alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Beberapa kendala pada hari pertama UNBK
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acc436da2c06e4d608b4568/beberapa-kendala-pada-hari-pertama-unbk

Beberapa kendala pada hari pertama UNBK

Beberapa kendala pada hari pertama UNBK
Siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer Tahun 2018 di Sekolah Menengah Atas (SMA) Santo Tarcisius di Dumai, Dumai, Riau, Senin (9/4/2018).
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada Senin (9/4/2018).

Menurut Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam situs resminya, Sebanyak 1.812.565 atau 91 persen siswa jenjang pendidikan SMA dan MA di 18.353 sekolah mengikuti UNBK.

Sebanyak 171.003 peserta atau 9 persen siswa SMA/MA pada 2.790 sekolah masih mengikuti Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

UN jenjang SMA/MA diselenggarakan pada tanggal 9-12 April 2018, dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan mata pelajaran pilihan jurusan.

Meskipun sudah disiapkan dari jauh hari, tapi tak semua sekolah dapat menjalankannya dengan mulus. Tak sedikit yang menemui hambatan.

Misalnya seperti yang dialami beberapa sekolah di Jawa Barat. Meskipun tahun ini sudah 100 persen siswa di Bumi Pasundan dapat mengikuti UNBK, tapi karena keterbatasan fasilitas di beberapa sekolah, mereka harus bergantian menggunakan komputer saat menjawab soal-soal yang diujikan.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi, jumlah komputer untuk UNBK tingkat SMA/MA di wilayahnya sebanyak 124.055 unit. Sedangkan jumlah siswa yang mengikutinya mencapai 280.489 dari 2.700 sekolah.

"Jadi rata-rata 1 komputer digunakan 3 siswa," ujar Hadadi kepada Republika.co.id, saat meninjau Pelaksanaan UNBK di SMA 3 dan SMA 5 Bandung, Senin (9/4).

Tak hanya itu, jauhnya tempat tinggal beberapa siswa juga sempat menjadi kendala bagi SMA Negeri 1 Rongga di Bandung Barat, Jawa Barat. Akhirnya sekolah memutuskan untuk mengajak para siswa yang tinggal jauh dari sekolah untuk menginap satu hari menjelang ujian.

Sementara itu, di Riau, Sumatra, ada dua sekolah yang tercatat belum memiliki fasilitas komputer. Dilansir Kompas.com, salah satunya adalah SMAN 5 Batam, yang menumpang ke gedung SMKN 1 Batam.

Sebanyak 28.293 siswa SMA dan MA di Provinsi Riau melaksanakan UNBK dan 35.537 siswa lainnya mengikuti UNKP.

Gangguan berupa masalah teknis pun sempat dihadapi oleh SMA Global Sevilla di Jakarta. Sekitar 30 menit diduga jaringan internet bermasalah, sebelum akhirnya ujian dimulai pada pukul 08.00 WIB.

Begitu juga di SMAN 1 Jepon, Jepara, Jawa tengah, pada menit awal tes UNBK dimulai sempat terjadi mati listrik. Tapi pihak sekolah telah menyediakan genset sehingga gangguan tersebut bisa secara cepat teratasi.

Hal yang sama juga dilakukan oleh SMAN 2 Kapuas Asen, Kalimantan Tengah. Guna mencegah padamnya listrik, sekolah sudah bekerja sama dengan PLN dan menyediakan dua unit mesin genset, ditambah satu unit lagi hasil pinjaman dari orang tua murid. Satu orang teknisi juga dipersiapkan guna berjaga-jaga apabila ada kerusakan pada sistem.

Kendala pada layanan jaringan (server) banyak dialami oleh sekolah-sekolah di kawasan timur Indonesia. Misalnya seperti di SMAN 6 Mataram, SMAN 1 Wera, SMAN 1 Lunyuk, SMAN 2 Woja, dan MA Baburrizki di Nusa Tenggara Barat yang terpaksa harus menunda jalannya ujian hingga beberapa jam.

UNBK dilaksanakan pertama kali pada 2014. Ujian ini bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional di pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.

Menurut Kepala SMAN 1 Kotawaringin Lama (Kolam), Kalimantan Tengah, Jumrani, kepada Pro Sampit (10/4), UNBK merupakan salah satu syarat kelulusan siswa. Namun bukan penentu utama lulus atau tidaknya murid-murid tersebut.

Ia menjelaskan ada beberapa syarat lain yang akan dipertimbangkan oleh pihak sekolah, termasuk nilai raport dari semester I hingga VI dan nilai sikap siswa selama bersekolah.

Sementara itu, Inspektur Jenderal Kemendikbud, Daryanto, menyatakan hari pertama UNBK berlangsung lancar dan sesuai dengan standar operasi yang telah ditetapkan. Ia memantau langsung penyelenggaraan ujian tersebut di dua sekolah di Jakarta Utara, yaitu SMAN 45 dan SMA PGRI 12, serta SMA Pangudi Luhur, Jakarta Selatan.

"Pelaksanaan UNBK tahun ini diharapkan dapat menjadi rujukan untuk tahun berikutnya, dan semakin meningkat perbaikan mutunya," ujar Daryanto.
Beberapa kendala pada hari pertama UNBK


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...i-pertama-unbk

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Beberapa kendala pada hari pertama UNBK Tangis Siti Masitha minta hak politiknya tak dicabut

- Beberapa kendala pada hari pertama UNBK Pertamina klaim Teluk Balikpapan sudah bersih dari minyak

- Beberapa kendala pada hari pertama UNBK Jaga inflasi, pemerintah campur tangan harga BBM nonsubsidi

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di