alexa-tracking

Mudahnya Berladang Ganja di Bireuen

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acb53f314088d2c0d8b4567/mudahnya-berladang-ganja-di-bireuen
Mudahnya Berladang Ganja di Bireuen
Mudahnya Berladang Ganja di Bireuen
Ladang ganja yang pernah diibasmi aparat TNI di Aceh pada 2017 lalu. (Rakyat Aceh/JawaPos.com)



Ada sebuah dilema yang melekat bagi warga Aceh. Daerah itu dikenal Islami dengan syariat Islamnya, tetapi sebagian kalangan dari mereka begitu gampang untuk bertanam ganja di lahan pertaniannya tanpa harus melakukan perawatan yang intensif.

Desyinta Nur’aini -- Bireuen


"Rangking pertama kejahatan di sini adalah narkoba," ujar Kapolres Bireuen AKBP Riza Yulianto saat berbincang dengan JawaPos.com di pondok pesantren Darussa'adah Cot Tarom Baroh, Bireuen, Aceh, Rabu (4/4).


Mudahnya Berladang Ganja di Bireuen
Kapolres Bireuen AKBP Riza Yulianto saat mengikuti pengajian di salah satu pondok pesantren di Bireuen.



Selain berbatasan langsung dengan perairan Malaysia, Bireuen juga dilewati jalur Trans Sumatera. "Jadi kalau ada barang (narkoba) masuk dari Malaysia, masuk ke Bireuen, bisa dibawa ke Medan, ke Banda Aceh bisa dibawa ke Takengon," kata Riza.

Memiliki garis pantai kurang lebih 80 km, Bireuen mempuanyai sungai-sungai kecil yang cukup banyak. Karenanya, jika si "barang" sudah masuk ke daerah tersebut, distribusinya ke wilayah lain cukup cepat.
Perwira yang berpangkat dua melati di pundak itu mengaku sudah melakukan sejumlah langkah. Salah satunya patroli di sekitar perairan.

Meskipun terkendala logistik berupa bahan bakar kapal, dia mengatur jadwal patroli semaksimal mungkin. "Kalau volumenya bisa setiap hari, itu lebih bagus," singgungnya.

Selain rawan penyelundupan narkoba, Riza juga berkonsentrasi untuk menghilangkan kebiasaan masyarakat untuk menanam ganja. Sesuai perintah terkahir dari Budi Waseso (Buwas) sebelum pensiun dari Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), dia harus mengajak masyarakat untuk lebih baik menanam jagung. "Kita dipilih BNN untuk lakukan alternative development," imbuhnya.

Memang tidak dipungkiri, mengubah kebiasaan warga itu agak sulit. Apalagi, menanam dan menjual daun ganja menjadi cara singkat untuk menghasilkan uang yang besar ketimbang bertani lain.

Lantas bagaimana langkah kepolisian? Kata Riza, pihaknya melalukam penangkapan jika ada laporan. Tapi untuk mengubah polanya, menjadi tanggung jawab bersama terutama para tokoh masyarakat hingga agama.

"Polisi ada case tangkap, tapi ganja itu dosa, tugas siapa (menjelaskannya)?" kata dia balik bertanya.
Dia mengungkap hingga kini masih ada satu kecamatan di Bireuen yang menjadi lokasi penanaman ganja dalam jumlah besar. Yakni di Kecamatan Simpang Mamplam dengan luas 4 hektar.

Pihaknya sempat kesulitan menemukan lokasi tersebut. Sebab letaknya jauh dari jalan besar, melewati bukit, dan jurang yang terjal.

Sekalinya ke sana harus membawa anggota polisi yang banyak untuk menebang tanaman tersebut. Tapi kenaalanya, ketika biji-biji yang jatuh dari tanaman tersebut kembali tumbuh.

Tanaman ganja bisa tumbuh begitu saja. Para petani pun tidak perlu bolak-balik untuk melakukan perawatan. Mereka bisa datang empat bulan kemudian sejak biji tersebut jatuh ke tanah.


SUMBER :


https://www.jawapos.com/read/2018/04/05/201671/mudahnya-berladang-ganja-di-bireuen


emoticon-Matabelo
"Rangking pertama kejahatan di sini adalah narkoba," ujar Kapolres Bireuen AKBP Riza Yulianto saat berbincang dengan JawaPos.com di pondok pesantren Darussa'adah Cot Tarom Baroh, Bireuen, Aceh, Rabu (4/4).

ga salah nih, bukannya kapir rangking pertama? termasuk penistaan kaga tuh?
Ganja Syariah, lebih bikin dekat ke surga dunia.
cemana maw dibasmi disono ngustad pon ikutang nanam ganja, lu bayangi la ngaji sambil ngegelek..kan contol kaliemoticon-Leh Ugaemoticon-DP
Quote:


Mudahnya Berladang Ganja di Bireuen





















emoticon-Cendol Gan
Bangsa tidak tau terimakasih pada Allah SWT..
Di negara lain setengah mati nanem ganja sampe perlu ruangan dgn suhu khusus dan lampu2 dan listrik mahal, ini dikasih gratisan malah dibakar2in..
Waw ajib
Mantap
emoticon-Leh Uga