alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Underpass Matraman Resmi Dibuka, Begini Rekayasa Lalu Lintasnya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acc445ca2c06e125f8b456d/underpass-matraman-resmi-dibuka-begini-rekayasa-lalu-lintasnya

Underpass Matraman Resmi Dibuka, Begini Rekayasa Lalu Lintasnya

Underpass Matraman Resmi Dibuka, Begini Rekayasa Lalu Lintasnya

Jakarta, IDN Times - Underpass Matraman di Jakarta Timur akan menjalani masa uji coba terhitung hari ini, Selasa (10/4). Guna menghindari kebingungan bagi pengguna kendaraan bermotor, polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) di sejumlah ruas jalan.

Rekayasa lalu lintas ini akan dilakukan di Simpang Matraman dan Simpang Megaria, Jakarta Pusat.

"Sehubungan dengan uji coba open traffic underpass Matraman-Salemba pada 10 April 2018 pukul 06.00 WIB, akan dilakukan rekayasa lalu lintas," ujar Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/4).


1. Underpass dibuat untuk mengakomodasi lalu lintas
Underpass Matraman Resmi Dibuka, Begini Rekayasa Lalu Lintasnya
Twitter/@TMCPoldaMetro




Selanjutnya, Budiyanto menjelaskan bahwa underpass tersebut dibuat untuk mengakomodasi lalu lintas dari arah Matraman Dalam atau Jalan Tambak ke arah Pramuka dan Jatinegara.

Oleh sebab itu, dirinya meminta agar pengguna jalan menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ada. 

Baca juga: Jangan Salah Jalan, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta Saat Tahun Baru


2. Rekayasa lalu lintas di Simpang Matraman
Underpass Matraman Resmi Dibuka, Begini Rekayasa Lalu Lintasnya
Twitter/@TMCPoldaMetro



Berkaitan dengan rekayasa lalu lintas, polisi berpangkat melati dua itu menjelaskan ada dua konsep yang akan diterapkan.

Dua konsep yang dimaksud adalah pengaturan di Simpang Matraman (Jalan Salemba Raya - Matraman Dalam) dan di samping Megaria (Jalan Proklamasi-Jalan Diponegoro).

Adapun pengaturan di Simpang Matraman, pertama kendaraan dari arah flyover Matraman yang awalnya diberlakukan dengan pembagian waktu akan dikembalikan sebagaimana semula.

Berikutnya, kendaraan dari Jatinegara menuju arah Senen dan Pramuka, yang semula dialihkan melalui Matraman Dalam-Jalan Proklamasi-Jalan Diponegoro-Jalan Salemba Raya, akan diberlakukan kembali seperti kondisi awal.

"Dinding pembatas akan dibuka sehingga pengguna jalan bisa langsung lurus menuju Senen," katanya.


3. Rekayasa lalin di Samping Magaria
Underpass Matraman Resmi Dibuka, Begini Rekayasa Lalu Lintasnya
Twitter/@TMCPoldaMetro



Berikutnya, untuk pengaturan lantas di Samping Magaria, pertama kendaraan yang melintas dilakukan penyesuaian terhadap fase atau siklus lampu lalu lintas di Simpang Megaria.

Kedua, di ruas Jalan Proklamasi mulai dari Simpang Megaria, Simpang Jalan Proklamasi, hingga Jalan Penataran, akan diberlakukan sistem satu arah.

Ketiga, kendaraan di Jalan Penataran yang awalnya dua arah akan diberlakukan satu arah dari Jalan Proklamasi sampai Jalan Diponegoro.

Berikutnya, kendaraan dari Mangunsarkoro tidak diperbolehkan belok kanan.

Kelima, kendaraan dari Manggarai menuju Pramuka atau Jatinegara berbelok kanan di samping Tambak melalui Matraman Dalam, lalu masuk underpass (lurus ke Pramuka dan kanan Jatinegara).

Keenam, kendaraan menuju Menteng dari Jalan Proklamasi, diarahkan ke Jalan Penataran lurus ke arah Menteng kemudian belok kanan ke RSCM dan kiri ke Imam Bonjol.

Ketujuh, kendaraan bermotor dari Menteng menuju Pramuka dan Jatinegara akan diarahkan ke Jalan Proklamasi ke Matraman Dalam lalu masuk underpass Matraman.

"Terakhir, kendaraan dari Imam Bonjol menuju Pramuka dan Jatinegara belok kanan di samping Megaria menuju Jalan Proklamasi, Jalan Matraman Dalam, lalu masuk ke underpass Matraman," tutur Budiyanto.

Sebagaimana diketahui, proyek underpass Matraman dibangun sejak November 2016 silam. Proyek senulai Rp183 miliar itu akhirnya rampung dengan 300 orang pekerja. 

Baca juga: Dalam Tiga Pekan, 137 Orang Meninggal karena Kecelakaan Lalu Lintas

 



Sumber : https://news.idntimes.com/indonesia/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Underpass Matraman Resmi Dibuka, Begini Rekayasa Lalu Lintasnya Usai Tragedi Sancaka, KAI Lakukan Penguatan Rel

- Underpass Matraman Resmi Dibuka, Begini Rekayasa Lalu Lintasnya "Ritual" Gus Ipul Sebelum Debat, Salat Duha hingga Ngopi Santai

- Underpass Matraman Resmi Dibuka, Begini Rekayasa Lalu Lintasnya KPK: Sistem Pemerintahan Korup Tidak Bisa Dijadikan Alasan Kepala Daerah Korupsi

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di