alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Selain Premium, Pemerintah Intervensi Harga BBM Non Subsidi
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acc0e3512e2570c4b8b4568/selain-premium-pemerintah-intervensi-harga-bbm-non-subsidi

Selain Premium, Pemerintah Intervensi Harga BBM Non Subsidi

bisnis.tempo.co
Selain Premium, Pemerintah Intervensi Harga BBM Non Subsidi
Dewi Rina Cahyani
3-4 minutes
about:reader?url=https%3A%2F%2Fbisnis.tempo.co%2Fread%2F1077908%2Fselain-premium-pemerintah-intervensi-harga-bbm-non-subsidi
TEMPO.CO, Jakarta -Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Minera Arcandra Tahar menyatakan pemerintah akan mengintervensi harga bahan bakar minyak atau harga BBM umum atau BBM non subsidi. Nantinya, Pertamina dan penjual BBM lainnya harus meminta persetujuan pemerintah sebelum mengubah harga. Keuntungan penjualan per liter BBM turut dibatasi hanya 10 persen.

Arcandra berdalih urusan harga saat ini menjadi perhatian pemerintah. Sebab, komponen harga BBM menjadi salah satu pengerek utama harga barang lainnya. Sebelumnya pemerintah sudah memutuskan harga solar subsidi dan premium tidak naik hingga 2019. Begitu juga dengan tarif listrik yang tetap sampai tahun depan.

Selain BBM non subsidi, menurut Arcandra, pemerintah akan mewajibkan PT Pertamina (Persero) menjual bahan bakar minyak jenis premium di Pulau Jawa, Madura, dan Bali. Aturan saat ini hanya mewajibkan Pertamina menyediakan BBM beroktan rendah tersebut di luar Pulau Jawa, Madura, dan Bali.

Baca: Sri Mulyani Jamin Harga BBM dan Listrik Tak Akan Naik

"Perintah Presiden jelas. Bahwa untuk premium supaya pasokannya dijamin dari Sabang sampai Merauke," ujar Arcandra Tahar di kantornya, Senin, 9 April 2018.

Nantinya, pemerintah bakal merevisi Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran BBM. Premium yang dijual di Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) akan masuk golongan BBM khusus penugasan. Saat ini, premium di Jamali termasuk BBM umum. Kementerian Energi membebaskan Pertamina mengatur pasokan.

Menurut Arcandra, pemerintah mengubah kebijakan lantaran kelangkaan premium terjadi di banyak daerah karena Pertamina mengurangi pasokan. Padahal, kata dia, bensin ini masih dibutuhkan terutama oleh masyarakat berpenghasilan rendah.

Dia menampik jika keputusan yang baru disepakati baru-baru ini adalah demi kepentingan pemilihan umum tahun besok. "Pemerintah sangat concern dengan laju inflasi kalau terjadi kenaikan harga pertalite, pertamax, dan pertamax turbo."

Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko di Istana Negara turut membantah hal tersebut. Dia menilai kebijakan ini semata langkah pemerintah mengatasi kelangkaan di banyak daerah. "Ini berkaitan dengan kelangkaan, supaya jangan sampai terjadi," katanya.

Direktur Eksekutif Reforminer Institute Komaidi Notonegoro menilai kebijakan pemerintah mengintervensi harga BBM berpotensi menggerus keuangan Pertamina karena beban penjualan premium bisa bertambah. Pemerintah seharusnya menjaga daya beli masyarakat melalui penganggaran kembali subsidi premium dari kas negara, ataupun bantuan sosial lainnya. Saat ini, beban selisih penjualan premium ditanggung sendiri oleh Pertamina.

Pertamina membantah telah mengurangi pasokan premium. "Suplainya tahun ini justru bertambah lima persen," kata Juru Bicara perseroan Adiatma Sardjito. Soal kebijakan baru premium di Jamali, Adiatma irit bicara. "Kami mengikuti apapun regulasi pemerintah."

ROBBY IRFANY | FRISKI RIANA

Quote:
Diubah oleh margosa
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
#jokewinomics
mending pemerintah patok aja ceiling price untuk bbm non subsidi. jika harga midun kisaran xx maka ceiling price xxx jadi kalau harga midun turun harga bbm non subsidi bisa ikut turun, kaga kek sekarang, midun turun harga non subsidi kaga turun2, giliran midun naek cepet banget dinaikin harganya
Quote:


Midun turun dimari gak turun karena (katanya) nilai export juga turun emoticon-Big Grin
Midun naik dimari langsung naik karena harga beli nya juga naik emoticon-Malu (S)
Quote:


kalo mau sih smua skalian yg ikut pasar
tpi gw kaga yakin d sini bisa sukses
secara rakyar d sini masih banyak yg **** emoticon-Entahlah
nanti d bakar politisi sebelah ikut koar2 emoticon-Betty
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Quote:

ngelesnya jago ya gan emoticon-Big Grin

Quote:

iya om. ntar dibilang pdb ini lah, masyarakat miskin masih banyak lah dll
plus oposisi yang blangsak. lengkap sudah emoticon-Big Grin
Ngurus pasokan premium aja morat marit 😏
Salut sm pertamina dan rezim kera ini, minyak dunia turun harga BBM ga turun (banyak kali alasan), minyak dunia naik secepat kilat harga pertalite naik.
Dikira smua orang goblok spt nastaik 🙄
jadi ini naik berpa kira kira
interpensi itu maksudnya pertamina gak boleh menyesuaikan harga?
bawel lu, ntr gua ambil buku putih dlo emoticon-Traveller
merowket lah


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di