alexa-tracking

Produksi Massal Mobil Esemka

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acb5399d44f9f00288b4568/produksi-massal-mobil-esemka
Produksi Massal Mobil Esemka
Tak lama lagi, mobil Esemka akan turut meramaikan pasar otomotif dalam negeri. Pasalnya, mobil Esemka itu akan diproduksi massal oleh PT Esemka Adiperkasa Citra Esemka Hero (joint antara PT Solo Manufaktur Kreasi SMK dan PT Adiperkasa).
“Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan apresiasi dan menyampaikan selamat atas akan mulai beroperasinya pabrik mobil Esemka,” ujar Harjanto, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin kepada SINDO Weekly, awal pekan lalu.
Pada September tahun lalu, Presiden Jokowi sempat mengunjungi bengkel Sukiyat yang turut memopulerkan mobil Esemka. Presiden Jokowi pun mendorong produksi mobil nasional, termasuk mobil Esemka.
Nah, Senin dua pekan lalu, Harjanto, pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, 56 tahun silam itu, berkenan menjelaskan melalui wawancara tertulis dengan SINDO Weekly terkait perkembangan Mobil Esemka tersebut. Berikut kutipan wawancaranya.
PT Esemka Adiperkasa Citra Esemka Hero akan melakukan produksi massal. Bagaimana Kemenperin melihatnya?
Kemenperin memberikan apresiasi dan menyampaikan selamat atas akan mulai beroperasinya pabrik mobil Esemka. Upaya PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) bekerja sama dengan PT Adiperkasa Citra Esemka Hero akhirnya memberikan hasil berupa rencana produksi massal mobil Esemka pada 2018.
Produksi kendaraan Esemka dapat menambah kapasitas terpasang nasional yang saat ini mencapai 2,2 juta unit per tahun sekaligus mendukung pencapaian target produksi mobil secara nasional pada 2020–2035 sesuai dengan peta jalan industri otomotif.
Apakah perizinan yang diperlukan untuk memproduksi kendaraan secara massal sudah diurus, seperti tipe kendaraan bermotor?
Baik PT Solo Manufaktur Kreasi maupun PT Adiperkasa Citra Esemka Hero telah mendapatkan tanda pendaftaran tipe (TPT) kendaraan bermotor untuk keperluan uji tipe dan produksi.
Sebelum melakukan produksi massal kendaraan bermotor (KBM), satu perusahaan harus terlebih dahulu memiliki perizinan atau legalitas terkait usaha industri kendaraan bermotor dengan klasifikasi baku lapangan usaha industri (KBLI) yang sesuai. Kemudian, perusahaan memohonkan kode perusahaan dan nomor identifikasi kendaraan bermotor (NIK) atas KBM yang akan diproduksi kepada Kemenperin.
Setelah itu, perusahaan memproduksi purwarupa dan menguji kelaikan jalan atas purwarupa yang dimaksud di Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Setelah lulus uji, perusahaan mendaftarkan tipe KBM yang kemudian akan diproduksi secara massal ke Kemenperin melalui permohonan TPT Produksi.
Esemka ini merupakan kepemilikan nasional karya anak bangsa. Apakah ada insentif khusus dari pemerintah?
Kemenperin sebagai instansi teknis yang membidangi industri mempunyai peran menciptakan iklim usaha yang kondusif bagi tumbuh kembangnya industri otomotif, komponen, serta jasa terkait.
Pemerintah memberikan insentif fiskal (berupa subsidi pajak dan bea masuk) dan nonfisik bagi produsen kendaraan bermotor untuk mendorong pengembangan mobil di dalam negeri, seperti program mobil murah dan ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah (Permen) Nomor 41 Tahun 2013 tentang Barang Kena Pajak yang tergolong mewah berupa kendaraan bermotor yang dikenai pajak penjualan atas barang mewah.
Selanjutnya, Kemenperin mengeluarkan Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 33/MINDA/PER/7/2013 tentang pengembangan produksi kendaraan bermotor roda empat yang hemat energi dan berharga terjangkau. Dalam peraturan tersebut, secara eksplisit disebutkan bahwa industri otomotif yang ingin memproduksi mobil LCGC harus memenuhi berbagai ketentuan. Salah satu di antaranya mengenai ketentuan konsumsi bahan bakar kendaraan dan pendalaman struktur industri.
Terkait dengan insentif nonfiskal, Kemenperin telah membangun sistem informasi industri nasional (SIINas) sebagaimana diatur dalam Permenperin Nomor 42/MIND/PER/6/2016 tentang Akun Sistem Informasi Industri Nasional dalam rangka mempermudah dan mempercepat proses pelayanan publik di lingkungan Kemenperin, termasuk dalam proses untuk mendapatkan Tanda Pendaftaran Kendaraan Bermotor untuk keperluan Uji Tipe dan Produksi. Produsen mobil Esemka dapat memanfaatkan fasilitas fiskal maupun nonfiskal sebagaimana tersebut di atas untuk memperkuat daya saing produksinya di pasar domestik maupun ekspor.
Saat mobil Esemka pertama keluar di Solo, Kemenperin menyatakan bersedia mencarikan investor dan pembina. Nah, sampai sejauh mana usaha itu? Apakah akhirnya PT SMK sendiri yang memilih berkongsi dengan PT Adiperkasa milik A.M Hendripriyono?
Pada tahap awal pengembangan mobil Esemka, Kemenperin membentuk working team bersama Esemka dan produsen mobil lokal lainnya untuk mengkaji penyamaan platform dan desain sehingga tercapai efisiensi produksi serta penggunaan komponen dalam negeri.
Dalam perjalanannya, pada 2011, PT Solo Manufaktur Kreasi terbentuk sebagai pemegang merek Esemka. Selanjutnya, pada 2012, perusahaan tersebut mulai melakukan proses perizinan industri serta produksi di Kemenperin dan uji kelayakan di Kemenhub.
Saat ini, Esemka telah siap untuk diproduksi massal karena telah mendapatkan sertifikat kelayakan serta izin produksi untuk beberapa tipe dan varian. Sementara, tipe serta varian lain sedang didaftarkan di Kemenperin dan akan diuji laik jalan di Kemenhub.
Berdasarkan perhitungan Kemenperin, umumnya berapa produksi yang harus dilakukan sebuah perusahaan otomotif agar harga jual per unitnya murah atau terjangkau masyarakat dan cepat balik modal?
Banyak faktor yang berpengaruh dalam penentuan jumlah produksi dan harga jual dari suatu kendaraan bermotor. Beberapa di antaranya adalah tingkat penghasilan masyarakat, suku bunga, pajak, regulasi pemerintah terkait standar, suplai bahan baku dan komponen, kapasitas dan jenis peralatan produksi yang digunakan, serta hal-hal lainnya. Jadi, keputusan penentuan jumlah produksi dan harga jual sangat ditentukan oleh kombinasi dari faktor-faktor tersebut.
Di Indonesia ini, sudah banyak pabrik otomotif terkemuka dari Jepang, Eropa, dan belakangan ini dari Cina. Apakah mobil Esemka ini bisa bersaing?
Pasar produk otomotif di Indonesia ke depan masih cukup baik mengingat rasio kepemilikan mobil per kapita masih rendah, yaitu sekitar 83 mobil per 1.000 orang dibandingkan Thailand 232 mobil per 1.000 orang dan Malaysia 405 mobil per 1.000 orang. Sementara, golongan ekonomi kelas menengah Indonesia terus berkembang. Hal ini mengisyaratkan ada ruang cukup besar bagi munculnya produk otomotif di pasar domestik.
Wacana mobil Esemka yang akan dirilis pada pertengahan 2018 ini diyakini akan mendapatkan sambutan dan memberikan manfaat kepada masyarakat dalam memperkaya pilihan konsumsi untuk jenis kendaraan penumpang. Di samping itu, wacana ini pun akan mendukung pengembangan industri komponen di dalam negeri.
Skema teknis, apa yang akan diterapkan dalam produksi massal mobil Esemka ini mengingat mobil Esemka mirip mobil Foday Landfort besutan pabrikan Cina?
Dalam proses produksinya, PT Solo Manufaktur Kreasi akan menggunakan skema completely knock down (CKD) dan incompletely knocked down (IKD).
Itu artinya mobil ini tidak bisa disebut mobil nasional?
Dengan skema IKD, ada beberapa komponen yang diproduksi lokal sehingga mendukung program pendalaman struktur industri otomotif. Esemka merupakan mobil yang diproduksi di Indonesia, menggunakan merek Indonesia, serta memberdayakan industri komponen dalam negeri.
Seperti apa sebenarnya peta jalan industri mobil nasional rancangan Kemenperin?
Kemenperin tidak menyusun secara khusus atau spesifik peta jalan industri mobil nasional (mobnas). Sebab, yang ada adalah peta jalan industri kendaraan bermotor secara menyeluruh yang mencakup rencana pengembangan industri kendaraan bermotor sampai 2035.
Seperti apa industri mobnas yang diinginkan pemerintah? Apa saja kriterianya?
Tidak ada program mobnas.
Bagaimana pula dengan proyek mobil listrik nasional (molina)?
Beberapa merek dalam negeri sudah diberikan kesempatan untuk memproduksi mobil listrik dan sepeda motor listrik. Sebut saja misalnya mobil merek GRAIN, sepeda motor merek GESITS dan VIAR, serta lain-lain. Penerapan nomor identifikasi kendaraan (NIK) sudah disetujui dan diterbitkan oleh Kemenperin serta hasil uji laik jalan pun sudah diterbitkan oleh Kemenhub.
Apa saja langkah yang sudah dilakukan Kemenperin untuk membantu produsen mobil lokal?
Fasilitas yang selama ini sudah disediakan pemerintah terkait pengembangan industri otomotif sebagai salah satu industri prioritas sesuai dengan rencana induk pembangunan industri nasional (RIPIN) juga dapat dimanfaatkan untuk produsen mobil lokal. Beberapa di antaranya fasilitasi insentif seperti bea masuk ditanggung pemerintah (BMDTP), tax holiday, tax allowance, pembebasan bea masuk barang modal, serta pengembangan keterkaitan industri perakitan dengan industri komponen.
Permenperin 34/M-IND/PER/9/2017 tentang Industri Kendaraan Bermotor Roda Empat atau Lebih juga mengatur ketentuan untuk mendorong kendaraan bermotor yang dipasarkan di Indonesia dari sebelumnya berasal dari impor CBU menjadi diproduksi dalam negeri dengan harga yang lebih kompetitif. Hal ini akan berdampak positif bagi peningkatan investasi, tenaga kerja, serta pertumbuhan industri komponen dalam negeri.
Sejauh mana Kemenperin melihat potensi industri otomotif di segmen pedesaan dan pertanian?
Sebagaimana kita ketahui, masyarakat pedesaan memiliki kebutuhan yang sangat besar terhadap alat transportasi yang dapat memobilisasi hasil-hasil pertanian. Alat transportasi yang mereka butuhkan haruslah multifungsi serta dapat diintegrasikan dengan alat produksi yang dapat mendukung peningkatan produktivitas hasil pertanian di pedesaan dengan tetap memenuhi ketentuan laik jalan. Tentu saja harganya harus terjangkau.
Kebutuhan ini ditindaklanjuti Kemenperin melalui program pengembangan kendaraan multiguna pedesaan atau yang saat ini diterminologikan sebagai alat transportasi dan mekanisasi pertanian pedesaan.
Kemenperin mendukung fasilitasi regulasi yang diperlukan untuk pengembangan alat transportasi dan mekanisasi pertanian pedesaan. Saat ini, sudah ada beberapa pihak yang memiliki konsep (purwarupa), di antaranya Kiat Mahesa, Wintor, KHS, dan sebagainya.
Konsep alat transportasi dan mekanisasi pertanian pedesaan tersebut diharapkan dapat didesain sedemikian rupa dengan tetap memaksimalkan kemampuan industri dalam negeri melalui penggunaan komponen yang dibuat di dalam negeri, terutama oleh IKM, suku cadang yang mudah didapat di pasaran, serta pemilihan atau adopsi teknologi yang sesuai dengan kondisi alam dan demografi Indonesia.
Kemenperin bersama stakeholder terkait sedang menyiapkan kebijakan berupa rancangan peraturan presiden, rancangan permenperin, serta standar terkait pengembangan alat transportasi dan mekanisasi pertanian pedesaan.
Adakah rencana memperketat impor mobil guna menggenjot produksi dalam negeri?
Sebagai anggota WTO, Indonesia mematuhi aturan WTO yang tidak memperbolehkan negara anggotanya untuk melakukan pembatasan pada perdagangan global, termasuk pembatasan impor.
Hanya saja, pemerintah berupaya mengurangi impor CBU dengan mendorong proses perakitan mobil di dalam negeri melalui penerapan konsep CKD dan IKD agar terjadi proses nilai tambah dan penciptaan lapangan kerja di dalam negeri. Hal tersebut diharapkan dapat mengurangi impor kendaraan dalam keadaan CBU secara tidak langsung. 

http://www.sindoweekly.com/q-a/magz/...l-mobil-esemka

esemka mendunia... jokowi cahaya asia
image-url-apps
Janji esemka produksi masal
Nyatanya WULING yg produksi masal

image-url-apps
Udah 4 tahun inden
Akhirnya invisible mobile keluar juga
KASKUS Ads
image-url-apps
Mobil cina tempel esemka jd deh mbl made in indonesia
image-url-apps
Gaka bakal laku trit beginian nastak udah alergi lihat kata esemka emoticon-Ngakak
Quote:

waw apakah mirip knight rider?

previewnya mana nih
fakta tak terbantahkan bahwa nastaik dongok akut
bertahun2 ditipu tapi masih saja gak sadar

Produksi Massal Mobil Esemka
Produksi Massal Mobil Esemka

Produksi Massal Mobil Esemka

Kayanya ini hoax

image-url-apps
Quote:


image-url-apps
ayo dibeli-dibeli... emoticon-Selamat