alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Fenomena Halo Terjadi di Yogyakarta
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acc55c3529a45f1678b4576/fenomena-halo-terjadi-di-yogyakarta

Fenomena Halo Terjadi di Yogyakarta

Fenomena Halo Terjadi di Yogyakarta

JPP, YOGYAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Yogyakarta mengatakan, fenomena alam berupa matahari dikelilingi bulatan seperti cincin yang terlihat di langit Yogyakarta, Selasa (10/4/2018), merupakan fenomena halo.

"Fenomena optis berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari ini karena ada pembiasan sinar matahari oleh awan tinggi," kata Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta Djoko Budiono di Yogyakarta, hari ini.

Menurut Djoko, awan yang membiaskan sinar matahari itu merupakan awan cirrus yang berada pada ketinggian 6.000 meter dari permukaan bumi. Awan cirrus ini mempunyai partikel yang sangat dingin dan biasanya berwujud kristal es. 

"Awan cirrus yang super dingin inilah yang membiaskan cahaya matahari sehingga membentuk seperti cincin yang melingkari matahari," kata Djoko.

Menurut dia, tidak semua orang bisa melihat fenomena itu. Untuk hari ini, menurut dia, kemungkinan hanya sebagian masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta yang bisa menikmatinya. Dia mengatakan, peristiwa munculnya fenomena halo yang terpantau pukul 10.00 WIB adalah peristiwa biasa seperti halnya pelangi dan bukan pertanda bencana, seperti gempa atau lainnya. 

Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu panik atau terpengaruh dengan mitos atau informasi yang bisa menyesatkan terkait fenomena itu. "Biasanya kalau sudah beberapa saat setelah matahari bersinar dan memanaskan partikel air yang super dingin di awan cirrus, maka fenomena itu akan hilang," kata dia. (ant)


Sumber : https://jpp.go.id/teknologi/lingkung...-di-yogyakarta

---

Kumpulan Berita Terkait TEKNOLOGI :

- Fenomena Halo Terjadi di Yogyakarta BMKG Kembali Gelar Ekspedisi Internasional Samudera Hindia

- Fenomena Halo Terjadi di Yogyakarta Sistem Peringatan Dini Longsor Berbasis Masyarakat BNPB Penuhi Standar ISO

- Fenomena Halo Terjadi di Yogyakarta Sistem Peringatan Dini Longsor Berbasis Masyarakat Jadi Standar Internasional

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di