alexa-tracking

100 Persen Warga Malinau sudah Terdaftar Sebagai Peserta BPJS Kesehatan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acb9c14dac13edb668b4578/100-persen-warga-malinau-sudah-terdaftar-sebagai-peserta-bpjs-kesehatan
100 Persen Warga Malinau sudah Terdaftar Sebagai Peserta BPJS Kesehatan
100 Persen Warga Malinau sudah Terdaftar Sebagai Peserta BPJS Kesehatan

Laporan wartawan Tribun Kaltim Muhammad Arfan

TRIBUNNEWS.COM, TANJUNG SELOR - Satu-satunya kabupaten di Kalimantan Utara yang sudah 100 persen penduduknya wajib memiliki Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berupa BPJS Kesehatan adalah Kabupaten Malinau.

Di Indonesia baru ada 26 kota, 69 kabupaten, dan 3 provinsi yang sudah 100 persen berhasil memberikan perlindungan kesehatan kepada masyarakatnya atau dikenal dengan istilah universal health coverage (UHC).

Bupati Malinau Yansen Tipa Padan mengemukakan, suksesnya Malinau meraih UHC tidak terlepas dari kerja keras Dinas Kesehatan, pihak Kecamatan dan Desa/Kelurahan mendukung program nasional itu.

"Karena ini sudah program nasional, harus betul-betul sukses dilaksanakan. Jadi saya kira ini persoalan komitmen kita saja," kata Yansen saat disua Tribun di gedung gabungan dinas Pemprov Kalimantan Utara di Tanjung Selor, Senin (9/4/2018).

Jumlah penduduk Malinau wajib JKN mencapai 76.836 jiwa dengan cakupan kepesertaan mencapai bahkan mencapai 78.002 jiwa atau tembus 101,52 persen.

Kabupaten Tana Tidung sudah hampir menyusul dengan presentase 92,18 atau 21.791 orang peserta dari 23.639 jiwa penduduk. Adapun cakupan kepesertaan BPJS Kesehatan di Kota Tarakan baru mencapai 76,02 persen, Kabupaten Bulungan 69,20 persen, dan Kabupaten Nunukan 76,02 persen.

Pemkab Malinau kata Yansen setiap tahun menganggarkan Rp 4 miliar untuk membayar iuran BPJS Kesehatan masyarakatnya. Itu cukup untuk meng-cover kurang lebih separuh atau sekitar 32.499 iuran BPJS Kesehatan masyarakat Malinau.

Lantas masyarakat yang iurannya tidak dibayarkan dari APBD Malinau, dibayar oleh APBN, termasuk juga anggaran yang dikeluarkan perusahaan untuk iuran BPJS karyawannya.

Sebagai salah satu daerah di Tanah Air yang sudah berhasil UHC, masyarakat Malinau tidak perlu lagi resah ketika sakit, karena biaya pengobatan ditanggung biaya dari BPJS Kesehatan.

"Bahkan pesawatnya (untuk mengangkut pasien) kita jamin (melalui subsidi penerbangan oleh APBN, APBD Provinsi, dan APBD Malinau). Karena masyarakat perbatasan harus menikmati fasilitas yang sama dengan di kota," katanya.

Catatan Dinas Kesehatan Kalimantan Utara dari hasil koordinasi BPJS Kesehatan, beberapa daerah di provinsi di Kalimantan yang sudah berhasil UHC selain Malinau di Kalimantan Utara adalah Kota Balikpapan dan Kabupaten Mahakam Ulu di Provinsi Kalimantan Timur dan Kabupaten Balangan di Provinsi Kalimantan Selatan.

Selanjutnya Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Barito Timur, dan Kota Palangkaraaya di Provinsi Kalimantan Tengah.

Adapun tiga provinsi yang sudah UHC ialah Nangroe Aceh Darusalam, DKI Jakarta, dan Gorontalo. (Wil)


Sumber : http://www.tribunnews.com/regional/2...bpjs-kesehatan

---

Baca Juga :

- Tambah Rumah Subsidi Tahap I, Apersi Kaltara Minta Developer Pakai Besi Diameter 10 MM

- Kementerian PUPR Gelontorkan Rp 248 M Bangun Jalan Paralel dan Akses Perbatasan

- PLTA Besahan Tahap I Diklaim Siap Kontruksi Juli Nanti