alexa-tracking

Bandara Temindung Samarinda Ditutup

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acc5ae496bde6201b8b457b/bandara-temindung-samarinda-ditutup
Bandara Temindung Samarinda Ditutup
Bandara Temindung Samarinda Ditutup

Samarinda: Bandara Temindung di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, akan ditutup pada 23 Mei 2018. Operasional disetop karena lokasi bandara sudah tak layak.


Bandara Temindung memang ada di tengah permukiman. Juga acap banjir.


'Sebagai gantinya pada 24 Mei dioperasionalkan Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto yang lokasinya di Sungai Siring, Samarinda Utara,' kata Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak di Samarinda, baru-baru ini.


Awang bilang, setelah Bandara APT Pranoto beroperasi, masyarakat Samarinda dan sekitar memiliki dua pilihan ketika ingin ke luar daerah, lewat Bandara Sepinggan Balikpapan dan Bandara APT Pranoto Samarinda.


Bandara APT Pranoto memiliki landasan pacu sepanjang 2.250 meter dan sudah siap didarati pesawat komersial. Apalagi pada 29 Maret lalu telah ke luar aeronautical information publication (AIP) atau buku publikasi yang berisi informasi navigasi penerbangan.


Buku ini berisi informasi navigasi yang diumumkan ke seluruh dunia selama kurun waktu 50 hari atau diperhitungkan hingga 24 Mei, sehingga sejak tanggal keluarnya AIP tersebut, Bandara APT Pranoto sudah bisa diterbangi atau dioperasionalkan.


Awang berharap PT Angkasa Pura dan Dinas Perhubungan Kaltim bersama Kementerian Perhubungan mempersiapkan bandara sebaik mungkin, baik terkait seremonial operasionalnya maupun keberlanjutan kenyamanan penerbangan.


Pada kesempatan itu, Awang juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah mendukung pembangunan sejumlah proyek strategis nasional di Kaltim.


Dari dukungan Presiden tersebut, tambahnya, semua proyek nasional yang dibangun di Kaltim tidak ada satu pun yang mangkrak, semua kegiatannya tetap berjalan dengan baik, salah satunya adalah proyek jalan tol Balikpapan-Samarinda.


'Dengan beroperasinya Bandara APT Pranoto Samarinda dan jalan tol, maka penambahan infrastruktur ini akan mampu menarik minat investor menanamkan modalnya. Keluhan lama perjalanan antara Balikpapan ke Samarinda yang dulu sampai tiga jam, tidak akan ada lagi karena hanya sekitar satu jam lewat tol dan setengah jam lewat udara,' ucap Awang.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/daerah/J...arinda-ditutup

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Bandara Temindung Samarinda Ditutup Kemenhub Usulkan 5 Proyek Infrastruktur Transportasi ke Swasta

- Bandara Temindung Samarinda Ditutup 37 KK Enggan Pindah dari Lokasi Bandara Kulon Progo

- Bandara Temindung Samarinda Ditutup Perry Bakal Akselerasi Pendalaman Pasar Keuangan untuk Danai Infrastruktur