alexa-tracking

Ganjar: Puisi Tahun 1987 Gus Mus, Kenapa Ribut Sekarang?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acb7b6b162ec245368b4567/ganjar-puisi-tahun-1987-gus-mus-kenapa-ribut-sekarang
Ganjar: Puisi Tahun 1987 Gus Mus, Kenapa Ribut Sekarang?
WARTA KOTA, JAKARTA- Calon gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tidak ingin informasi hoaks menjadi arus utama informasi yang diterima masyarakat dalam masa pilkada. Belajar dari pilkada daerah lain, dirinya ingin melawan berita hoaks dengan cepat-cepat memberikan konfirmasi agar masyarakat tidak terbelah. "Sebab, jika sudah percaya hoaks dan tidak ada yang klarifikasi, itu bisa berefek negatif. Nanti bisa membelah masyarakat yang ada,” kata Ganjar dalam deklarasi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jateng Ganjar Pranowo-Gus Yasin di Bawen, Semarang, Minggu (8/4/2018).

Menurut Ganjar, perlawanan terhadap hoaks harus masif dilakukan sehingga dirinya mengajak masyarakat Semarang saling peduli, memerangi berita hoaks. Caranya dengan check and recheck jika menerima informasi atau jika hendak membagi informasi. Konfirmasi atas berita hoaks juga perlu disebarkan melalui media sosial. “Tunjukan bukti dan apabila itu sebuah pernyataan yang membutuhkan satu ilmu, ya, harus tanya kepada pakarnya. Bisa tokoh agama atau akademisi,” ujarnya.

Lebih-lebih, sambung Ganjar, apabila berita hoaks tersebut bisa bermuara ke isu SARA serta dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban di Kabupaten Semarang. Maka, hal itu perlu diredam. "Tahu kalau itu ada hoaks jangan dikompori. Jawab dengan baik, kalau masih ngeyel, ya, dibawa ke penegak hukum,” ucapnya. Ganjar lantas memberikan contoh tentang isu yang baru menimpanya, yakni tudingan menistakan agama gara-gara ia membacakan salah satu puisi Gus Mus dalam acara bincang-bincang di sebuah televisi swasta beberapa waktu lalu.

Penampilan Ganjar dalam acara talkshow tersebut dipelintir ke arah isu SARA di media sosial. Ia menengarai, hal tersebut memiliki kepentingan dalam Pilkada Jateng 2018. “Padahal, itu puisi sejak tahun 1987 dan Gus Mus sendiri yang membaca, bahkan semua membaca, kenapa diributkan sekarang? Tendensinya itu muncul,” katanya.

Belakangan muncul pesan berantai dari yang mengatasnamakan kelompok tertentu. Dalam broadcast ini disebutkan bahwa kelompok tersebut menilai bahwa puisi yang dibaca Ganjar sangat menyinggung umat Islam, di mana terdapat kalimat yang mengandung unsur SARA dan penistaan agama. Penggalan kalimat tersebut adalah "Kau ini bagaimana Kau Bilang Tuhan Sangat dekat, Kau Sendiri yang memanggil-manggilnya dengan pengeras suara setiap saat...".

Kelompok ini kemudian akan melaporkan Ganjar Pranowo secara resmi ke Bareskrim Polri, Selasa (10/4/2018) siang. Pesan berantai ini juga mencantumkan nama dan nomor telepon Ketua Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) yang juga sebagai pelapor.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ganjar: Itu Puisi 1987, Gus Mus yang Baca, Kenapa Ribut Sekarang?",

sumber

Quote:
nasbung gak ada comment nih emoticon-Sundulemoticon-Sundul

NB :
PERTAMAX DI thread sepi nasbung
sip, namanya aja nasbung. kalo ga lapor ga makan
YG RIBUT SKARANG NASBUNG DONGOK GA TAU APA2 NGOAHAHAHAHA emoticon-Ngakak
Quote:


gak demo gak makan, gak fitonah gak makan, gak SARA gak makan, duh kasihannya nasbung..
sekarang mau lapor eh banyak golongannya juga baca puisi itu..
Kelompok tertentu, siapa?
Quote:


oknum ganemoticon-Confused
ulamanya sendiri aja dikafirin demi rawowok raotak

Ganjar: Puisi Tahun 1987 Gus Mus, Kenapa Ribut Sekarang?
pemuda yang hilang akal dan mati nalar
emoticon-Turut Berduka
Quote:


iye gan, luping emoticon-Ngakak
Ahok nulis di buku tahun 2008, diulang tahun 2016, dimasalahkan, terbukti bersalah dan divonis tahun 2017

Sukmawati bikin tahun 2006, dibacakan ulang tahun 2018, dimasalahkan, etc

Ganjar mengutip karangan tahun 1987, diulang tahun 2018, dimasalahkan, etc

Kata kunci: mengulang, dan yg ngomong adalah "tokoh bangsa"

Ganjar: Puisi Tahun 1987 Gus Mus, Kenapa Ribut Sekarang?

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:


cakeeep Ganjar: Puisi Tahun 1987 Gus Mus, Kenapa Ribut Sekarang?
Ganjar: Puisi Tahun 1987 Gus Mus, Kenapa Ribut Sekarang?
Rival pak ganjar kan dr partai franchise IM, ni partai jalan nya mirip partai komunis menghalalkan segala cara untuk berkuasa. bahkan di saudi jadi organisasi terlarang.
Emang gus mus itu ulama??wkwkkw
ga ada yg demo makobrimobkan gusmus



Ganjar: Puisi Tahun 1987 Gus Mus, Kenapa Ribut Sekarang?
Gus Mus
-Dia Gus Musku tahun 1987
Demi kekuasaan semua sensitif

Dibilang kurang indah langsung amarah membuncah
nasbung kalo ga guoblogg, ga makan bray emoticon-Big Grin andelan dia cuma didemo. karena dengan adanya demo, mereka bisa makan enak emoticon-Leh Uga
Azan itu kan panggilan untuk masyarakat sekitar agar tidak lupa sholat, jadi pakai pengeras suara.

Tapi ane pernah nemu masjid yang azannya mungkin gak pakai pengeras suara.