alexa-tracking

Kerukunan dalam Masyarakat akan Membuahkan Kerukunan dalam Negara

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acb918f56e6af033c8b4572/kerukunan-dalam-masyarakat-akan-membuahkan-kerukunan-dalam-negara
Kerukunan dalam Masyarakat akan Membuahkan Kerukunan dalam Negara
Kerukunan dalam Masyarakat akan Membuahkan Kerukunan dalam Negara

JPP, JAYAPURA - Keluarga menjadi unsur paling penting dalam menciptakan kenyamanan, kedamaian dan keamanan di lingkup lingkungan. Jadi, ketahanan keluarga sangat penting, misalnya dalam memilah dan memilih mana hal yang baik dan buruk. Mana yang salah dan mana yang benar.

Demikian disampaikan Ketua Umum Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Erni Guntarti saat memberi sambutan dalam acara peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK, di Jayapura, Papua, Jumat (6/4/2018) kemarin.

"Di sini pula terletak fungsi tim penggerak PKK dan kader-kader PKK yang diharapkan dapat menjembatani peran setiap orang tua atau orang yang dituakan dalam rumah tangga dalam membangun ketahanan keluarga," ujar Erni.

Sebab, menurut istri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ini, ketahanan keluarga mempengaruhi kerukunan dalam keluarga dan lingkungan. Kerukunan dalam keluarga pada hakikatnya tidak dapat dilepaskan dari karakter setiap individu dalam keluarga itu sendiri. Dan karakter individu dalam keluarga, dapat dibentuk dan dikondisikan sejak dari kandungan ibu sampai seorang tumbuh dewasa.

"Karena itulah peran orang tua atau orang yang dituakan dalam lembaga nampaknya menjadi faktor kunci harmonisasi dalam keluarga. Kehidupan harmonis dalam keluarga merupakan cermin kerukunan pada setiap rumah tangga. Tim penggerak PKK harus memberikan contoh nyata dan keteladan. Dan ikut serta menciptakan kerukunan keluarga dan lingkungan kita. Ini untuk kedamaian Indonesia," paparnya.

Erni pun mengingatkan beberapa hal yang harus diperhatikan semua tim dan kader PKK. Pertama, kerukunan dalam keluarga akan membuahkan kerukunan dalam masyarakat. Kedua, kerukunan dalam masyarakat akan membuahkan kerukunan dalam negara.

Ketiga, kerukunan dalam negara itu mencerminkan negara yang damai. Karena itu Tim Penggerak PKK harus ikut berkontribusi secara nyata dalam merawat kerukunan dan suasana damai di keluarga serta masyarakat secara keseluruhan.

"Karya itu tidak akan terwujud tanpa bekerja tapi berkaryalah dengan cerdas, terampil dan hati yang luhur. Libatkan daya kualitas dan inovasi dalam pengembangan program PKK yang semua ini harus dicapai melalui inisiatif dan ketekunan," pungkas Erni mengakhiri kata sambutannya. (dgr/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/24-nasional/319345...n-dalam-negara

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Kerukunan dalam Masyarakat akan Membuahkan Kerukunan dalam Negara Tentang Pengadaan Barang/Jasa dalam Keadaan Darurat, Tender Internasional, dan Usaha Kecil

- Kerukunan dalam Masyarakat akan Membuahkan Kerukunan dalam Negara Kemenkes Gelar Simulasi Kegawatan Dalam Asian Games 2018

- Kerukunan dalam Masyarakat akan Membuahkan Kerukunan dalam Negara 11 Duta Besar Negara Sahabat Serahkan Surat Kepercayaan Kepada Presiden