alexa-tracking

MK Kembali Dengar Keterangan Pemerintah dan DPR dalam Uji Materi UU BUMN

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acc455598e31bfd358b4571/mk-kembali-dengar-keterangan-pemerintah-dan-dpr-dalam-uji-materi-uu-bumn
MK Kembali Dengar Keterangan Pemerintah dan DPR dalam Uji Materi UU BUMN
MK Kembali Dengar Keterangan Pemerintah dan DPR dalam Uji Materi UU BUMN

 TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang keempat Pengujian UU no 19 tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara (UU BUMN), di Gedung MK, Jakarta Pusat, Selasa (10/4/2018).

Agenda perisidangan mendengarkan keterangan Presiden dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ini dimulai sekitar pukul 11.00 WIB.

"Sidang keempat UU BUMN mendengarkan keterangan Presiden yang diwakili BUMN dan DPR," tulis dalam rilis MK, Selasa (10/4/2018)

Ada dua pasal UU BUMN yang diajukan permohonan judicial review yakni pasal 2 ayat 1 (a) dan (b) yang berisi tentang maksud dan tujuan pendirian BUMN serta pasal 4 ayat 4 tentang perubahan penyertaan keuangan negara.

Para pemohon adalah AM Putut Prabantoro dan Letjen TNI (Pur) Kiki Syahnakri, yang bertindak sebagai warga negara perseorangan, pembayar pajak dan peneliti ekonomi kerakyatan.

Dalam pemohonannya, para pemohon menjelaskan Pasal 2A ayat (1) Peraturan Pemerintah no 72 Tahun 2016 tentang perubahan atas Paraturan Pemerintah No. 44 Tahun 2005 tentang Tata Cara Penyertaan dan Penatausahaan Modal Negara pada BUMN dan PT (PP Tata Cara Penyertaan dan Penatausahaan Modal Negara pada BUMN dan Persero) yang menyebut bahwa pemberian modal dari negara dari negara kepada BUMN atau Persero dilakukan pemerintah pusat tanpa melalui mekanisme APBN.

Adapun APBN membutuhkan persetujuan DPR. Oleh karena itu, Pemohon juga meminta MK agar frasa "ditetapkan dengan peraturan pemerintah" dalam pasal 4 ayat (4) UU BUMN, dinyatakan bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak memiliki kekuatan hukum mengikat sepanjang frasa tersebut tidak dimaknai sebagai "dengan persetujuan DPR".


Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...materi-uu-bumn

---

Baca Juga :

- Sandiaga: Mobil Ibu Saya Juga Keangkut tapi Enggak Protes

- Tekan Biaya Logistik, Menteri BUMN Dukung Program Direct Call Pelindo IV

- Lebaran Tahun Ini, ASDP Siapkan 2.100 Tiket Mudik Gratis di Tiga Rute Ini