 

Yang kedua adalah puntung rokok, tiga kondisi yang terjadi jika perokok sambil berkendara ini membuang sisa rokoknya (red. puntung rokok). 



Kondisi pertama dan yang paling mungkin sering terjadi adalah puntung rokok itu akan mengenai pengendara di belakangnya. Terlebih jika yang terkena buangan puntung rokok tersebut adalah motornya matic dan otomatis akan tersimpan di dek motornya. 



Kondisi kedua dibuang kemana saja selama hal itu memungkinkan yang penting benda yang terjepit itu sudah tidak ditangannya lagi. 



Kemanapun rokok itu dilepaskan oleh tuannya maka ujung-ujungnya adalah akan jadi sampah di jalan, itulah kondisi ketiga yang sangat mungkin terjadi. 

Maka dari itu baiknya jika mau merokok lakukanlah jangan saat berkendara atau puaskan dulu ngerokoknya lalu berkendaralah. 

Ketika Jalanan Dijadikan Ruang Merokok

Ilustrasi Berkendara Yang Ideal (sumber: sains.kompas.com)



Karena kalau ketahuan ngerokok saat berkendara bapak polisi akan menilang dengan denda yang berlaku maksimal kurungan tiga bulan penjara atau denda 750 ribu rupiah. 
Ayo jadi pengendara yang cerdas agar semua bisa selamat dan semoga aja bisa berhenti juga ngerokoknya, kan lumayan uangnya bisa ditabung. (kangmox)
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di