alexa-tracking

Langkah pertama yang harus kamu lakukan pada kecelakaan!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acba5e69a095192068b4567/langkah-pertama-yang-harus-kamu-lakukan-pada-kecelakaan
Langkah pertama yang harus kamu lakukan pada kecelakaan!
Ada beberapa langkah dasar yang bisa anda lakukan dalam memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan. Simak beberapa poin berikut ini:

MENGHENTIKAN PENDARAHAN
Hentikan pendarahan denga cara menekan luka atau sekitar luka. Apabila luka terlalu lebar, mungkin anda harus menekan luka itu sendiri agar pendarahan segera terhenti. Tekan terus menerus. Jangan melepas tekanan tiap sebentar hanya untuk melihat apakah pendarahan sudah terhenti. Dalam hal luka terdapat di kaki atau tangan, naikkan tangan atau kaki sehigga posisinya lebih tinggi dari kepala. Lakukan hal ini bila anda yakin tidak ada bahaya lain, karena ini akan mengurangi aliran darah. Apabila setelah diberikan tekanan pendarahan masih belum berhenti, mungkin nadi atau pembuluh drah balik telah terputus, tekan nadi yang didekat luka, untuk menghentikan aliran darah dari jantung ke tempat lain.
Apabila luka di sekitar talapak tangan dan jari-jari tangan, tekan nadi di pergelangan tangan.
Apabila luka terdapat di lengan, tekankan tangan anda pada nadi di ketiak.
Tekan dengan bagian belakang telapak tangan anda nadi yang terdapat di pangkal paha bagian depan agak ke bawah (selangkangan).
Apabila luka terdapat di wajah, tekankan jari anda pada nadi di bawah rahang bawah.
Apabila luka terdapat pada kulit bagian atas kepala, tekan nadi di samping kepala tepat di depan telinga.
Apabila luka terdapat di leher atau kepala bagian belakang, tekan andi di leher di bawah telinga.
Penggunaan semacam saputangan yang diikatkan pada nadi dekat bagian yang luka adalah cara lain untuk menghentikan pendarahan. Untuk luka di lengan, gunakan saputangan dan lipat kira-kira selebar telapak tangan untuk mengikat lengan atas sedikit dibawah ketiak. Untuk luka di kaki buat ikatan yang kuat sedikit di bawah pangkal paha. Ikatan sapu tangan ini hendaknya cukup kuat untuk menghentikan pendarahan. Lepas ikatan setiap sepuluh menit, selama satu menit. Jika pada saat dilepas tidak terjadi lagi pendarahan, jangan ikat lagi nadi tersebut.
Langkah pertama yang harus kamu lakukan pada kecelakaan!

PERNAFASAN MULUT KE MULUT
Singkirkan segala sesuatu yang mungkin mengganggu pernafasan dari mulut penderita, misalnya makanan, gula-gula atau lumpur. Baringkan penderita dalam posisi terlentang. Buka mulut penderita dengan cara menguakkan rahangnya. Jaga agar selama dilakukan pernafasan buatan mulut selalu dalam keadaan terbuka. Tutup lubang hidung penderita. Tiup mulut penderita dan lepaskan mulut anda dari mulut penderita serta perhatikan adakah mulut pasien mengeluarkan kembali udara yang anda tiupkan. Jika tidak, periksa sekali lagi barangkali masih terdapat sesuatu yang menghalangi pernafasan di dalam mulut penderita. Teruskan meniupkan udara ke dalam mulut penderita. Untuk orang dewasa lakukan 12 tiupan selama satu menit, dan untuk anak-anak diperlukan 20 tiupan tiap menit.
Langkah pertama yang harus kamu lakukan pada kecelakaan!

MEMBANTU DENYUT JANTUNG
Lakukan pengurutan segera setelah jantung berhenti berdenyut. Letakkan kedua telapak tangan anda dalam keadaan saling bertumpuk di bagian paling bawah dada penderita. Tekan dengan telapak tangan bawah sedalam kurang lebih sedalam 5 cm. ulangi tekanan. Lakukan 60 tekanan dalam 1 menit.
Langkah pertama yang harus kamu lakukan pada kecelakaan!

PENDERITA SHOCK/ TERKEJUT
Apabila seseorang mengalami shock, wajahnya akan tampak pucat, tubuhnya dingin dan berkeringat. Nafasnya memburu. Usahakan untuk membaringkannya dan menempatkan kakinya pada posisi yang lebih tinggi daripada kepala, kecuali apabila terdapat luka di kepalanya. Selimuti tubuhnya agar hangat, tetapi jangan sampai terlalu panas untuknya. Berikan minuman tak berakohol kepada penderita dengan menambahkan gula atau garam pada minuman tersebut, apabila penderita dalam keadaan benar-benar sadar. Ajaklah penderita bercakap-cakap, atau bujuklah dengan kalimat-kalimat yang menenangkan sambil menggenggam tangannya.

TERSEDAK MAKANAN
Berdirilah di belakang penderita dan pelukalah pinggangnya dengan kedua tangan. Biarkan kepala dan tubuh bagian atasnya menggantung ke depan. Kepalkan salah satu tangan anda dan tekan kepalan ini pada perut bagian atas, tepat di bawah tulang iga dan diatas pusar. Tarik kuat-kuat kepalan tangan anda kea rah atas. Ulangi beberapa kali hingga makanan keluar dari tenggorokan penderita.
×