alexa-tracking

Kandungan Miras Oplosan yang Membunuh

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acc6bbe98e31ba3338b4580/kandungan-miras-oplosan-yang-membunuh
Kandungan Miras Oplosan yang Membunuh
Kandungan Miras Oplosan yang Membunuh

Jakarta: Salah satu kasus keracunan minuman keras (miras) oplosan yang menyita publik adalah yang terjadi di Cicalengka, Bandung, Jawa Barat, dengan korban lebih dari 20 orang. Dari hasil penyelidikan diketahui para korban tewas usai mengonsumsi miras oplosan yang disebut ginseng.


Dokter Spesialis Penyakit Dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Agastjya Wisnu mengatakan pada dasarnya kombinasi minuman beralkohol dengan ginseng saja tidak masalah. Akan bermasalah jika dicampur dengan bahan lain seperti spiritus, obat antinyamuk, atau tiner untuk menaikkan kadar alkohol di dalamnya.


'Miras sendiri kebutuhannya apa dikombinasikan dengan itu (ginseng)? Kalau sekadar tonikum penyegar bisa kita pahami, tapi kalau masih dicampur bahan lain sama juga merusak diri,' katanya, dalam Metro Pagi Primetime, Selasa, 10 April 2018. 


Agastjya menilai mayoritas korban tak memahami efek mematikan yang ditimbulkan oleh miras oplosan. Miras yang terakumulasi dalam waktu lama tak hanya merusak organ hati namun juga mengganggu fungsi otak dan pembuluh darah di sekitarnya. 


Akibatnya, kata dia, seseorang bisa tiba-tiba muntah karena sistem pencernaan dalam lambung terganggu. Hati juga bisa mengkerut atau mengalami sirosis dan ginjal yang rusak menyebabkan seseorang tidak mampu buang air kecil dengan baik.


'Kenapa mereka masih konsumsi kalau mematikan? Karena kalau tidak dicampur katanya enggak 'nendang' beda dengan minuman selayaknya. Ujungnya kerusakan tubuh yang tidak disadari,' ujar Agastjya.


Ia menambahkan, bagi sebagian orang yang memiliki daya tahan tubuh lebih kuat, masih bisa ditolong mana kala mengalami keracunan miras oplosan. Yang perlu dilakukan adalah melokalisasi atau membuang cairan dalam tubuh lalu diberikan obat untuk detoksifikasi.


'Dan penanganannya harus melewati fase kritis terlebih dulu, kalau sudah baru memperbaiki sistem tubuhnya. Yang paling penting putus hubungan dengan miras karena sebanyak apa pun tindakan medis yang dilakukan kalau kembali ke lingkungan minum lagi ya percuma,' jelas dia.



Sumber : http://news.metrotvnews.com/peristiw...-yang-membunuh

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Kandungan Miras Oplosan yang Membunuh Beredar Gambar Wiski Halal, MUI Diminta Menginvestigasi

- Kandungan Miras Oplosan yang Membunuh Polisi Gerebek Pabrik Arak Berproduksi 66,6 Ton

- Kandungan Miras Oplosan yang Membunuh Tiga Warga Bertetanggaan 'Kompak' Jualan Minuman Beralkohol