alexa-tracking

Zumi Zola Ditahan KPK

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acb7816a09a39455a8b4567/zumi-zola-ditahan-kpk
Zumi Zola Ditahan KPK
 Tersangka tindak pidana korupsi Gubernur Jambi Zumi Zola, ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait proyek-proyek di Dinas PUPR Provinsi Jambi Tahun 2014-2017.
Baca juga : Bikin Kegiatan dengan Tersangka Korupsi, KPK Dikritik
"Zumi Zola ditahan 20 hari pertama di Rutan Cabang KPK di Kavling C-1 Kuningan," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Senin.

Sebelum ditahan, KPK memeriksa Zumi sebagai tersangka dalam kasus suap tersebut. Seusai menjalani pemeriksaan sekitar delapan jam, Zumi yang telah mengenakan rompi oranye tahanan KPK itu memilih bungkam saat dikonfirmasi awak media soal penahanannya.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu langsung masuk ke dalam mobil tahanan yang telah menunggunya di depan lobi gedung KPK.

Gratifikasi yang diduga diterima Zumi dan Arfan sebesar Rp6 miliar. Zumi dan Arfan disangkakan pasal 12 B atau pasal 11 UU No. 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No. 20 tahun 2001 jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Pasal 12 B mengatur mengenai Setiap gratifikasi kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara dianggap pemberian suap, apabila berhubungan dengan jabatannya dan yang berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya, dengan ancaman pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun dan pidabna denda paling sedikit Rp200 juta dan paling banyak Rp1 miliar.

Selain itu, tersangka Arfan selaku Kabid Binamarga Dinas PUPR provinsi Jambi serta sebagai pejabat pembuat Komitmen merangkap Plt Kepala Dinas PUPR provinsi Jambi diduga menerima hadiah atau janji terkait proyek-proyek di Dinas PUPR provinsi Jambi tahun 2014-2017 dan penerimaan lain.

Kasus ini adalah pengembangan Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK pada 29 November 2017 lalu terhadap Plt Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Erwan Malik, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi Arfan, dan Asisten Daerah Bidang III Provinsi Jambi Saifudin dan anggota DPRD Provinsi Jambi 2014-2019 Supriono.

KPK menetapkan Supriono sebagai tersangka penerima suap, sedangkan pemberi suap adalah Erwan, Arfan dan Saifuddin. Artinya, Arfan ditetapkan sebagai tersangka untuk dua kasus yang berbeda.

Total uang yang diamankan dalam OTT itu adalah Rp4,7 miliar. Pemberian uang itu adalah agar anggota DPRD Provinsi Jambi bersedia hadir untuk pengesahan RAPBD Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2018 karena para anggota DPRD itu berencana tidak hadir dalam rapat pengesahan RAPBD 2018 karena tidak ada jaminan dari pihak Pemprov.

Untuk memuluskan proses pengesahan tersebut, diduga telah disepakati pencarian uang yang disebut sebagai "uang ketok". Pencarian uang itu dilakukan pada pihak swasta yang sebelumnya telah menjadi rekanan Pemprov.


Sumber: www.law-justice.co
emoticon-Mewek orang suci calon penghuni surga ditahan? emoticon-Mewek ini pasti kriminisasi neh (nasbung goblog logic)

ga mungkin......semua kader PAN suci seperti amien rais... ini pastilah mimpi..
udah biasa...............

yang ane tunggu, tanggapan PAN

mau cuci tangan dengan alsan : semua kader PAN sdh disuruh menandatangai surat harus jujur,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,"

atau mau memberi bantuan hukum ??
Tinggal telpon gabener

besoknya langsung bebas malah KPK yg minta maaf

emoticon-Leh Uga
Jembuuuuuut brodollllll
Zumi Zola Ditahan KPK
Zumi Zola Ditahan KPK
Kapan nih anies sandi menyusul ?
astajim, salah satu alumni 212 dijolimiemoticon-Mad (S)
Mana meme bang ipul, welcome pak zumi zola
Quote:


Tunggu saja bang. Si uduy yg biasa posting meme ipul.
boleh korupsi asal jangan cinak babik krestod kapir tapir aseng sipit titid mini ngahok vero julianto hasim , kita siap ganyang bersilit silit sampai dower. ayo take beer halo apa kabar?

emoticon-Wkwkwk
Satu lg alumni masuk sel

KPK menjolimi umat cepirit 212.. emoticon-Blue Guy Bata (L)
harusnya sih langsung dipecat tapi anak penguasa jambi. siapa yg berani ?
Pion2 poros oposisi mulai runtuh... Yg lain harap main cantik
Garda terdepan 212

gubernur gamis nan muda tampan santun, pujaan nasboong
kader PAN

kriminalisasi tokoh islam ato mengislamkan tokoh kriminal ?

emoticon-Leh Uga

Quote: